Laptop Bunyi Saat Dinyalakan, Begini Cara Mengatasinya

Laptop Bunyi Saat Dinyalakan
Ilustrasi laptop bunyi saat dinyalakan. Foto : robicomp

Mungkin ada yang pernah mengalami kasus laptop bunyi saat dinyalakan. Biasanya kasus seperti ini terjadi saat laptop dinyalakan dan hidup beberapa saat.

Akan tetapi, sebelum sampai ke desktop atau mode normal Windows, biasanya macet di tengah jalan dan mengeluarkan bunyi.

Bisa juga sebelum laptop menyala normal dan tampilan masih gelap sudah mengeluarkan bunyi. Sehingga proses booting pada komputer atau laptop tetap atau nyangkut di situ dan tidak bisa berlanjut ke desktop.

Lantas sebenarnya apa yang jadi masalahnya sehingga sampai terjadi hal demikian? Untuk mengetahuinya, anda bisa simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Penyebab Laptop Bunyi Saat Dinyalakan

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab laptop mengeluarkan suara atau bunyi saat dihidupkan dan keyboardnya bisa mencet sendiri? Penyebab yang paling banyak adalah karena kotoran dan juga debu yang masuk ke dalamnya.

Mungkin tidak terlalu parah bila debu tersebut hanya menempel di atas keyboard. Tetapi yang paling bahaya bila sudah masuk ke dalam keyboard bisa menyebabkan laptop bunyi ketika dinyalakan.

Selain itu, penyebab lainnya adalah laptop yang jarang dipakai. Mungkin anda berpikiran laptop yang jarang dipakai seharusnya tambah awet, tetapi itu salah besar. Barang elektronik apapun bila jarang digunakan justru malah akan semakin cepat rusak.

Dampak laptop mengeluarkan suara saat dinyalakan akan semakin parah selama tidak dipakai dan disimpan di tempat yang lembab, seperti kolong bawah kasur, lemari, atau malah di gudang.

Suhu yang lembab terlalu lama bisa mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada jalur keyboard. Selain itu, bisa juga merusak komponen motherboard sehingga terjadi korosi atau karatan. Jika komponen motherboard karatan, pasti akan berakibat fatal.

Laptop yang sering dinyalakan akan lebih bagus dibandingkan dengan laptop yang jarang dinyalakan. Kalaupun laptop tersebut tidak terpakai, sebaiknya tetap nyalakan secara teratur.

Walaupun sekedar mendengarkan musik atau menonton video, yang penting dapat menghilangkan kelembaban yang ada pada laptop.

Cara Mengatasi Laptop Bunyi Saat Dinyalakan

Ada berbagai macam jenis bunyi yang muncul pada laptop saat dinyalakan. Penyebab dan cara mengatasinya akan kita bahas secara lengkap pada ulasan berikut ini.

Bunyi Beep pada Laptop dan Cara Mengatasinya

Salah satu jenis bunyi pada laptop adalah beep 1 kali dan berulang atau pendek. Hal ini disebabkan karena masalah listrik yang berasal dari komponen.

Perlu untuk anda ketahui bahwa masalah yang satu ini pada umumnya disebabkan oleh input daya yang tidak stabil.

Jika laptop bunyi saat dinyalakan karena penyebab tersebut, anda tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan masalah ini bisa anda atasi dengan mudah. Bahkan anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Solusinya anda bisa memeriksa charger atau konektor dan juga kabel. Meluruskan kabel yang tertekuk atau bila memungkinkan cobalah menggantinya.

Tak berhenti di situ saja, jangan lupa cek juga baterainya, anda bisa melakukan kalibrasi pada baterai. Namun jika anda masih awam, alangkah baiknya anda didampingi oleh ahli.

Dengan begitu, laptop anda bisa teratasi dengan baik. Ketidaktahuan sama sekali terkait perangkat laptop ditakutkan justru akan semakin memperparah kerusakannya.

Bunyi Tut Panjang Ketika Laptop Dinyalakan

Laptop bunyi saat dinyalakan, tandanya laptop anda sedang terjadi masalah. Salah satunya adalah bunyi tut panjang saat laptop anda dinyalakan. Istilahnya sering disebut dengan beeping.

Solusi yang bisa dilakukan bila hal tersebut terjadi adalah dengan melepas baterai laptop, lalu melepaskan RAM. Kemudian lepas keyboardnya.

Sudah dilepas, bersihkan dari kotoran dan juga debu sampai bersih. Diamkan beberapa saat lalu sambil dijemur. Kemudian pasang kembali keyboardnya.

Jika cara tersebut berhasil, maka bunyi yang muncul bisa hilang dan laptop dapat kembali menyala normal. Namun jika tidak berhasil dan masih mengeluarkan bunyi saat dinyalakan, sepertinya anda harus segera mengganti keyboard yang baru.

Satu hal yang harus anda ketahui bahwa cara ini tidak selalu work di semua laptop, tetapi paling tidak ini menjadi cara paling murah dan paling mudah untuk mengatasi laptop bunyi saat dinyalakan. (R10/HR-Online)

Loading...