Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruLCD HP Tidak Menyala Padahal Hidup, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

LCD HP Tidak Menyala Padahal Hidup, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

LCD HP tidak menyala padahal dalam keadaan hidup, hal ini pastinya akan membuat anda bingung. Sebenarnya apa yang terjadi dengan HP anda? Ternyata ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya.

Di zaman sekarang ini, HP yang memakai teknologi layar sentuh sudah jadi hal biasa. Layar sentuh memang bisa membuat HP semakin nyaman digunakan untuk berbagai tujuan selain komunikasi.

Disamping lebih nyaman, HP dengan layar sentuh juga lebih elegan tampilannya. Tetapi, HP layar sentuh juga harus membutuhkan perhatian ekstra. Bila tidak dirawat dengan baik, maka bisa terjadi kerusakan.

Penyebab dan Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala

Bila anda ingin tahu apa saja yang dapat menjadi penyebab HP anda hidup tapi LCD-nya mati, maka anda bisa melihat beberapa faktor ini.

Saat HP anda mengalami masalah, anda tak perlu panik dan langsung beli HP baru. Sebab, HP yang mengalami masalah pada bagian layar sentuh masih dapat diatasi.

Biasanya masalah ini terjadi karena anda terus-menerus memakai HP tanpa peduli kondisi HP tersebut. Sehingga layar HP blank tapi hidup. Kondisi seperti ini menandakan bahwa terjadi kerusakan pada LCD HP anda.

Disamping itu, penyebab layar HP anda mati tapi mesin anda hidup, biasanya karena terlalu lama terpapar sinar matahari atau mungkin terkena air.

Kerusakan pada Konektor Layar Sentuh

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab LCD HP tidak menyala adalah pada bagian konektornya. Konektor layar sentuh pada HP sekarang ini memang cukup sensitif. Konektor yang kotor sedikit saja sudah dapat menjadi penyebab fungsi layar sentuh terganggu.

Bila saat ini anda mengalami kerusakan HP khususnya pada bagian layar sentuhnya, ada baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu pada bagian konektor.

Bila konektor layar sentuh anda berwarna hitam, maka anda dapat membersihkan konektornya terlebih dahulu. Jika anda sudah membersihkan bagian konektornya tetapi fungsi layar sentuh belum normal dan layar belum menyala, anda bisa mengecek penyebab lainnya.

Rusaknya Dioda yang Berhubungan dengan Komponen Filter Backlight

Bila suatu saat HP anda LCD-nya tak menyala, maka kemungkinan terjadi kerusakan di bagian dioda yang berhubungan secara langsung dengan komponen pada filter backlight.

Untuk memperbaiki LCD HP tidak menyala, anda harus mencari komponen dioda ini. Komponen ini berhubungan secara langsung dengan fitur backlight sehingga mudah untuk dicari.

Untuk bisa mengetahui seperti apa kondisi komponen dioda tersebut, anda memerlukan alat bernama multitester.

Sama seperti filter backlight, bila tidak ada respon saat dicek dengan multitester, maka komponen dioda harus diganti dengan yang baru. Komponen dioda penggantiannya lebih mudah bila dibandingkan dengan komponen filter backlight.

Filter Backlight Layar Sentuh Rusak

Kerusakan pada filter backlight juga bisa menjadi penyebab dimana LCD pada HP yang anda miliki tak menyala padahal HP dalam keadaan hidup. Komponen filter backlight ini umumnya berada dekat dengan konektor layar sentuh.

Sama seperti pada konektor layar sentuh, untuk memperbaiki LCD HP tidak menyala karena filter backlight pada layar sentuhnya mengalami kerusakan, maka anda bisa mengetahuinya dengan berbagai cara.

Bila warna filter backlight berwarna kehitaman, anda bisa membersihkannya terlebih dahulu. Sesudah dibersihkan, anda bisa mengecek kondisi filter backlight dengan multitester.

Bila tidak ada respon apapun saat anda melakukan pengecekan dengan multitester, dapat dipastikan bahwa komponen filter backlight anda mengalami kerusakan.

Re-Flash HP

Ketika LCD HP tidak menyala, sudah blank, atau di layarnya muncul warna hitam dan sudah tidak dapat diotak-atik lagi dengan kata lain mati total, maka sebaiknya anda re-flash HP tersebut. Tetapi konsekuensinya, seluruh data yang berada di dalam HP akan hilang atau terhapus semuanya.

Cara mengatasi hal itu bisa dilakukan dengan menginstal drive re-flash HP pada laptop. Lalu menyambungkan HP dengan USB, extract, lalu ikuti langkah-langkah yang ada.

Membawa ke Tempat Service

Bila beberapa cara tersebut belum dapat memulihkan kondisi HP anda, maka langkah terbaik adalah dengan membawanya ke tempat service HP.

Bisa jadi ada bagian-bagian yang rusak dan diperlukan pembongkaran HP untuk bisa melihat kerusakan apa yang terjadi. Sehingga tidak ada salahnya bila anda menggunakan cara terakhir ini untuk mengatasi LCD HP tidak menyala. (R10/HR-Online)

- Advertisment -