7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh Anak yang Ampuh Hadapi Covid-19

7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh Anak yang Ampuh Hadapi Covid-19
7 makanan penambah imunitas tubuh anak yang ampuh hadapi Covid-19. Foto:ist/Net

Menghadapi pandemi Covid-19, anak-anak perlu banyak mengonsumsi makanan penambah imunitas tubuh. Menjaga imunitas tubuh penting karena anak-anak dan orang lanjut usia rentan terhadap serangan virus Corona.

Sistem imunitas tubuh sangat besar perannya dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit. Khususnya penyakit yang disebabkan oleh racun, bakteri, dan virus. Termasuk virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Menghadapi wabah virus Corona banyak ahli kesehatan yang menyatakan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Sering mencuci tangan dengan hand sanitizer dan social distancing atau menjaga jarak adalah sebagian yang perlu dilakukan.

Yang tak kalah pentingnya adalah dengan menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itulah mengonsumsi makanan penambah imunitas tubuh sangat disarankan, khususnya untuk anak-anak dalam menghadapi Covid-19.

Pentingnya Konsumsi Makanan Penambah Imunitas Tubuh Anak

Sejumlah riset menemukan bahwa virus Corona sebenarnya tak lebih berbahaya ketimbang virus influenza. Yang membuat virus Corona begitu ditakuti adalah kemampuannya dalam mereplika dirinya. Bahkan dalam waktu yang singkat.

Seperti halnya influenza, virus Corona juga akan lebih mudah menyerang orang yang telah memiliki penyakit tertentu. Penderita hipertensi, diabetes, penyakit kardiovaskular, ataupun pengidap gangguan pernapasan lebih berisiko terkena komplikasi COVID-19.

Adanya penyakit yang dideritanya menyebabkan imunitasnya menjadi rendah. Kondisi ini pula yang menyebabkan banyak korban Covid-19 yang dilaporkan adalah orang dengan penyakit yang telah dideritanya.

Begitu juga dengan anak-anak, rendahnya imunitas tubuh bisa menjadi sasaran empuk bagi virus Corona untuk menyerang. Namun serangan virus bisa dicegah jika sistem kekebalan tubuh anak dijaga dan ditingkatkan.

Jika sistem kekebalan meningkat, maka bisa berfungsi dalam melindungi tubuh dan menghalau benda asing ataupun sel ganas yang akan menyerang.

Makanan Penambah Imunitas Tubuh Untuk Anak Yang Disarankan

Sistem kekebalan yang kuat sangat penting bagi anak dalam menghadapi pandemi Corona. Dengan pertahanan alami yang kuat dapat menekan risiko anak-anak tertular penyakit Covid-19 yang sangat menular.

Karena itu penting bagi para orang tua untuk menjaga pola makan sehat untuk anak-anaknya. Nah, berikut ini berbagai jenis makanan penambah imunitas tubuh untuk anak yang sangat disarankan.

1. Telur

Telur dikenal sumber vitamin dan protein yang penting untuk kekebalan tubuh anak. Namun untuk menjaga kandungan nutrisinya, memasak dengan cara direbus merupakan cara yang terbaik untuk sarapan anak-anak.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kembang kol tak hanya kaya dengan nutrisi namun juga kaya dengan vitamin C dan antioksidan. Sayuran ini juga kaya kolin yang berguna meningkatkan sistem imunitas tubuh anak.

3. Kacang

Kacang-kacangan juga termasuk makanan penambah imunitas tubuh yang penting. Selain kaya dengan nutrisi penting, makanan ini juga penting untuk kecerdasan otak. Pilih kacang mete, almond, kenari, hazelnut, atau pistachio.

4. Ikan Salmon

Salmon termasuk jenis ikan laut yang kaya nutrisi dan penting untuk anak. Selan meningkatkan kekebalan tubuh, ikan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan mata dan kecerdasan otak karena kandungan omega-3.

5. Yoghurt

Yoghurt yang kaya dengan bakteri baik yang disebut probiotik sangat ampuh menguatkan pencernaan anak. Konsumsi yoghurt membuat tubuh anak-anak meningkat, sehingga bisa menangkal berbagai virus termasuk virus Corona.

6. Bawang Putih

Bawang putih dikenal mengandung zat antivirus dan antibakteri yang wajib dikonsumsi menghadapi Covid-19. Rempah ini juga berkhasiat merangsang produksi sel darah putih yang berguna untuk pertahanan tubuh anak.

7. Kunyit

Kunyit juga termasuk rempah yang ampuh sebagai anti-inflamasi, antibakteri, anti-jamur, dan antiseptik. Kandungan curcumin-nya berkhasiat sebagai antioksidan. Berikan susu dicampur kunyit sebelum anak tidur.

Itulah berbagai jenis makanan penambah imunitas tubuh untuk anak yang disarankan. Dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak-anak akan meningkatkan imunitas tubuhnya, khususnya dalam menghadapi Covid-19. (R9/HR Online)

Aegis Boost Pro