13 Minuman dan Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini Ternyata Favorit Banyak Orang

13 Minuman dan Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini Ternyata Favorit Banyak Orang
13 minuman dan makanan penyebab batu ginjal ini ternyata favorit banyak orang. Foto:Ist/Net

Meskipun lezat namun ada makanan penyebab batu ginjal yang sebaiknya dihindari. Mengetahui faktor penyebab batu ginjal sangat penting agar lebih berhati-hati dan terhindar dari penyakit ini.

Batu ginjal termasuk jenis gangguan yang sering terjadi dan dialami banyak orang. Penyakit ini disebabkan sejumlah faktor yang menyebabkan mineral dan garam yang terdapat di dalam ginjal mengeras.

Pengerasan pada saluran kemih inilah yang menyebabkan rasa sakit terutama saat buang air kecil. Pengerasan ini terjadi akibat penumpukan zat dari makanan ataupun karena adanya infeksi

Daftar Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Wajib Diwaspadai

Selain karena adanya faktor lain, asupan makanan yang tak sehat juga bisa menyebabkan timbulnya pengerasan ini. Nah, berikut ini beragam jenis makanan penyebab batu ginjal yang sebaiknya dikenali dan dijauhi.

1. Daging Merah

Daging merah dari hewan juga sebaiknya dihindari karena nutrisinya bisa menyebabkan pengendapan dan pengerasan asam urea. Konsumsi makanan ini bagi penderita batu ginjal bisa menyebabkan gagal ginjal yang berbahaya.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang bisa menyebabkan batu ginjal yang sebiaknya dihindari Anda yang menderita gangguan ginjal. Kacang tanah, almond, mete, walnut, kacang koro, atau lainnya bisa menyebabkan pembekuan mineral.

3. Coklat

Anda yang sedang menderita batu ginjal sebaiknya juga menghindari coklat. Makanan terkenal ini diketahui mengandung kalsium oksalat yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal di saluran kencing.

4. Keju

Keju banyak digunakan untuk pembuatan aneka makanan yang terkenal. Keju juga termasuk banyak disukai karena kelezatannya namun termasuk makanan penyebab batu ginjal yang harus dihindari.

5. Oatmeal

Makanan yang dibuat dari biji gandum utuh ini juga perlu dihindari par penderita ginjal. Oatmeal diketahui mengandung zat sistin yang cukup tinggi. Mineral ini bisa menyebabkan terjadinya pengendapan dan membentuk baju ginjal.

6. Sosis

Penderita gangguan ginjal sebaiknya juga menghindari sosis. Meskipun enak dan banyak disuka, sosis termasuk makanan penyebab batu ginjal yang sebaiknya dihindari. Apalagi jika dimakan berlebihan.

7. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya nutrisi. Namun mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah banyak bisa menyebabkan menumpuknya mineral oksalat yang bisa mengeras dan menyebabkan batu ginjal.

8. Ikan Laut

Ikan laut yang kaya asam omega 3 ternyata juga termasuk makanan penyebab batu ginjal. Penderita ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi ikan laut seperti salmon, bandeng, sarden, ikan teri, atau kakap.

9. Buah Belimbing

Buah yang rasanya asam ini ternyata juga haris dihindari pengidap gangguan ginjal. Kadar asam yang tinggi pada buah ini bisa menyebabkan menumpukan urea dan memicu pengerasan mineral di saluran kemih.

10. Garam

Garam diketahui mengandung natrium dan sodium yang tinggi. Konsumsi berlebihan dan terlalu sering bisa menyebabkan darah tinggi. Garam juga menyebabkan pengendapan mineral urea yang membentuk batu ginjal.

11. Pemanis Buatan

Pemanis buatan banyak digunakan dalam makanan dan minuman instan. Selain merupakan makanan penyebab batu ginjal, pemanis buatan ini juga bisa merusak fungsi ginjal dan mengganggu kesehatan.

12. Kopi dan Minuman Berkafein

Jika Anda menderita gangguan ginjal sebaiknya juga menghindari kopi maupun minuman yang mengandung kafein. Selain bisa meningkatkan sekresi kalsium dalam urin, minuman ini juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

13. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau berkarbonasi sebaiknya dihindari Anda yang menderita ginjal. Selain mengandung fosfat yang cukup tinggi, minum minuman ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab batu ginjal yang harus dijauhi dan dihindari. Mengubah gaya hidup sehat dengan pola makan sehat merupakan langkah terbaik mencegah penyakit batu ginjal. (R9/HR Online)