Manfaat Akuntansi Biaya dan Jenisnya yang Wajib Dikenali Pengusaha

Manfaat Akuntansi Biaya dan Jenisnya yang Wajib Dikenali Pengusaha
Manfaat akuntansi biaya dan jenisnya yang wajib dikenali pengusaha. Foto:Ist/Net

Manfaat akuntansi biaya memang penting dalam mendukung manajemen bisnis. Namun akuntansi biaya yang cermat juga menentukan nilai keuntungan yang ingin diraih sekaligus bisa mempercepat dalam merah sukses bisnis.

Akuntansi biaya merupakan salah satu cara pelaku usaha dalam melakukan perekaman. Baik dengan membuat kalsifikasi atau menganalisa biaya yang dihasilkan oleh perusahaan. Segala pembiayaan mengenai produksi akan dilakukan perekaman pada akuntansi biaya.

Ada sejumlah tahapan yang dilakukan dalam akuntansi biaya. Mulai dari pemilihan bahan baku, penekanan pembiayaan bahan mentah, penghitungan operasional, hingga penggunaan mesin.

Fungsi dan Manfaat Akuntansi Biaya

Manfaat akuntansi biaya karena memiliki fungsi untuk melakukan pengecekan maupun mencatat beragam pembiayaan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini karena adanya aktivitas usaha untuk mengeluarkan barang atau jasa perusahaan.

Biaya merupakan waktu dan sumber daya yang telah dikerahkan untuk menghasilkan produk. Namun biaya memiliki perbedaan dengan beban. Hal ini dikarenakan pembebanan dilakukan setelah biaya telah terpakai.

Manfaat akuntansi biaya juga sangat penting bagi manajemen perusahaan. Proses ini berguna untuk pelacakan dan pengecekan mengenai informasi transaksi biaya yang dikeluarkan. Nantinya akan dijadikan laporan untuk menentukan kebijakan maupun keputusan.

Ada beberapa jenis laporan pembiayaan dalam akuntansi ini. Termasuk sandar perhitungan biaya yang dilakukan. Ini berguna membantu manajemen untuk melakukan analisa dan memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Laporan pembiayaan ini juga sangat diperlukan manajemen untuk merencanakan, menetapkan, hingga mengendalikan laba yang diharapkan. Penetapan harga pokok produk dan jasa juga menggunakan dasar laporan ini.

Selain untuk kepentingan manajemen, manfaat akuntansi biaya juga penting bagi pihak eksternal untuk melihat kinerja perusahaan. Mereka adalah investor ataupun auditor yang berkepentingan dalam menanamkan investasinya.

Perhitungan Pembiayaan dalam Akuntansi Biaya

Akuntansi selalu berkaitan dengan masalah keuangan dan pembiayaan. Hal ini dikarenakan sebuah usaha tentunya membutuhkan sumber biaya yang terukur perhitungannya untuk memproduksi barang.

Nah, ukuran yang dijadikan standar dalam perhitungan akuntansi biaya adalah uang. Agar manfaat akuntansi biaya optimal bagi perusahaan, sebaiknya kenali beberapa jenis biaya dalam akuntansi pembiayaan berikut ini.

1. Fixed Cost

Biaya ini bersifat tetap dan tidak akan mengalami perubahan meskipun perusahaan tidak melakukan produksi barang sekalipun. Beberapa biaya tersebut meliputi gaji pegawai, persewaan bangunan dan utilitas.

2. Variabel Cost

Biaya ini selalu mengalami perubahan yang dipengaruhi besaran jumlah barang yang diproduksi dan tingkat kesulitan produk. Apabila jumlahnya besar dan kesulitan produk tinggi maka biaya variabel akan  besar juga. Contohnya biaya bahan mentah.

3. Operating Cost

Manfaat akuntansi biaya juga untuk menghitung biaya operasional yang harus dikeluarkan perusahaan agar usahanya dapat berjalan setiap hari kerja dengan baik. Biaya operasional ini mencakup biaya variabel dan biaya tetap.

Sedangkan untuk cara menghitung biaya operasional adalah dengan menambahkan biaya produk yang terjual dengan biaya pengeluaran atau yang dikeluarkan oleh perusahaan.

4. Direct Cost

Pembiayaan langsung dikeluarkan secara khusus yang berkaitan dengan proses produksi barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Jenis pembiayaan langsung bergantung dengan jenis produk yang dikeluarkan.

Contohnya biaya sewa bangunan dalam bentuk pabrik atau peralatan mesin yang harus disewa dan kaitan dengan produksi barang.  Maka dapat dikenai sebagai biaya langsung.

Itulah beberapa hal penting dalam perhitungan pembiayaan yang dilaksanakan akuntansi biaya. Manfaat akuntansi biaya yang baik tak hanya penting bagi manajemen dalam mengambil keputusan namun juga diperlukan investor yang tertarik. (R9/HR Online)