Senin, Oktober 18, 2021
BerandaArtikelManfaat Terapi Yoga untuk Kesehatan Mental saat Pandemi Covid-19

Manfaat Terapi Yoga untuk Kesehatan Mental saat Pandemi Covid-19

Manfaat terapi yoga untuk kesehatan mental suah jamak diketahui. Namun melakukan terapi yoga juga mampu meningkatkan imunitas diri khususnya dalam menghadapi virus Corona saat pandemi Covid-19 sekarang ini.

Wabah virus Corona yang begitu cepat menyebar telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Lebih dari 20 negara telah terjangkiti dengan banyak korban yang tewas. Pasien yang terpapar pun bertambah dengan begitu cepat.

Pandemi Covid-19 pun telah mendorong diterapkannya lockdown dan pembatasan sosial di berbagai negara. Orang pun diwajibkan beraktivitas di dalam rumah dan menghindari kerumunan orang banyak untuk mencegah penularan virus yang sangat menular ini.

Melakukan yoga terasa sangat tepat dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Apalagi manfaat terapi yoga tak hanya untuk kesehatan mental namun juga mampu meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh.

Pembatasan sosial maupun lockdown meskipun tujuannya baik untuk mencegah penularan Covid-19 namun telah membawa dampak yang luas. Tak sedikit orang yang mulai stres, depresi maupun kehilangan pekerjaan.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of South Australia menemukan begitu besarnya manfaat terapi yoga untuk kesehatan mental. Bahkan yoga yang dilakukan saat isolasi diri di rumah mampu menangkal Covid-19.

Manfaat Terapi Yoga untuk Menangkal Virus Corona

Kebijakan lockdown, seperti telah diulas dalam artikel sebelumnya, telah menimbulkan sejumlah dampak. Selain banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan, lockdown juga meningkatkan jumlah orang yang mengalami stres dan depresi.

(Baca: Penerapan Lockdown Covid-19, Begini Dampak yang Ditimbulkannya!)

Latihan yoga, baik dengan model kuno maupun yoga berbasis gerakan sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan mental. Terlebih jenis yoga berbasis gerakan yang efektif dalam membenahi gangguan mental akibat pandemi Covid-19.

Melakukan yoga sangat tepat dilakukan saat kita memiliki banyak waktu di rumah. Bahkan manfaat terapi yoga mampu meningkatkan imunitas tubuh khususnya dalam menangkal serangan virus Corona.

“Penemuan terbaru ini patut disambut gembira karena waktunya yang tepat saat kita lebih banyak melakukan isolasi diri di dalam rumah,” kata peneliti Jacinta Brinsley. Yoga bisa dilakukan untuk mengisi banyaknya waktu yang ada.

Isolasi diri di dalam rumah diisi dengan aktivitas bekerja atau belajar dari rumah. Tak adanya interaksi sosial bersama teman kantor atau saudara yang terlalu lama menyebabkan orang mulai mengalami kesepian

Olahraga merupakan pilihan yang sangat strategis. Selain untuk meningkatkan kesehatan, aktivitas fisik ini juga berguna untuk meningkatkan suasana hati. Sayangnya, gym dan pusat kebugaran telah ditutup sementara jogging di jalan tidak dianjurkan.

“Dalam situasi isolasi diri saat ini, yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Penelitian kami memperlihatkan manfaat terapi yoga berbasis gerakan meningkatkan kesehatan mental dan meredakan gejala depresi,” tambah Brinsley seperti dikutip Scitech Daily.

Riset dilakukan dengan meneliti 19 studi yang dilaksanakan di enam negara seperti Swedia, Jerman, Amerika Serikat, Cina, Jepang, dan India. Penelitian melibatkan 1080 partisipan yang memiliki diagnosis adanya gangguan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Hasil penelitian yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine itu menemukan bahwa manfaat terapi yoga mampu memperbaiki rasa kecemasan maupun kesepian. Bahkan meningkatnya kesehatan mental akan meningkatkan imunitas tubuh.

Yoga berbasis gerakan dalam penelitian ini adalah segala bentuk gerakan yoga dengan aktivitas fisik yang aktif. Bahkan gerakan fisik ini menghabiskan separo dari waktu yoga yang dilakukan.

Yoga bisa menjadi aktivitas yang sangat berguna dalam mengisi waktu saat isolasi diri di rumah. Manfaat terapi yoga tidak hanya menyegarkan suasana hati namun juga meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah virus Corona. (R9/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img