Masker Wajah Alami Terbaik yang Cocok untuk Jenis Kulit Kita

7 Masker Wajah Alami Terbaik yang Cocok untuk Jenis Kulit Kita
7 masker wajah alami terbaik yang cocok untuk jenis kulit kita. Foto:Ist/Net

Ada banyak masker wajah alami yang sangat berguna untuk perawatan kulit wajah. Dengan bahan-bahan alami untuk masker wajah, Anda bisa menghemat banyak uang ketimbang membeli produk kosmetik untuk wajah.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan beragam buah, sayuran, dan herbal yang berkhasiat obat. Sehingga sangat baik untuk siapa saja yang berkantong pas-pasan ketimbang membeli produk masker wajah yang mahal.

Bahan buah, sayuran, ataupun herbal sangat kaya dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah dan tubuh. Anda sesuaikan jenis masker wajah alami untuk kulit berminyak, kulit kering, atau untuk kulit kusam.

Ragam Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

Nah buat Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang cantik alami dengan biaya yang rendah kenapa tidak membuatnya sendiri. Anda bisa memilih dan membeli bahan-bahan di pasar dan menyesuaikan dengan jenis kulit anda.

Lantas apa saja macam masker wajah itu dan bagaimana pula cara membuat masker wajah alami tersebut? Yuk simak berikut ini.

1. Masker Putih Telur Oat

Bagian putih telur kaya dengan protein dan nutrisi penting untuk kulit. Manfaat putih telur misalnya saja bisa mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menyuplai kebutuhan nutrisi bagi kulit. Namun aromanya mungkin sedikit amis ya.

Untuk membuat masker wajah alami dengan putih telur tinggal campurkan bagian putih telur ayam dengan oat dan aduk rata. Oleskan pada wajah lalu biarkan selama 20 menit agar nutrisinya meresap ke kulit. Baru setelah itu, bilas dengan air.

2. Masker Alpukat Madu

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan kenyal, masker wajah dengan menggunakan alpukat bisa menjadi alternatif terbaik. Nutrisi buah ini juga sangat efektif untuk kulit tubuh.

Untuk membuatkan tinggal kerok saja buah alpukat dan lumatkan dengan tambahan sedikit air panas dan madu. Setelah halus, langsung oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit sebelum bilas dengan air.

3. Masker Yoghurt dan Lemon

Masker wajah alami yang terbuat dari yoghurt dan air perasan jeruk lemon juga sangat efektif untuk perawatan wajah cantik. Olahan masker ini banyak digunakan wanita Turki dalam merawat wajah dan kulit tubuh.

Untuk cara membuat masker wajah ini tinggal campurkan yoghurt dengan air perasan lemon lalu aduk rata. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan sebentar sebelum dibilas.

4. Masker Tomat

Masker wajah alami lainnya yang juga sangat baik untuk perawatan wajah adalah tomat. Tanpa perlu dicampurkan dengan bahan lainnya, cara menggunakannya cukup simpel.

Tinggal potong buah tomat dan oleskan pada wajah. Anda juga bisa memblendernya tanpa air dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan sebentar sebelum dibilas.

5. Masker Kopi untuk Wajah

Kandungan kafein dalam kopi ternyata berkhasiat dalam mengatasi peradangan kulit dan membuatnya lebih halus. Untuk membuatnya, haluskan biji kopi dan campurkan dengan yogurt dan aduk rata. Setelah itu tinggal oleskan pada wajah.

6. Masker Pisang Madu

Buah pisang dikenal kaya vitamin C, biotin, kalium, dan mangan yang sangat dibutuhkan kulit. Buah ini sangat baik sebagai masker wajah alami untuk kulit kering agar lebih lembab dan bercahaya.

Untuk cara membuatnya tinggalkan haluskan buah pisang dan campurkan dengan madu dan air perasan lemon. Setelah itu, oleskan pada wajah dan biarkan sebentar sebelum melakukan pembilasan dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang efektif.

7. Masker Kunyit Lidah Buaya

Kunyit bukan hanya untuk menyedapkan masakan. Rempah ini juga mengandung banyak nutrisi penting bagi kulit tubuh. Karena itu  bahan ini baik sebagai masker wajah untuk jerawat dan noda hitam.

Untuk cara membuat masker kunyit, tinggal parut kunyit yang telah dikupas lalu tambahkan dengan madu dan gel lidah buaya. Setelah tercampur lembut lalu oleskan pada wajah. Biarkan sekitar 10 menit sebelum pembilasan.

8. Masker Stoberi

Buah yang satu ini sudah terbukti dengan banyaknya kandungan nutrisinya, seperti vitamin C dan E yang keduanya sangat baik untuk cerahkan kulit.

Masker ini bahkan baik untuk mereka yang masih remaja, dengan bahan yang tidak keras untuk kulit mereka yang masih sensitif. Buah stoberi juga ampuh untuk tutup pori-pori wajah yang besar.

Cara yang tepat dalam membuat buah ini agar jadi masker untuk wajah yaitu dimulai dengan menghaluskan buah. Setelah halus, campurkan buah tadi dengan tepung beras dan 3 sendok makan yogurt plain.

Aduk semua bahan jadi satu adonan dan aplikasikan pada wajah secara rata. Tunggu sampai 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, bisa gunakan masker wajah alami dengan rutin.

9. Masker Timun dan Yogurt

Pernah lihat irisan timun untuk penutup mata ketika spa? Ya, hal ini karena nutrisi yang ada pada ketimun seperti vitamin C dan K sangat baik untuk bantu cerahkan wajah.

Parut timun yang masih segar yang sebelumnya sudah bersihkan. Hasil parutan timun tadi campurkan dengan 2 sendok yogurt plain, aduk kedua bahan hingga jadi satu.

Oleskan ke wajah hingga rata sampai 15 menit baru bilas dengan pakai air hangat. Rasakan manfaat dari timun untuk wajah jika pemakaian secara benar dan teratur.

10. Masker Jeruk Nipis

Untuk wajah yang terhindar dari jerawat, bisa gunakan masker wajah alami dari bahan jeruk nipis yang kaya kandungan nutrisi vitamin C. Lebih dari itu, kandungan tersebut mampu cerahkan kulit, atasi kulit berminyak, dan buang semua sel kulit mati.

Jeruk nipis tidak hanya baik untuk masker saja, kandungan dalam jeruk nipis mampu tangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Cara untuk buat masker dengan bahan jeruk nipis adalah belah jeruk sampai 2 bagian.

Oleskan belahan jeruk nipis pada wajah secara rata, tunggu sampai 30 menit untuk masker kering dengan sempurna. Tahap terakhir bilas dengan air bersih.

Gunakan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang optimal. Namun perlu ingat, jika kulit sensitif, maka perlu berhati-hati dalam penggunaannya karena bisa timbul iritasi kulit.

11. Masker Minyak Zaitun

Masker wajah alami yang satu ini rekomendasi untuk kulit berjerawat. Apabila pemakaian rutin, maka bisa kurangi jerawat yang muncul dengan cara bunuh bakteri yang sebabkan jerawat.

Untuk membuat masker minyak zaitun, perlu campurkan dengan kaolin clay yang berwarna putih. Campurkan kedua bahan dan aduh rata sampai adonan masker jadi.

Aplikasikan ke wajah dan leher rata untuk hasil optimal. Tunggu sampai kering sempurna baru bilas dengan air bersih. Lap wajak dengan handuk halus untuk keringkan wajah dari air bilasan.

12. Masker Bengkoang

Sudah banyak orang tahu jika bengkoang bisa putihkan wajah. Bahan bengkoang juga sering masuk untuk bahan kecantikan pada perusahaan besar.

Nah, daripada beli produk yang mahal, mending buat sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan. Alasan bengkoang jadi masker yang bisa putihkan wajah karena kandungan vitamin C dan B1 yang baik untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

Caranya mudah saja, untuk buat masker wajah alami cukup kupas kulitnya dan haluskan bengkoang dengan gunakan blender. Lalu biarkan hasil blenderan tadi beberapa saat.

Hal ini bertujuan untuk dapatkan sari buah yang terendap paling bawah. Nantinya endapan ini yang bisa untuk masker wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Masker ini dalam satu minggu bisa dua kali pemakaian.

13. Cuka Apel

Cuka apel identik dengan aroma yang menyengat, namun dibalik aromanya yang tajam simpan berbagai manfaat yang baik untuk kecantikan kulit wajah.

Dengan cuka apel, bisa kikis sel kulit mati untuk merangsang sel kulit baru agar lebih cerah dan putih. Bahkan cuka apel bisa usir wajah yang penuh minyak.

Karena bentuknya yang cair, maka lebih tepat untuk aplikasi sebagai toner saja. Caranya campurkan cuka apel dengan air. Gunakan kapas untuk bantu pengaplikasiannya.

Tunggu sampai 10 menit untuk kering rata seluruh wajah. Wajah kemudian bisa bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa jenis masker wajah alami yang bisa anda buat sendiri dari rumah. Dengan menggunakan bahan alami yang kaya nutrisi untuk kulit, anda perlu melakukannya secara rutin agar hasilnya efektif. (R9/HR Online)

Loading...