Senin, November 29, 2021
BerandaArtikelMempercepat Koneksi Internet di HP Android, Begini Solusinya

Mempercepat Koneksi Internet di HP Android, Begini Solusinya

Tidak sedikit yang mencari bagaimana cara mempercepat koneksi internet terutama untuk HP Android. Sebab, jika koneksi internet lemot kaya keong tentu bikin kesal.

Bahkan, tidak jarang pengguna smartphone yang memaki-maki provider seluler karena internet begitu lelet. Padahal, ponsel yang digunakan kelas atas.

Belum lagi, disaat sekarang ini yang mengharuskan untuk bekerja di rumah atau work from home (WFH), tentu sangat mengandalkan koneksi internet untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sehingga kecepatan internet sekarang ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang WFH, serta pengguna yang kesehariannya tak pernah lepas dari internet.

Terlebih untuk para pebisnis atau dagang online, yang tentunya membutuhkan bagaimana mempercepat koneksi internet, agar jajakannya bisa diupload dengan cepat.

Bahkan, di saat bulan puasa sekarang ini yang dilarang ngabuburit keluar karena adanya wabah Corona, mengisi waktu menjelang magrib dengan bermain game.

Namun masalahnya, jika saat bermain game koneksi internet lambat yang mengakibatkan lag, bisa menjadi tidak menyenangkan.

Menurut versi WebsiteToolTester, bahwa negara yang tercepat dalam koneksi internet di awal tahun 2020 adalah Taiwan.

Sedangkan Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-92 dari 207 negara. Kecepatan internet Indonesia 6,65 Mbps.

Mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Kecepatan internet bukan hanya dipengaruhi oleh operator seluler saja, melainkan ada faktor lainnya yang juga ikut berperan.

Lantas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet? Berikut penjelasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Merubah Settingan APN pada Smartphone

Menurut OpenSignal yang sudah melakukan pengujian, di negara kita ada lima operator seluler besar, antara lain XL Axiata, Indosat, Smartfren, Three (3), serta Telkomsel.

Lima operator besar yang ada di Indonesia itu, masing-masing memiliki koneksi internet yang tidak sama. Banyak hal, seperti cuaca, kekuatan sinyal dan sebaginya.

Namun yang paling mudah untuk mempercepat koneksi internet di HP yang lemot, adalah mengubah APN atau Access Point Name.

Masing-masing provider seluler mempunyai APN yang berbeda-beda dan yang ada di smartphone merupakan bawaan dari provider itu sendiri.

Akan tetapi, terkadang APN bawaan itu malah membuat jaringan atau koneksi internet menjadi tidak cepat, karena masih standar.

Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, Anda tinggal mengubah settingan APN yang ada di smartphone.

Langkah untuk mengubah APN di masing-masing smartphone tidak lah sama. Tapi yang terpenting adalah, setelah tekan setting maka cari “Nama jalur akses”.

Apabila telah masuk maka bakal ada 1 APN bawaan dari provider seluler itu sendiri. Lalu, jika mau menambahkan APN terbaru, maka pilih tanda plus (+) yang ada di pojok kanan atas.

Setelah itu Anda bisa mengisi APN sesuai dengan kartu SIM card. Sementara daftar APN utnuk mempercepat koneksi internet di HP bisa dicari di sini.

Memakai Jaringan 4G/3G Only

Untuk smartphone keluaran baru yang mendukung jaringan 4G tentu tidak akan kesulitan. Karena, ponsel Android ini bisa diatur sesuia dengan jaringan atau kebutuhannya.

Cukup bersyukur jika smartphone dan wilayah Anda sudah mendukung jaringan 4G. Lantas bagaimana jika belum mendukung?.

Jika smartphone masih berjaringan 3G, maka untuk mengoptimalkan laju internet bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti 3G speed optimizer atau sebagainya.

Sebagai contoh menggunakan 3G speed optimizer untuk mempercepat koneksi internet di HP, bisa membuat koneksi interner ngebut hingga 200 persen, karena memberikan tweak secara khusus.

Dengan begitu, dapat memberikan ruang untuk memilih serta mengatur tingkat kecepatan internet sesuai kebutuhan.

Namun, bagi yang ingin menggunakan aplikasi tersebut, maka ponsel pintar milik Anda wajib di root lebih dulu.

Menggunakan Ad-Blocker

Faktor lainnya yang menyebabkan koneksi internet lelet, yaitu pada smartphone adanya atau muncul iklan tanpa “diundang” dan tidak diblock.

Padahal, iklan tersebut bukan hanya memperlambat koneksi internet di smartphone, namun jika dibiarkan akan menguras data atau kuota internet.

Maka, untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan memasang aplikasi untuk memblokir iklan. Jika Anda memakai browser Opera Browser atau UC Browser dapat menggunakan Ad Blocker.

Menghapus Cache

Cara mempercepat koneksi internet lainnya yaitu dengan menghapus cache. Jika Anda sering membuka banyak aplikasi maka akan ada cache.

Dan bila tidak segera cache tersebut, maka dampaknya akan membuat smartphone menjadi lelet atau performanya tidak maksimal.

Bukan hanya itu, cache yang dibiarkan terus dan akhirnya menumpuk, bakal menjadikan kinerja internet pada smartphone menjadi berat.

Sehingga, untuk membuat koneksi internet menjadi ngebut, solusinya adalah tidak pernah bosan membersihkan atau menghapus cache tersebut.

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi pihak ketika untuk membersihkan cache, maka bisa dilakukan secara manual pada smartphone Anda, dan itu lebih aman.

Selain cara di atas, masih ada tips lainnya agar koneksi internet tetap ngebut. Bisa dengan memakain VPN atau virtual private network.

Kemudian mempercepat koneksi internet lainnya dengan memperhatikan tethering, yang berfungsi sebagai hotspot internet untuk dibagikan ke smartphone lain. 

Memang sepintas tethering atau penambatan ini tidak merugikan smartphone yang dijadikan hotspot atau WiFi.

Padahal, jaringan internet yang dibagi-bagi itu bisa memperlambat internet di smartphone itu sendiri. Karena harus berbagi bandwidth bersama ponsel lainnya.

Nah, untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone yang dijadikan hotspot ini, maka jangan lupa untuk menonaktifkan fitur tethering tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru