Senin, Juni 27, 2022
BerandaArtikelMenata Ruangan Tamu Jelang Idul Fitri, Ini Tipsnya

Menata Ruangan Tamu Jelang Idul Fitri, Ini Tipsnya

Menata ruangan tamu di rumah biasanya dilakukan jika ada moment tertentu, seperti akan berlangsung hajatan atau pesta. Namun, tidak sedikit juga pemilik rumah yang ruangannya ditata dengan rapih yaitu menjelang perayaan Idul Fitri.

Hal itu dilakukan karena biasanya saat lebaran tidak sedikit tamu yang silaturahmi. Terlebih pemilik rumah merupakan sesepuh atau keluarga tertua.

Meski memang dalam suasana wabah pandemik Covid-19 ini, disarankan untuk tidak silaturahmi bertatap muka langsung. Namun tidak ada salahnya ruangan tamu ditata dengan rapih.

Selain itu, menata ruangan menjelang lebaran itu tidak bisa dilakukan secara mendadak. Jadi, harus dikerjakan jauh-jauh hari, supaya dapat merancang layout atau tata letaknya baik mebel atau elemen dekorasi.

Keuntungan dari menata ruangan tamu yang dilakukan jauh hari adalah bisa mengganti mebel dengan cepat. Sehingga dapat memilih modelnya yang disesuaikan dengan anggaran tentunya.

Bahkan, bukan hanya parabot atau asesoris rumah saja yang bisa diganti, Anda juga bisa memilih serta menentukan tata ruang sesuai yang diinginkan. Sehingga, nantinya ruang tamu tersebut bisa tampil beda dari hari biasa.

Tips Menata Ruangan Tamu Jelang Lebaran

Mengapa ruang tamu yang harus ditata menjelang lebaran?. Sebab, umumnya orang yang silaturahmi tidak bakal langsung duduk di ruang makan, namun akan berlama di ruang tamu,

Nah, berikut ini tips yang bisa dijadikan solusi untuk Anda yang ingin menata ruang tamu lebih baik dari hari biasa.

Perhitungkan Jumlah Tamu

Sebelum menata ruangan tersebut, alangkah baiknya Anda memperhitungkan berapa tamu yang akan berkunjung. Terlebih, jika ruangannya tersebut sempit, tentu harus ditata sedemikian rupa agar bisa menampung semua tamu.

Selain itu, Anda juga dapat memilih mebel atau kursi yang akan digunakan atau disingkirkan sementara waktu. Jika memiliki ruang tamu yang sempit, jangan banyak mebel, karena akan membuat tidak nyaman.

Terlebih saat ingin mengganti sofa atau kursi yang lama, disarankan untuk menyesuaikan dengan tipe atau luas ruangan.

Sedangkan untuk mempertahankan penampilannya setelah menata ruangan tamu, maka anggota keluarga pemilik rumah diwajibkan untuk tetap menjaga kebersihan di ruang tamu. Dan jangan lupa terus diberi pengharum ruangan.

Cat Kembali Ruang Tamu

Apabila warna pada dinding terutama di ruangan tamu sudah kusam, maka tidak ada salahnya untuk memperbarui cat dengan warna yang baru atau sama seperti sebelumnya.

Anda bisa memiliki warna netral seperti putih, atau sentuhan yang berbeda dengan warna biru yang bikin adem serta kekeluargaan.

Selain itu, dapat juga dikombinasi atau dipadukan dengan wallpaper, supaya para tamu yang berkunjung makin betah di ruang tamu.

Perhatikan Pencahayaan

Tips menata ruangan tamu selanjutnya adalah memperhatikan pencahayaan. Tujuannya, supaya ruangan tersebut tetap terang. Untuk itu, pastikan lampu yang ada di ruang tamu apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika bosan dengan tempat lampu yang sudah ada, bisa diganti atau ditambah dengan lampu hias, seperti tempat lilin bisa juga lampu kecil dengan bentuk kubah.

Apabila tempat lampu itu untuk tambahan atau sekedar panjangan, maka bisa disimpan di sudut ruangan.

Tambah Hiasan Dinding

Hiasan dinding sangat berperan dalam menata ruangan tamu agar terlihat elegan dan lebih baik. Pajangan atau hiasan dinding itu bisa berupa kaligrafi bernuansa Islam, lukisan, foto keluarga atau tanaman baik asli ataupun sintetis.

Namun, jangan sampai hiasan tersebut dipajang terlalu banyak. Sebab, bukannya menambah keindahan ruangan, melainkan bisa mengurangi nilai estetika.

Jika menata ruang tamu itu untuk lebaran, maka bisa dipasang hiasan yang bernuansa atau momen lebaran. Seperti hiasan dalam bentuk bulan atau bintang.

Selain itu, pemilik rumah juga bisa memasang pernak-pernik dekorasi lainnya. Pernak-pernik itu bisa bantalan untuk sofa, sampai toples kue khas lebaran.

Namun untuk toples kue dalam penempatannya yang ingin dihidangkan harus dipertimbangkan. Anda bisa memilih toples yang sekiranya bisa menambah tampilan ruang tamu lebih menarik.  

Menata Ruangan Lainnya

Menjelang lebaran bukan hanya menata ruangan tamu saja yang perlu dilakukan. Namun juga ruangan lainnya jangan sampai diacuhkan.

Ruangan tersebut seperti dapur atau kamar mandi. Biasanya dua ruangan itu kerap dilupakan oleh pemilik rumah. Sebab, hanya berfokus pada ruang tamu atau keluarga saja.

Padahal, dapur atau kamar mandi juga perlu ditata. Karena siapa tahu tamu yang datang dari kota yang jauh itu menginap atau tidak langsung pulang.

Jadi buat lebih bersih dua ruangan itu, bila perlu dicat ulang kembali. Dan jangan sampai lupa menambahkan pengharum ruangan supaya lebih wangi, bisa wangi floral lavender, lily atau rose.  

Selain itu, jangan sampai lupa untuk membersihkan taman rumah. Karena, dengan taman yang biasanya berada di depan jika bersih maka akan lebih sedap dipandang.

Jadi, mumpung lebaran masih beberapa hari lagi, tidak ada salahnya menata ruangan tamu dimulai dari sekarang. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -