Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruMengatasi Darah Rendah yang Mudah? Coba Dulu Ini!

Mengatasi Darah Rendah yang Mudah? Coba Dulu Ini!

Ada banyak alternatif mengatasi darah rendah yang bisa dilakukan sebelum ke dokter atau menggunakan obat. Apalagi darah rendah tak jarang terjadi karena faktor tertentu yang tidak berbahaya.

Tubuh yang tiba-tiba hilang keseimbangan atau mata berkunang setelah berdiri agak lama merupakan beberapa gejala yang sering dialami penderita darah rendah. Kurangnya asupan oksigen darah juga bisa menyebabkan turunnya tekanan darah.

Tekanan darah rendah, seperti dikutip dari Wikipedia, adalah kondisi saat tekanan darah tubuh lebih rendah ketimbang tekanan darah normal. Yaitu saat tekanan darah berada di bawah 90/60, jauh di bawah normal 120/80.

Namun untuk memastikan apakah Anda mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi sebaiknya periksakan ke dokter. Pengukuran dengan tensimeter, memiliki rumus tertentu, meski saat diukur normal, namun bisa termasuk kategori darah rendah.

Langkah Mudah Mengatasi Darah Rendah

Sebagai kondisi tekanan darah yang terlalu rendah, upaya mengatasi darah rendah (hipotensi) bisa dikatakan berlawanan dengan usaha yang dilakukan untuk darah tinggi (hipertensi). Berikut beberapa diantaranya yang disarikan dari berbagai sumber.

Minum Air Putih Lebih Banyak

Minum air putih dalam jumlah lebih banyak sangat berguna untuk meredakan kondisi tekanan darah rendah. Bertambahnya cairan berfungsi menaikkan volume darah sekaligus mencegah dehidrasi yang juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Makan Garam Lebih Banyak

Jika penderita hipertensi harus menjauhi garam, tidak demikian dengan hipotensi. Makan garam lebih banyak juga merupakan cara mengatasi darah rendah yang efektif. Namun bukan dimakan langsung ya, tapi menambahkan garam dalam makanan.

Sering Ngemil

Ngemil adalah makan makanan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering. Cara ini ternyata efektif untuk mengobati darah rendah. Karena makanan mampu menghalangi menurunnya tekanan darah.

Minum Kopi

Minuman kopi kabarnya bisa meningkatkan tekanan darah, khususnya jika diminum dalam jumlah banyak. Namun ternyata minum kopi justru bisa membantu mengatasi darah rendah. Minum kopi sebaiknya di pagi hari sekaligus untuk meningkatkan energi.

Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol ternyata bisa menyebabkan menurunnya tekanan darah. Jika Anda mengalami kondisi darah rendah, sebaiknya jauhi minuman yang bisa memabukkan ini.

Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi

Cara mengatasi darah rendah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan tidur dalam posisi kepala lebih tinggi. Anda bisa menambah bantal saat tidur. Hal ini berguna agar saat bangun tidak akan menyebabkan tekanan darah drop.

Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Duduk dengan posisi kaki menyilang seperti posisi pertapa kabarnya juga bisa membantu menaikkan tekanan darah. Sehingga baik untuk darah rendah. Namun sebaiknya cara ini tidak dilakukan Anda yang menderita hipertensi.

Sering Ubah Posisi

Untuk membantu meningkatkan tekanan darah dan mengatasi darah rendah sebaiknya hindari berdiri terlalu lama. Begitu juga posisi berdiam sebaiknya sering diubah untuk melancarkan aliran darah.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah bisa menjadi indikasi adanya gangguan penyakit tertentu. Apalagi jika Anda mengalami gejalanya yang marah, maka memerlukan penanganan yang cepat dan efektif agar tidak berdampak fatal.

Setelah mengetahui beberapa cara mengatasi darah rendah ada baiknya Anda juga mengenali faktor yang menyebabkannya. Hal ini penting agar dampak buruknya bisa dicegah sejak dini.

Beberapa faktor penyebab tekanan darah yang kerap terjadi diantaranya karena adanya gangguan jantung, pendarahan yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak darah, ataupun karena dehidrasi.

Penyebab tekanan darah rendah lainnya karena kehamilan, anafilaksis atau adanya reaksi alergi yang parah, atau adanya infeksi. Tubuh yang kekurangan nutrisi karena sedang diet juga bisa memicu darah rendah.

Itulah berbagai penyebab tekanan darah rendah dan cara mengatasi darah rendah yang bisa dilakukan dengan cepat. Namun jika kondisi tak kunjung reda, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. (R9/HR-Online)