Mengatasi Perut Kembung Secara Alami yang Aman dan Efektif? Lakukan Hal Ini!

mengatasi perut kembung
Ilustrasi perut kembung. Foto: Istimewa

Untuk mengatasi perut kembung yang bermasalah bukanlah hal yang mudah. Meskipun bukan termasuk gangguan yang berbahaya, perut kembung tak jarang membuat orang seperti mengalami gelisah dan kebingungan.

Perut kembung merupakan kondisi perut yang dirasakan seperti penuh. Orang yang mengalami kondisi ini sering ditandai dengan sering bersendawa atau sering kentut.

Kondisi perut kembung, seperti dikutip dari Wikipedia, juga dikenal dengan istilah medis distensi abdomen. Perut yang terasa kembung ini terjadi karena adanya penumpukan zat dalam perut, baik berupa gas atau cairan.

Meskipun sebagian besar kasus ini tidak berbahaya, namun kondisi ini merupakan gejala dari suatu penyakit. Mengatasi perut kembung secara alami bisa dilakukan sebelum memeriksakan ke dokter jika gejala tak kunjung reda.

Sensasi yang biasanya dirasakan dari kondisi ini diantaranya perasaan kenyang, perut penuh, mual, hingga yang agak berat adalah kram dan rasa sakit. Dengan bersendawa atau buang angin akan meredakan rasa penuh dalam perut.

Mengatasi Perut Kembung Secara Alami yang Efektif

Untuk mengobati perut kembung bisa dilakukan secara alami yang lebih aman dan efektif. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meredakan dan mengatasi gangguan pada perut tersebut.

Makan Bawang Lanang

Pengobatan tradisional juga sering memanfaatkan bawang putih tunggal atau lanang untuk mengatasi gangguan perut kembung. Tinggal makan saja sebuah bawang tunggal yang telah dikupas. Namun hati-hati karena setelah itu Anda akan sering kentut.

Minum Teh Rempah

Minum teh rempah juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung secara alami yang cukup efektif. Anda bisa membuat teh yang dicampur dengan jahe dan daun peppermint. Herbal ini berkhasiat mengatasi gangguan perut.

Lakukan Pemijatan Perut

Untuk membuang gas yang berlebihan di dalam perut bisa dilakukan dengan memijatnya. Lakukan pemijatan ringan dengan tangan sekitar 10-15 menit. Sebaiknya pemijatan dilakukan searah agar gas bisa dikeluarkan.

Konsumsi Probiotik

Mengonsumsi atau minum probiotik juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung yang efektif. Anda bisa minum yogurt, kimchi, kefir atau makan tempe yang mengandung bakteri. Cara ini sudah teruji ampuh dalam meredakan gangguan pencernaan.

Bersendawa atau Kentut

Adanya penumpukan gas atau cairan dalam perut bisa diatasi dengan membuangnya. Caranya bisa dengan sering bersendawa atau dengan sengaja membuat kentut atau mengeluarkan angin. Buang air besar juga bisa dilakukan untuk meredakannya.

Mengompres Perut

Cara mengatasi perut kembung lainnya yang juga sering dilakukan masyarakat secara turun temurun adalah dengan mengompres perut. Gunakan kain yang dicelup dalam air agak panas lalu tempelkan pada perut setelah diperas airnya.

Anda juga bisa menggunakan botol yang diisi air panas lalu lapisi kain dan tempelkan pada perut. Naiknya suhu membuat otot perut lebih kendur sekaligus melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran oksigen.

Menggerakkan Badan

Untuk mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan menggerakkan badan atau olahraga ringan. Hal ini berguna untuk melenturkan otot perut. Lakukan gerakan yang melibatkan bagian sekitar perut.

Lakukan Teknik Pernafasan

Melakukan teknik pernafasan dengan menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya bisa meredakan perut kembung. Lakukan teknik ini sambil mengangkat tangan ke atas dan menurunkannya secara berulang.

Hindari Pantangan

Selain dengan berbagai langkah yang telah disebutkan, Anda juga perlu menghindari makanan pemicu gas seperti kacang-kacangan atau kembang kol, makanan berserat tinggi, makanan asin atau makanan berlemak.

Anda juga sebaiknya menghindari rokok, mengunyah permen karet, maupun minum minuman bersoda. Saat perut masih terasa kembung, batasi makan dan jangan terlalu banyak.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung secara alami. Jika dengan tindakan di atas, kondisi perut tak kunjung reda sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikannya. (R9/HR-Online)