Mengatasi Tangan Sering Kesemutan yang Mudah dan Efektif

Mengatasi Tangan Sering Kesemutan yang Mudah dan Efektif
Mengatasi tangan sering kesemutan yang mudah dan efektif. Foto:Ist/Net

Tangan sering kesemutan? Kesemutan atau Parestesia adalah sensasi geli atau mati rasa yang bisa terjadi dalam waktu lama. Gangguan ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu yang sebaiknya diketahui.

Kesemutan biasanya dibarengi dengan timbulnya rasa seperti tertusuk jarum. Kondisi ini bisa saja terjadi saat saraf tak sengaja mendapat tekanan sehingga membuat aliran darah pada saraf menjadi tidak lancar.

Beberapa kondisi yang sering dijadikan penyebab tangan sering kesemutan antara lain duduk dengan posisi tetap terlalu lama, duduk bersila, atau tangan terlipat. Bahkan saat tidur, kesemutan juga bisa terjadi akibat tertindihnya anggota tubuh.

Selain faktor beristirahat atau bersandarnya bagian tubuh, penyebab kesemutan lainnya bisa karena adanya suatu gangguan medis. Termasuk karena serangan panik ataupun sindrom hiperventilasi.

Alternatif Mengatasi Tangan Sering Kesemutan

Meski tampak wajar, bahkan sering diabaikan, namun kondisi ini bisa semakin parah jika disertai dengan ruam, kejang otot, dan pusing. Karena itu penting untuk mengatasi tangan sering kesemutan dengan beberapa langkah mudah berikut.

1. Melakukan Peregangan

Ada banyak cara mengatasi kesemutan pada tangan yang bisa dicoba. Diantaranya dengan melakukan peregangan. Dengan melakukan olahraga ringan ini akan melancarkan aliran darah dan mengatasi kesemutan.

2. Melakukan Yoga

Yoga juga bisa menjadi pilihan mengatasi tangan sering kesemutan. Kegiatan ini dipercaya cukup efektif untuk mengurangi ketegangan dan tekanan di area saraf sehingga kesemutan pun bisa hilang dengan sendirinya.

3. Istirahat yang Cukup

TCL

Tidur dalam waktu yang cukup dipercaya juga dapat membantu proses penyembuhan saraf. Alasannya, tubuh akan melakukan perbaikan diri secara alami ketika tidur.

Pada banyak kasus, mengistirahatkan tangan setelah hampir seharian beraktivitas, terutama pada tangan yang kesemutan dapat membantu meredakan kondisi ini secara alami.

4. Mengubah Posisi Tubuh

Penyebab tangan sering kesemutan yang paling umum adalah adanya tekanan pada saraf akibat postur tubuh yang kurang baik. Karena itu cara mengatasi kesemutan di tangan yang efektif yakni dengan mengubah posisi tubuh.

5. Mengangkat Kaki ke Tembok

Cara mudah dan efektif lainnya mengatasi kesemutan adalah dengan mengangkat kaki dan menyandarkannya ke tembok atau dinding. Dengan mengangkat kaki maka dapat menurunkan tekanan pada bagian tulang belakang yang merupakan pusat saraf.

6. Mengompres dengan Air Dingin atau Hangat

Tangan sering kesemutan akibat peradangan? Nah, cara mengatasinya yang efektif adalah dengan mengompres tangan dengan air dingin atau hangat secara bergantian. Ini dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di area tangan.

7. Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat tangan kesemutan yang bisa dikonsumsi. Diantarnya ada Naproxen Sodium, Ibuprofen, dan Steroid. Obat – obatan tersebut dipercaya ampuh mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki. Juga dapat membantu meredakan pembengkakan akibat peradangan.

8. Gaya Hidup Sehat

Ini adalah cara mengatasi tangan sering kesemutan dalam jangka panjang yang wajib dicoba. Dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan rutin berolahraga akan dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf.

9. Terapi Fisik

Terapi fisik juga dipercaya dapat membantu mengatasi tangan kesemutan yang efektif. Sebab dengan terapi ini akan membantu menambah otot yang mengelilingi saraf yang rusak.

Jika otot semakin kuat, maka tekanan pada saraf pun akan berkurang sehingga kesemutan bisa reda. Penasaran? Kenapa tidak dicoba saja?

Nah, itulah beberapa alternatif mengatasi tangan sering kesemutan yang efektif. Dalam banyak kasus, kesemutan sifatnya sementara. Namun jika kondisi yang Anda alami memburuk, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. (R9/HR Online)

Loading...