Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruMengobati Sakit Pinggang Belakang yang Aman dan Ampuh

Mengobati Sakit Pinggang Belakang yang Aman dan Ampuh

Sakit pinggang belakang sangat rentan dialami oleh orang yang berusia 30 tahun ke atas. Sakit pinggang kerap muncul akibat terlalu sering mengangkat benda berat, duduk terlalu lama. Bisa juga karena cedera otot di bagian pinggang.

Tentu saja yang demikian membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Apalagi rasa sakit bisa hilang timbul atau pun terus menerus. Gangguan sakit ini bahkan kerap kali sembuh dengan sendirinya.

Namun Anda patut waspada jika sakit yang diderita terus berulang selama sebulan, atau bahkan semakin memburuk meski sedang beristirahat. Penanganan yang cepat bisa mencegah akibat yang lebih buruk.

Alternatif Pengobatan Sakit Pinggang Belakang yang Efektif

Penanganan yang segera saat pinggang terganggu bisa menghindari dampak yang lebih parah. Berikut ini beberapa alternatif mengobati sakit pinggang belakang yang aman dan ampuh yang bisa Anda lakukan.

1. Hindari Berbaring di Tempat Tidur

Siapa bilang dengan berbaring di tempat tidur dapat meredakan sakit pinggang yang Anda derita? Saat terasa sakit, Anda tetap perlu bergerak.

Hal ini bertujuan agar otot-otot di bagian tersebut tidak menjadi kaku. Namun jika rasa sakit yang diderita sudah terasa sangat menyakitkan, Anda bisa mencoba berbaring sejenak.

2. Manfaatkan Air Dingin dan Kantong Pemanas

Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, Anda pastinya tidak ingin lama-lama merasakan kesakitan akibat gangguan ini. Apalagi nyeri pinggang bisa mengganggu aktivitas Anda.

Anda bisa kan manfaatkan air dingin dan kantong pemanas untuk mengobati sakit pinggang yang Anda derita. Air dingin dipercaya ampuh mengurangi terjadinya peradangan dan gangguan kesehatan pada pinggang. 

3. Meregangkan Otot Paha Belakang

Salah satu penyebab sakit pinggang belakang yang paling umum adalah karena otot paha bagian belakang yang tegang. Oleh karenanya Anda perlu melakukan peregangan untuk membuat rileks otot bagian paha belakang itu.

Ini bisa menjadi cara yang ampuh dan efektif untuk mengobati gangguan kesehatan ini. Namun demikian, pastikan untuk melakukan peregangan secara perlahan sehingga tidak menambah rasa sakit.

4. Berdiri Setiap 20 Menit

Banyak cara yang bisa dicoba untuk mengatasi gangguan kesehatan pada bagian pinggang, salah satu yang paling efektif adalah berdiri setiap 20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal jangan lupa untuk melakukan peregangan.

Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk dalam waktu lama, pastikan Anda tidak duduk membungkuk di kursi. Alasannya, postur tubuh yang seperti ini dapat meningkatkan risiko sakit pinggang bagian belakang.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Kita pastinya sudah tahu betul akan bahaya rokok bagi kesehatan. Kebiasaan merokok bahkan bisa meningkatkan osteoporosis hingga akhirnya memicu pinggang belakang terganggu.

Menghindari kebiasaan tersebut adalah salah satu cara ampuh yang bisa diambil sebagai cara mengobati sakit pinggang yang Anda derita. Meninggalkan rokok juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

6. Diet atau Menurunkan Berat Badan

Langkah terakhir agar pinggang tidak terganggu adalah dengan melakukan diet. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko sakit pinggang karena bisa memberikan tekanan berlebih pada tulang belakang.

Karena itu melakukan diet sehat bisa menjadi langkah ampuh untuk mengobati pinggang bagian belakang. Namun agar efektif, Anda perlu melakukannya dengan niat yang kuat berdasarkan rencana yang dibuat.

Itulah sejumlah cara mengobati sakit pinggang belakang yang bisa dicoba. Jika sakit tak kunjung membaik setelah melakukan langkah di atas, atau bahkan semakin parah sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. (R9/HR Online)