Meski Berhasil Mudik, 4 Orang di Ciamis Ini Secara Sukarela Mengisolasi Diri di Rumah Kosong

Mengisolasi Diri
4 orang warga Neglasari, Pamarican yang mengisolasi diri di sebuah rumah kosong setelah mudik ke kampung halaman. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Momen Idul Fitri menjadi dambaan sebagian orang untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, di Dusun Cigamping, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican sejumlah orang justru secara sukarela mengisolasi diri meski mereka baru mudik dari luar daerah.

Aksi yang dilakukan 4 orang ini diketahi tanpa adanya paksaan dari berbagai pihak, baik pemerintah atau warga sekitar. Untuk tempat isolasi, mereka menempati sebuah rumah kosong.

Bahkan, aksi yang menujukkan kepatuhan terhadap anjuran pemerintah ini tersebar di media sosial dan menuai pujian serta rasa haru dari warganet.

Menurut Taufik, salah seorang perangkat Desa Neglasari, membenarkan adanya 4 orang warganya yang mengisolasi mandiri secara sukarela setelah mereka mudik ke kampung halaman.

“Setelah mereka sampai ke kampung halaman, mereka tidak langsung pulang ke rumah, tapi malah mencari tempat untuk isolasi. Mereka khawatir dengan adanya penyebaran covid-19,” terangnya kepada HR Online, Senin (25/5/2020).

Karena aksi ini, kata Taufik, pihaknya merasa kagum dengan sikap mereka yang secara sukarela mengisolasi diri selama 14 hari meski di Hari Raya Idul Fitri.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, empat orang ini mendapatkan bantuan dari Pemdes Neglasari.

“Lebaran kemarin mereka juga tetap bertahan di sini. Bahkan, untuk bisa menikmati hidangan lebaran mereka memilih untuk diantarkan makanan dari pihak keluarga. Kalau dari kami tentu sudah diberikan, baik beras, telur, mie instan serta kebutuhan lainnya selama karantina,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

Loading...