Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruMengatasi Asam Lambung saat Puasa dengan 7 Minuman Sehat

Mengatasi Asam Lambung saat Puasa dengan 7 Minuman Sehat

Mengatasi asam lambung saat puasa dengan 7 minuman sehat yang perlu kamu ketahui. Terlebih jika kamu sering mengalami masalah asam lambung saat puasa maupun pada hari biasa.

Dengan mengonsumsi minuman sehat untuk lambung bisa membantu kamu dalam menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini dengan lancar.

Karena, tak jarang orang yang tengah menjalani ibadah puasa terpaksa membatalkan puasanya akibat asam lambungnya naik, dan harus minum obat.

Sedikitnya ada 7 jenis minuman sehat yang dapat membantu melancarkan ibadah puasa. Kamu sedang puasa, maka kamu bisa mengonsumsinya saat waktu berbuka atau ketika makan sahur.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (03/05/2020), berikut ini 7 jenis minuman sehat yang baik untuk kesehatan lambung kamu.

Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

Air Mineral

Air mineral dipercaya berkhasiat untuk mengatasi masalah penyakit lambung, termasuk saat kamu mengalami asam lambung naik.

Diketahui air mineral selalu menjadi minuman sehat yang kerap dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Hal ini dikarenakan air mineral sangat mudah didapat dan bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Oleh karena itulah, saat menjalani ibadah puasa Ramadan kamu pastinya sering mendengar atau pmendapat saran supaya banyak mengonsumsi air putih, terutama ketika sahur.

Para ahli kesehatan mengungkap, air mineral mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti melancarkan pencernaan dan mengatasi asam lambung.

Kandungan pH netral dalam air mineral juga membantu melancarkan kerja usus. Jadi, banyaklah minum air putih untuk mengatasi saat asam lambung naik.

Minum Air Jahe Hangat

Untuk membantu mengatasi asam lambung saat puasa salah satunya mengonsumsi minuman air jahe hangat.

Seperti telah diketahui bahwa jahe adalah salah satu jenis minuman sehat yang bermanfaat untuk menurunkan asam lambung naik, terlebih saat puasa.

Sebab, jahe yang merupakan jenis tanaman herbal ini bisa mengatasi mulas serta masalah pencernaan lainnya, karena jahe punya sifat anti-inflamasi alami.

Dengan mengonsumsi minuman jahe hangat, maka kamu pun dapat membantu mengurangi naiknya asam lambung ketika berpuasa.

Susu Rendah Lemak

Bagi yang punya masalah asam lambung, kamu juga bisa mengatasinya dengan minum susu rendah lemak atau susu skim.

Jangan mengonsumsi susu sapi karena memiliki kandungan lemak tinggi yang cukup sulit dicerna, dan dapat memperburuk gejala asam lambung.

Konsumsi susu nabati juga bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi asam lambung saat menjalankan ibadah puasa.

Jika susu sapi menjadi minuman favorit kamu, maka saat ini waktu yang tepat untuk beralih ke susu nabati.

Pilihlah susu kedelai atau susu almond yang merupakan susu nabati. Selain menyehatkan lambung, rasanya juga tak kalah lezat dari susu sapi.

Komposisi alkali yang terkandung dalam susu almond dapat menetralkan asam lambung, serta mampu meredakan berbagai gejalanya.

Selain susu almond, susu kedelai juga rendah lemak sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah asam lambung.

Teh Herbal

Untuk membantu mengatasi asam lambung saat puasa bisa juga dengan mengonsumsi minuman teh herbal.

Selain dapat mengatasi asam lambung naik, teh ini juga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah di perut, seperti rasa mual dan gas.

Pilih produk teh herbal bebas kafein, licorice, chamomile, licorice, dan elm licin. Ini sangat baik mengatasi asam lambung ketika kamu tengah menjalankan puasa.

Namun, jangan konsumsi teh herbal peppermint atau spearmint lantaran di dalamnya memiliki kandungan kafein.

Smoothie

Selain rasanya lezat, minuman smoothie juga dapat membantu mengatasi masalah asam lambung.

Hal itu karena di dalamnya terkandung berbagai jenis buah-buahan yang dapat memberikan asupan vitamin serta mineral ke dalam tubuh kamu.

Tapi ingat, ada juga jenis buah yang bisa memicu munculnya gejala asam lambung, misalnya lemon, jeruk, dan nanas.

Kamu bisa pilih buah yang baik untuk asam lambung, misalnya anggur hijau atau alpukat. Untuk kombinasinya bisa ditambahkan sayuran hijau seperti kale atau bayam.

Air Kelapa

Minuman yang baik untuk mengatasi asam lambung berikutnya adalah air kelapa tanpa tambahan gula.

Air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium yang dapat menyeimbangkan pH atau konsentrasi ion hidrogen di dalam larutan yang ada pada tubuh kamu.

Dengan begitu, maka gejala asam lambung yang biasa kamu alami bisa dikontrol sekaligus dihindari.

Yoghurt

Yogurt mengandung probiotik dan dapat dijadikan minuman untuk mengatasi masalah asam lambung.

Kamu bisa mengonsumsi minuman ini dalam bentuk beku maupun encer. Sebab, yogurt mampu menenangkan usus, serta menghindari datangnya gejala asam lambung.

Untuk menambah variasi rasa pada minuman yogurt, kamu bisa tambahkan buah-buahan yang baik untuk asam lambung, misalnya alpukat.

Jika kondisi lambung sehat, maka saat kamu menjalankan puasa pun perut akan terasa nyaman, sehingga ibadah puasanya akan lancar. (Eva/R3/HR-Online)

spot_img
- Advertisment -

Berita Terbaru