Mukena Katun Rayon, Ini Cara Merawatnya yang Benar

Mukena Katun Rayon
Mukena Katun Rayon. Foto: Ist/Net

Mukena katun rayon menjadi pilihan untuk membeli mukena baru, dimana memiliki bahan yang adem sehingga membuat anda nyaman dan khusyuk dalam beribadah.

Jika anda salah memilih bahan, maka membuat anda tidak nyaman dimana akan memberi efek panas saat dipakai.

Bahan katun rayon sangat direkomendasikan untuk pemilihan bahan mukena. Hal ini akan membuat nyaman untuk dipakai dengan waktu yang lama. Bahan ini juga dinilai mudah untuk menyerap keringat.

Namun sebaiknya anda memiliki mukena lebih dari satu untuk menjaga agar mukena tetap terjaga kebersihannya. Saat sudah terlihat kotor atau berbau, segera ganti mukena anda.

Mukena Katun Rayon, Begini Cara Perawatannya

Untuk mukena rayon sekarang ini memiliki varian motif dan warna yang beragam, mulai dari warna yang kalem sampai dengan warna yang cetar juga tersedia. Maka anda tidak akan rugi jika mukena jenis ini menjadi pilihan anda.

Tentu anda bisa sesuaikan dengan selera anda bahkan jika untuk couple dengan saudara atau ibu juga bisa membeli dengan corak yang sama.

Baca Juga: Mukena Tanpa Kepala yang Nyaman Digunakan dan Tips Memilihnya

Bahan yang digunakan juga lembut tentu akan membuat nyaman saat anda gunakan, biasanya mukena katun rayon ini dilengkapi dengan cluth bag yang cantik senada dengan motif mukenanya.

Dengan adanya cluth bag, tentu akan mempermudah anda dalam membawanya kemanapun bahkan bisa dimasukkan ke dalam tas sehingga saat bepergian anda bisa terus menjalankan ibadah tanpa perlu meninggalkan kewajiban shalat.

Rayon merupakan kain yang terbuat dari material selulosa alami, umumnya pembuatan bahan ini asalnya dari polimer organik atau bubur kayu. Karena merupakan kain yang terbuat dari bahan yang alami membuatnya sering disebut dengan serat semi sintetik.

Nah, sebaiknya anda juga tahu bagaimana merawat mukena dengan bahan ini secara benar untuk menjaga mukena tetap terawat.

Pencucian

Akan lebih baik jika mempunyai mukena dengan jenis ini dicuci dengan menggunakan tangan langsung. Jika anda menggunakan mesin cuci, ditakutkan akan cepat merusak kainnya.

Hal ini terjadi karena bahan mukena katun rayon ini mudah sekali mengecil ataupun mengkerut dan juga cepat merenggang. Bisa dimulai dengan merendam dengan air hangat kurang lebih 20 menit.

Disarankan untuk tidak memerasnya atau bahkan menggunakan sikat saat mencucinya. Hal ini dikhawatirkan bisa merubah bentuk dari mukena anda.

Kucek saja dengan lembut, hindari penggunaan cairan pemutih untuk bekas noda karena jenis bahan ini begitu lemah terhadap cairan pemutih.

Jika ingin menggunakan pemutih, maka bisa dicairkan lebih dulu sesuai dengan aturan pemakaian dan jangan terlalu sering menggunakan pemutih bisa berakibat mudah sobek pada kain.

Penjemuran

Apabila sudah selesai dicuci, jemur mukena katun rayon dengan tidak terpapar langsung dengan matahari. Bisa dengan diangin-anginkan saja dengan tidak memakai gantungan jemuran.

Hal ini bisa membuat mukena cepat melar yang diakibatkan kain tidak bisa menahan beban air. Saat proses penjemuran, anda bisa membalik mukena yang berada di bagian dalam untuk berada diluar.

Penyetrikaan

Mukena anda sudah melalui proses pencucian yang benar serta sudah dijemur dengan baik dan menjadi kering, maka anda bisa bersiap untuk melakukan penyetrikaan.

Pada tahap ini, sebaiknya anda menggunakan suhu yang sedang jangan yang terlalu panas. Pada suhu panas akan membuat warna mukena menjadi cepat pudar seperti kekuningan.

Untuk penyetrikaan, anda bisa dengan menyetrika dalam keadaan yang terbalik. Apabila ingin menyetrika pada bagian luar mukena, sebaiknya dilapisi dengan kain lain agar warnanya tetap terjaga awet.

Penyimpanan

Untuk proses selanjutnya, anda bisa melakukan penyimpanan mukena katun rayon dengan benar seperti dengan cara dilipat saja. Seperti yang sudah dikatakan diatas jika bahan ini mudah melar, maka jangan menggunakan gantungan saat menyimpannya.

Letakkan mukena yang telah dilipat pada bagian tengah saja untuk menjaga tetap licin meski disimpan di lemari. Sebaiknya sering berganti mukena untuk membuat nyaman beribadah.

Terapkan cara perawatan mukena katun rayon di atas agar mukena anda bisa terjaga awet dan nyaman untuk digunakan. Pasalnya, jenis kain ini memang mudah sekali rusak jika perawatannya kurang benar dan akan merugikan anda. (R10/HR-Online)