Mukena Tanpa Kepala yang Nyaman Digunakan dan Tips Memilihnya

mukena tanpa kepala
Model mukena tanpa kepala. Foto: Ist/Net

Mukena tanpa kepala merupakan salah satu model mukena yang kini kian populer. Penggunaannya memang didominasi oleh kalangan orang dewasa.

Terutama untuk wanita yang lebih mengutamakan kesederhanaan dan ingin tampil praktis. Model mukena yang satu ini semakin populer seiring dengan perkembangan fashion.

Seperti yang diketahui bahwa mukena merupakan peralatan sholat yang digunakan oleh para muslimah. Perlengkapan sholat ini sudah semakin modis. Sebab, kini ada banyak model mukena yang telah hadir untuk para wanita.

Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Untuk modelnya sendiri dapat disesuaikan dengan usia. Mukena yang memiliki model tanpa tudung termasuk model baru. Meski model seperti ini sudah lama hadir.

Kelebihan Model Mukena Tanpa Kepala

Model mukena yang tidak dilengkapi dengan kepala sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun modelnya sama sekali tidak menarik. Bahkan kebanyakan wanita juga enggan untuk mengenakan mukena yang tidak dilengkapi kepala.

Hal ini tentu saja membuat model mukena ini tergeser dengan model lain. Namun seiring dengan perkembangan zaman, model mukena sudah semakin beragam

Termasuk model mukena tanpa dilengkapi tudung kepala. Kini banyak wanita muslimah yang mulai gemar menggunakan model mukena ini. Apa kelebihan model mukena ini?

1. Lebih Praktis dan Sederhana Ketika Digunakan

Salah satu kelebihan dari mukena tanpa kepala adalah lebih praktis dan sederhana. Dikatakan praktis sebab mukena bisa langsung digunakan tanpa menyesuaikan bentuk wajah.

Hijab yang digunakan pun sudah bisa dijadikan penutup. Dengan begitu, tampilan juga tidak terganggu. Kelebihan mukena tanpa tudung ini seringkali menjadi alasan banyak wanita.

2. Tidak Meninggalkan Bekas Kerut pada Bagian Dahi

Kenyamanan ketika mengenakan mukena juga perlu diperhatikan. Sebab, kenyamanan saat memilih mukena berpengaruh pada ibadah yang dilakukan. Jika mukena yang digunakan tidak nyaman, maka ibadah tidak akan khusyu’.

TCL

Mukena yang dilengkapi dengan kepala memiliki kerutan. Terkadang kerutan ini terlalu kuat sehingga tidak nyaman digunakan. Sehingga membuat bagian dahi berbekas. Tidak sedikit dahi yang kemerahan karena kerutan dan tali yang terlalu kuat.

Berbeda dengan mukena tanpa kepala yang langsung bisa dimasukkan. Penggunaan hijab sudah bisa dijadikan kepala dari mukena.

Kemudian tidak ada bekas yang tertinggal di bagian dahi. Selain itu, tatanan hijab pun tidak akan rusak atau berubah akibat kerutan mukena. Tampilan muslimah pun akan tetap rapi setelah melaksanakan solat.

Berbagai kelebihan tersebut memang menjadi kenyamanan tersendiri bagi pengguna. Tidak heran jika kini banyak wanita yang memilih untuk menggunakan mukena langsungan.

Tips Memilih Mukena Tanpa Kepala yang Nyaman Dikenakan

Model mukena langsungan dikenal sebagai mukena ponco. Untuk wanita muslimah yang berhijab, mukena ini sangat cocok digunakan. Terutama digunakan untuk bepergian, bagaimana tips memilih mukena yang nyaman?

1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Model mukena ini tentu saja berbeda dengan yang lainnya. Sehingga memilih ukuran juga sangat penting dilakukan. Memilih mukena langsungan lebih baik agak longgar.

Sebab, mukena yang agak longgar lebih nyaman digunakan. Namun bukan berarti memilih mukena yang kebesaran dan kepanjangan. Hal tersebut juga akan mengganggu kenyamanan.

2. Pilih Bahan yang Nyaman Digunakan

Tips selanjutnya adalah memilih mukena tanpa kepala dengan bahan berkualitas. Selain model yang beragam, kini bahan untuk membuat katun juga beragam. Bahan yang nyaman digunakan merupakan bahan yang halus.

Selain itu, bahan tersebut juga tidak panas ketika digunakan. Mukena langsungan berbahan katun sangat cocok untuk dipilih. Sebab, bahan ini memiliki karakteristik yang lembut dan dingin saat digunakan.

3. Warna yang Tidak Terlalu Mencolok

Ibadah yang nyaman juga dipengaruhi oleh mukena yang digunakan. Selain ukuran dan bahan, hal yang perlu diperhatikan adalah warna. Sebenarnya warna tidak terlalu berpengaruh.

Namun warna mukena dapat mempengaruhi ketenangan jama’ah yang lain. Perlengkapan sholat hendaknya dibalut dengan warna netral dan tidak mencolok. Kebanyakan mukena memiliki warna putih. Sehingga anda bisa memiliki warna putih juga.

Mukena tanpa kepala cocok digunakan ketika sedang bepergian. Melaksanakan ibadah sholat pun tidak terkendala oleh mukena. Pemakaian yang lebih mudah juga membuat para muslimah tidak kesulitan. (R10/HR-Online)

Loading...