Obat Migrain Alami Paling Ampuh, Cobain Deh!

Obat migrain alami paling ampuh. Photo: Ilustrasi/Net.
Obat migrain alami paling ampuh. Photo: Ilustrasi/Net.

Obat migrain alami paling ampuh yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah. Ada 6 obat migrain alami paling ampuh yang direkomendasikan.

Migrain adalah gangguan neurovascular. Gangguan ini disebabkan inflamasi neurogenik dan mengakibatkan sakit kepala sebelah.

Rasa sakit kepala sebelah memang bikin tak nyaman dan menghambat aktivitasmu. Migrain kadang terjadi ketika kamu tengah berada di ruang publik.

Jika kondisi ini menyerang, kamu pun harus menjauh dari keramaian. Disarankan cari lokasi yang dapat membuatmu merasa rileks.

Tapi jangan khawatir, untuk mengatasi migrain kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahan alami yang diyakini dapat mengobati sakit kepala sebelah.

6 Obat Migrain Alami

Minum Air Jahe Hangat

Sudah sejak lama jahe digunakan untuk mengobati mual. Namun, tanaman herbal ini juga bisa mengurangi serangan migrain.

Untuk mengobati migrain atau sakit kepala sebelah, kamu bisa mengonsumsi air jahe hangat. Cara ini ampuh untuk mengatasi serangan sakit kepala sebelah dengan cepat.

Perbanyak Minum Air Putih

Jika kandungan air dalam tubuh kita tidak tercukupi, maka hal ini bisa menyebabkan sakit kepala sebelah atau dikenal dengan migrain.

Selalu menjaga asupan air bisa menjadi salah satu obat migrain alami yang paling ampuh dan mudah didapatkan di rumah.

Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi kronis jadi penyebab umum rasa sakit di kepala dan juga migrain.

Pada banyak orang, mengonsumsi air putih sudah terbukti mampu meringankan gejala sakit di kepala sebelah.

Selain itu, asupan air putih sepanjang hari dan konsumsi makanan yang mengandung kandungan air sangat penting.

Kafein

Kafein juga menjadi salah satu obat untuk migrain yang alami dan paling ampuh, meskipun kafein sering dianggap penyebab utama sakit migrain.

Bisa jadi anggapan itu benar kalau mengonsumsinya sepanjang hari. Tapi, jika dikonsumsinya dalam jumlah kecil, menurut peneliti, kafein mampu mengurangi efek migrain.

Selain itu, kafein juga bisa membantu proses penyerapan obat pereda sakit migrain secara cepat.

Menghirup Aroma Lavender

Obat untuk migrain alami yang paling ampuh berikutnya yaitu aroma bunga lavender. Menghirup wangi minyak esensial lavender menjadi salah satu cara mengobati migrain.

Terutama sakit kepala yang dipicu akibat stres, seperti yang dilaporkan sebuah penelitian dalam jurnal European Neurology pada tahun 2012.

Dalam penelitian itu menyebutkan, saat migrain seseorang kambuh, lalu menghirup aroma lavender maka sakitnya itu bisa sembuh lebih cepat.

Bukan hanya itu, aroma minyak lavender pada umumnya juga sering digunakan untuk membantu agar bisa tidur nyenyak, menghilangkan stres, hingga mengatasi depresi.

Cara menggunakannya, minyak lavender bisa dihirup aromanya, atau bisa juga dioleskan langsung ke kulit.

Minyak Pappermint

Obat untuk migrain yang alami dan paling ampuh lainnya adalah minyak pappermint. Oleskan minyak tersebut di pelipis dan dahi.

Mentol yang terkandung dalam minyak pappermint bisa dimanfaatkan sebagai cara alami untuk mengatasi sekaligus mengobati migrain yang kambuh.

Sebuah penelitian di tahun 2010 yang dilakukan di Shiraz University of Medical Science, Iran, menyebutkan, minyak pappermint efektif mengobati migrain.

Mengoleskan minyak pappermint di pelipis dan dahi lebih efektif meredakan nyeri dan juga mual akibat migrain, dibandingkan dengan menggunakan obat plasebo.

Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium bisa dijadikan alternatif untuk mengobati sakit migrain yang paling ampuh.

Sebab, kekurangan zat magnesium dapat memicu timbulnya nyeri kepala dan migrain. Minumlah suplemen yang memiliki kandungan magnesium.

Menurut penelitian, konsumsi suplemen yang mengandung magnesium oksida bisa membantu mencegah munculnya migrain.

Selain itu, mengonsumsi suplemen magnesium juga bisa mengobati migrain yang disebabkan nyeri menstruasi. (Eva/R3/HR-Online)