Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisPandemi Covid-19, Disdik Ciamis Tunda Berbagai Lomba

Pandemi Covid-19, Disdik Ciamis Tunda Berbagai Lomba

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bakal menunda berbagai lomba kreatifitas peserta didik sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), selama pandemi Covid-19. Berbagai kegiatan tersebut seharusnya selesai bulan April 2020 kemarin.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis DR Htatang, Sabtu (2/5/2020). Kata dia, penundaan lomba-lomba tingkat SD sampai SMP tersebut mengacu pada surat edaran (SE) Mendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan.

“Dalam isi surat tersebut, pelaksanaan kegiatan lomba-lomba mulai dari tingkat nasional dan tingkat daerah harus ditunda kegiatan kompetisi, lomba, dan festival pada Tahun 2020 ,” ujar H Tatang.

Penundaan kegiatan ini lanjut Tatang, mencakup semua lomba, kompetisi dan festival yang pelaksanaannya dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, tingkat nasional dan internasional

“Mungkin ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dengan cara daring,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tatang mengatakan, pemberitahuan penundaan kegiatan bisa dilihat informasinya  dan diakses melalui website resmi Kemendikbud.

“Informasi itu berlaku seterusnya sampai dicabutnya status keadaan darurat mengenai  bencana wabah penyakit Corona Virus di Indonesia,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya lebih mementingkan agar para peserta didik aman berada di rumah, belajar di rumah, dengan berbagai cara yang sudah disosialisasikan  kepada satuan pendidikan 

“Sekarang anak-anak sudah bisa belajar melalui sistem daring, bahkan sekarang sudah bisa diakses melalui media televisi dan juga mengajak kerjasama  kepada orang tua murid di rumah unruk mengawasi anaknya,” pungkas H Tatang.(Fahmi/R8/HR Online)