Pantai Pangandaran Sepi Gegera Corona, PAD Menurun Drastis

Pantai Pangandaran Sepi
Suasana Pantai Pangandaran yang sepi di musim libur lebaran 2020. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pantai Pangandaran sepi di tengah pandemi Corona. Tak seperti musim liburan lebaran tahun-tahun sebelumnya, pada lebaran 2020, Pantai Pangandaran dan obyek wisata lainnya di Pangandaran harus ditutup akibat wabah Corona.

Tidak ada lagi kemacetan mengular yang biasanya sampai ke Kalipucang setiap musim libur lebaran. Begitupun pengunjung yang biasanya membanjiri sejumlah obyek wisata di Pangandaran, lebaran tahun ini tidak terlihat satupun.

“Biasanya menjelang libur panjang lebaran, hotel-hotel sudah habis dipesan para wisatawan, begitu juga para pedagang biasanya menyiapkan dagangannya menjelang libur lebaran, kini tidak lagi seperti dulu,” ungkap Jeje Wiradinata, Bupati Pangandaran, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kecamatan Padaherang, Rabu (27/5/2020).

Menurut Jeje, pandemi Corona mengubah kebiasaan tersebut. Pantai Pangandaran sepi dan dampaknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor andalannya yakni pariwisata, menurun drastis.

“Kali ini sepi karena adanya pendemi Covid-19, otomatis PAD andalan Dabupaten Pangandaran dari sektor pariwisata saat ini drastis, menurun tajam,” ucap Jeje.

PAD Pangandaran menurun sampai miliaran rupiah, bahkan kata Jeje, pariwisata Pangandaran mengalami kerugian.

“Wabah Covid-19 ini penyebabnya. Saat ini di Kabupaten Pangandaran pun sedang dilakukan pengetatan wilayah,” terangnya.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pangandaran memang tidak diperpanjang, akan tetapi pengetatan terus dilakukan oleh Pemkab Pangandaran. “Pengetatan dilakukan guna memutus penyebaran virus Corona,” kata Jeje.

Jeje menambahkan, di Pangandaran sedikitnya 96 sekolah yang tersebar di 10 kecamatan saat ini digunakan untuk tempat isolasi mandiri bagi para pemudik.

“Kita tetap terapkan isolasi mandiri siapapun warga kabupaten Pangandaran yang mudik, tanpa tebang pilih tetap mesti menjalani isolasi mandiri,” tegasnya. (Entang/R7/HR-Online)

Loading...