Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BanjarPasien Positif Covid-19 Asal Pangandaran Dinyatakan Sembuh Oleh RSUD Kota Banjar

Pasien Positif Covid-19 Asal Pangandaran Dinyatakan Sembuh Oleh RSUD Kota Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Salah seorang pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Pangandaran, dinyatakan sembuh oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar, Jawa Barat.

Pasien dengan jenis kelamin perempuan tersebut dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab test dengan hasil negatif Covid-19.

Manajer On Duty (MOD) RSUD Kota Banjar, Khaudil Ulum, mengatakan, pasien pertama kali masuk di RSUD sekitar tanggal 18 April 2020 dalam keadaan tidak sadarkan diri, dan tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Pada saat pertama dilakukan swab test, pasien dinyatakan positif. Kemudian dilakukan perawatan dan kondisinya semakin baik.

Setelah dilakukan swab test ke dua hasilnya negatif, dan sekarang sudah diperbolehkan pulang untuk menjalani masa isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari tim medis.

“Sekarang sudah membaik dan diperbolehkan pulang. Namun untuk hasil swab ketiganya masih menunggu,” kata Kholidul Ulum, kepada awak media, Jum’at (08/05/2020).

Saat ini, lanjut Ulum, sudah tidak ada pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Banjar. Adapun pasien yang lain, statusnya pasien dalam pengawasan (PDP) dan jumlahnya juga sudah mulai menurun.

Meski demikian, pihaknya mengajak kepada warga masyarakat agar tetap waspada, dan mengikuti imbauan pemerintah untuk menekan angka persebaran kasus Covid-19, terlebih saat ini dalam masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

“Semua pihak harus berupaya bersama melakukan pencegahan dan menekan angka persebaran virus corona. Dengan begitu masyarakat sudah ikut meringankan beban tim medis,” tandas Ulum.

Sementara itu, salah seorang kelurga pasien dinyatakan sembuh, Suhini, menyampaikan banyak terima kasih kepada segenap tim medis RSUD Kota Banjar telah merawat ibundanya hingga sembuh dan diperbolehkan pulang.

“Tentu saya berterima kasih kepada tim medis yang sudah merawat ibu saya hampir tiga minggu lebih, dan sekarang sudah bisa pulang ke rumah,” ucapnya.

Apresiasi Pemkot Banjar

Di tempat terpisah, usai acara konferensi bersama awak media di halaman Pendopo Kota Banjar, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, turut menyampaikan apresiasinya kepada segenap tim medis yang sudah bekerja maksimal, sehingga Kota Banjar kembali menjadi zona hijau.

Atas capaian tersebut, Pemerintah Kota Banjar akan memberikan bonus kepada semua tim medis atas dedikasi dan prestasi yang sudah diberikan.

“Nanti Pemkot Banjar akan memberikan apresiasi kepada tim medis, dan itu sudah kami anggarkan,” kata Ade Uu. (Muhlisin/R3/HR-Online)