Pemdes Raharja Kota Banjar Salurkan BLT Dana Desa

BLT Dana Desa
Penyaluran BLT Dana Desa yang dilakukan Pemdes Raharja. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, mulai menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT dana desa untuk warga terdampak wabah covid-19.

Penyerahan dilakukan langsung oleh pihak pemerintah desa secara door to door kepada warga yang sebelumnya telah dilakukan pendataan.

Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat, mengatakan, penyaluran BLT diberikan kepada 31 KK, masing-masing penerima mendapat sebesar Rp 600 ribu per bulan dengan penyaluran dilakukan secara bertahap selama tiga bulan.

Sebelum diberikan, kata Yayat, sebelumnya dilakukan pendataan dan verifikasi data oleh Pemdes melalui rapat musyawarah desa agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan.

“Jumlah total ada 31 KK penerima bantuan. Untuk warga yang lain sebagian besar sudah terkover program bansos dari Kemensos, Pemprov dan Pemkot,” kata Yayat kepada HR Online, Jum’at (22/5/20).

Adapun kriteria warga penerima bantuan dari dana desa itu, kata Yayat, di antaranya masyarakat yang rentan sakit kronis dan warga yang terdata belum menerima bantuan dari sumber yang lain.

Selain itu, warga masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena terdampak wabah covid-19 dan warga tidak mampu bukan penerima bantuan dari program PKH maupun BPNT.

“Semua penerima BLT Dana Desa sudah disesuaikan dengan kriteria di atas melalui Musdes. Semoga dimanfaatkan dengan baik,” katanya. (Muhlisin/R6/HR-Online) 

Loading...