Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita NasionalPendaftar Kartu Pra Kerja Capai 8 Juta, Buruan Daftar!

Pendaftar Kartu Pra Kerja Capai 8 Juta, Buruan Daftar!

Sejak dibuka pada Sabtu (11/4/2020) lalu, pendaftar kartu pra kerja sudah mencapai 8 juta orang. Hingga saat ini, pendaftaran kartu pra kerja sudah memasuki gelombang ke empat. Gelombang ketiga sendiri sudah selesai Kamis (30/4/2020) lalu.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi Manajemen Pelaksana Pra Kerja, Panji Winanteya Ruky mengakui, jika animo masyarakat yang ingin ikut program kartu pra kerja sangat tinggi. “Saat ini sudah ada 8 juta lebih peserta yang daftar,” katanya, Senin (27/4/2020).

Pendaftar kartu pra kerja gelombang pertama yang diterima sekitar 164 ribu orang. Gelombang ke dua, pemerintah meloloskan sekitar 288.154 orang untuk menerima manfaat Kartu Prakerja. Untuk gelombang ke 3, pemerintah belum mengumumkan hasilnya.

Jutaan warga yang mendaftar kartu pra kerja masih banyak yang belum lolos. Kebanyakan mereka yang tidak lolos tahap selanjutnya, karena kesalahan saat mengunggah foto diri sendiri. Banyak peserta yang mengunggah foto namun fotonya tidak bisa terbaca sistem.

“Bisa saja karena terlalu gelap, terlalu cerah atau terang, bisa juga karena difotonya tidak menghadap lurus. Atau mungkin juga saat difoto memakai penutup wajah, kacamata, sehingga tidak terbaca oleh sistem,” ujar Panji.

Maka dari itu, Panji meminta pendaftar kartu pra kerja yang ingin lolos menjadi peserta Kartu Pra Kerja, agar bisa memperhatikan dengan benar hal-hal kecil yang memang cukup berpengaruh. Usahakan juga agar foto yang diunggah tersebut tidak jauh berbeda dengan foto yang ada Kartu Tanpa Penduduk (KTP) karena akan dilakukan diverifikasi.

Lanjut Panji, bagi peserta yang belum lolos pada tahap ini, bisa mengunggah kembali foto tanpa mengisi ulang data awal.

Pendaftar Kartu Pra Kerja yang Belum Lolos, Bisa Ikut Kembali di Gelombang Selajutnya

Pendaftar Kartu Pra Kerja gelombang 3 yang belum lolos bisa mendaftar ulang di gelombang 4 atau selanjutnya. Pemerintah akan membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi masyarakat Indonesia yang ingin ikut program kartu pra kerja.

Pemerintah sendiri menggulirkan program Pra Kerja dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 baik itu mereka yang terkena PHK atau pengangguran.

Bagi kamu yang ingin melakukan pendaftaran kartu pra kerja, bis daftar di website resmi www.prakerja.go.id. Pemerintah akan membuka 30 gelombang untuk memenuhi kuota peserta kartu pra kerja sebayak 5,6 juta di seluruh Indonesia. Saat ini, pemerintah baru membuka 3 gelombang pendaftaran saja.

Banyak pendaftar kartu pra kerja yang tidak lolos atau gagal pada gelombang 1, 2 ataupun 3. Kebanyakan mereka gagal lantaran mengalami kesalahan saat melakukan registrasi. Maka dari itu, perbaiki kesalahan tersebut di pendaftaran gelombang selanjutnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (16/4/2020), mengatakan, bagi pendaftar pra kerja di gelombang ke 3 yang lolos verifikasi namun tidak lolos menjadi anggota penerima kartu pra kerja, tidak perlu melakukan registrasi ulang, jika ingin mengikuti seleksi di gelombang selanjutnya.

Admin Kartu Prakerja akan mengirim link ke masing-masing email pendaftar, agar mengikuti gelombang berikutnya jika pada gelombang sebelumnya mengalami kegagalan. Jadi pendaftar yang sudah daftar gelombang sebelumnya tidak perlu daftar lagi.

Bagi pendaftar kartu pra kerja yang masih bingung bagaimana cara daftar kartu pra kerja, berikut kami uraikan langkah-langkahnya.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Perlu dicatat, sebelum kamu mendaftar kartu pra kerja, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun bisa kamu buat dengan menggunakan alamat email atau nomor ponsel (yang aktif). Berikut ini langkah membuat akun kartu pra kerja:

1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke laman www.prakerja.go.id

2. Pilih login

3. Masukan identitas dengan benar dan jelas berdasarkan data di KTP, masukan pula alamat email dan passwordnya

4. Setelah itu, klik daftar

5. Tunggu notifikasi masuk ke alamat email kamu

6. Setelah notifikasi masuk ke email, lakukan langkah verifikasi sesuai petunjuk. Jika berhasil melakukan verifikasi dan punya akun, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran kartu pra kerja.

Berikut cara daftar kartu pra kerja bagi pendaftar kartu pra kerja:

1.Pastikan dulu kamu sudah punya akun pra kerja

2. Buka situs www.prakerja.go.id

3. Klik login

4. Masukan alamat email beserta passwordnya pada kolom yang disediakan

5. Klik menu Login

6. Setelah login, kamu akan masuk dashbord

7. Isi dulu verifikasi KTP lalu Klik ‘Berikutnya’

8. Isi data dengan benar, lalu ikuti petunjuk untuk mengunggah foto KTP dan swafoto diri anda.

9. Selanjutnya verifikasi nomor telepon

10. Apabila telah selesai, klik ‘Kirim’. Jika sudah selesai melakukan verifikasi, isi  ‘Pernyataan Pendaftar’.

Ikuti Tes

Pendaftar kartu pra kerja yang lolos verifikasi bisa langsung mengikuti test agar bisa mendapatkan kartu pra kerja. Test tersebut dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang para pendaftar miliki. Ada 18 soal dalam test tersebut, dan harus diisi dalam waktu 25 menit.

Soal-soal yang diujikan antara lain matematika, pemahamaan bacaan non sastra dan pengurutan instruks. Isi soal dengan benar agar kamu lolos menjadi penerima manfaat kartu pra kerja. Dalam mengisi soal, kamu diperbolehkan menggunakan alat bantu coretan seperti pensil, bolpoint dan kertas.

Setelah kamu selesai mengisi soal test, soal kamu akan dievalusasi dulu. Tunggu beberapa saat sampai hasil test keluar. Jika tak kunjung keluar, kamu tinggal klik refresh. Setelah itu, kamu akan mendapat notifikasi hasil tes, apakah kamu lolos atau gagal.

Kamu yang ingin menjadi salah satu pendaftar kartu pra kerja mesti mempersiapkan diri. Pahami cara hingga teknis pendaftarannya, agar kamu lolos. Selamat mencoba, semoga sukses! (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -