Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Belum Resmi Dibuka, Perhatikan Ini Agar Kamu Lolos!

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Belum Resmi Dibuka
Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 belum resmi dibuka. Foto:Ist/Net

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 ternyata belum resmi dibuka pemerintah Indonesia. Meski pendaftaran gelombang ke 3 sudah selesai Kamis (30/4/2020) lalu, namun pendaftaran gelombang ke 4 belum juga dibuka.

Belum dibukanya pendaftaran kartu pra kerja gelombang ke 4, dijawab admin kartu pra kerja dalam sebuah balasan komentar di akun instagramnya, @prakerja.go.id, Selasa (5/5/2020).

Awalnya seorang netizen mengomentari salah satu unggahan dari akun @prakerja.go.id. Netizen tersebut menanyakan kapan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 dibuka. “Kapan gelombang 4 dibuka?” tulis akun @saufi_hadi dalam kolom komentar.

Kemudian, akun atau admin @prakerja.go.id membalas komentarnya seperti ini. “Halo, mohor bersabar menunggu untuk pendaftaran gelombang berikutnya. Pantau terus media sosial Prakerja ya”. Dari jawaban tersebut dapat disimpulkan, bahwa pendaftaran kartu pra kerja gelombang  4 belum resmi dibuka.

Ketika HR Online membuka akun instagram @prakerja.go.id pada hari Rabu (6/5/2020), belum ada unggahan atau informasi terbaru tentang pendaftaran kartu pra kerja gelombang ke 4. Unggahan terakhir yang diinformasikan akun @prakerja.go.id yakni terkait alur bantuan kartu pra kerja.

Melihat dari pelaksanaan pendaftaran kartu pra kerja pada gelombang sebelumnya, yakni gelombang 1, 2 dan 3, pendaftaran kartu pra kerja dibuka hari Senin sampai Kamis.

Namun hingga Rabu (6/5/2020) ini, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 belum juga resmi dimulai. Meski belum dibuka secara resmi, bagi kamu calon pendaftar kartu pra kerja mesti tahu dulu tahapan-tahapan agar lolos kartu pra kerja. Berikut kami sampaikan langkah-langkah daftar kartu pra kerja.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4

Bagi kamu yang ingin melakukan pendaftaran kartu pra kerja, kamu mesri mempunyai akunnya terlebih dahulu. Akun pra kerja dapat kamu buat dengan menggunakan alamat email atau pun nomor ponsel. Berikut ini kita sampaikan langkah-langkah membuat akun kartu pra kerja.

1. Pertama kamu masuk dulu ke akun resmi www.prakerja.go.id

2. Klik login

3. Setelah login, masukan identitas probadi yang benar sesuai KTP, jangan lupa masukan pula alamat email dan passwordnya

4. Lalu, klik daftar

5. Tunggu sampai ada notifikasi masuk ke email kamu

6. Setelah notifikasi masuk email, langkah selanjutnya yakni verifikasi. Ikuti petunujuk verifikasi, jika berhasil maka kamu sudah memiliki aku kartu pra kerja dan sudah bisa mendaftarkan diri.Lalu bagaimana cara daftar kartu pra kerja gelombang 4? Berikut caranya:

Cara daftar kartu pra kerja:

1. Pastikan dulu kamu sudah mempunyai akun pra kerja

2. Kemudian buka situs www.prakerja.go.id

3. Klik login

4. Lalu masukan alamat email beserta passwordnya pada kolom yang ada

5. Klik Login

6. Setelah login, maka kamu akan masuk ke dashbord

7. Langkah selanjutnya yakni mengisi verifikasi KTP lalu Klik ‘Berikutnya’

8. Isi data dengan benar, lalu ikuti petunjuk untuk mengunggah foto KTP dan swafoto diri kamu

9. Untuk tahap selanjutnya, yakni verifikasi nomor telepon

10. Jika tahapan verifikasi sudah beres, klik ‘Kirim’. Kemudian kamu isi ‘Pernyataan Pendaftar’.

11. Ikuti tes kompetensi

Kamu mesti mengikuti tes dengan 18 soal yang diujikan. Setelah beres mengisi soal, jawaban kamu akan dievaluasi dulu. Tunggu beberapa menit sampai hasil evaluasi muncul. Jika hasil evaluasi tak kunjung keluar, klik refresh. Jika sudah selesai, maka hasil tes akan keluar berupa pemberitahuan apakah kamu lolos atau gagal menjadi peserta kartu pra kerja.

Perlu kita sampaikan juga, bahwa dalam pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4, kamu mesti lebih teliti lagi dalam mengikuti alur pendaftaran. Banyak peserta yang daftar, gagal karena hal-hal sepele. Berikut ini, beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar lolos kartu pra kerja.

Gagal Daftar Kartu Pra Kerja, Perhatikan Ini!

1. Tidak Verifikasi Email

Banyak masyarakat yang melakukan registrasi kartu pra kerja pada gelombang pertama, hingga mencapai 5,96 juta orang. Namun dari jumlah tersebut, hanya 4,42 juta pendaftar yang sampai ke tahap verifikasi email.

Nah, sebanyak 1,5 juta orang malah gagal daftar kartu pra kerja ke tahap selanjutnya, lantaran tidak melakukan verifikasi email. Untuk kamu yang ingin lolos daftar kartu pra kerja, jangan lupa verifikasi email dengan benar.

2. Tidak Verifikasi NIK

Kamu yang akan mengikuti pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4, juga harus melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK). Isi verifikasi NIK dengan benar dan teliti. Sebab dari jumlah 3,29 juta pendaftar kartu pra kerja di gelombang pertama, yang lolos ke tahap selanjutnya, hanya sekitar 2,78 juta orang. Artinya, ada sekitar 500 ribu pendaftar yang tidak melaksanakan proses verifikasi NIK, sehingga harus gagal pada tahapan registrasi kartu pra kerja.

3. Kesalahan Swafoto atau Selfie

Kesalahan swafoto atau selfie adalah penyebab utama seseorang gagal lolos dalam pendaftaran kartu pra kerja. Pada gelombang ke 1, pemerintah akan merekrut 200 ribu calon penerima manfaat kartu pra kerja.

Namun dari jumlah tersebut, sebanyak 32.000 peserta melakukan kesalahan saat mengunggah foto KTP atau swafoto. Akhirnya, penerima manfaat kartu pra kerja gelombang ke 1 hanya 164.000 peserta.  Kamu yang tidak ingin melakukan kesalahan saat mengunggah swafoto kartu Pra Kerja, bisa mengikuti panduan berikut ini.

Panduan Swafoto Kartu Pra Kerja

1. Pertama, seluruh bagian wajah harus menghadap lurus kedepan kamera

2. Kedua, atur kecerahan foto agar tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang

3. Jangan gunakan kacamata

4. Jangan pakai penutup kepala

5. Wajah tidak boleh tertutup rambut

6. Jangan gunakan penutup wajah/masker

7. Atur pencahayaan pada foto agar fotonya tidak berbayang

8. Foto mesti posisi portrait bukan landscape

9. Foto selfi atau swafoto harus dilakukan dengan latar belakang yang polos

Nah itulah langkah-langkah melakukan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4. Kamu yang sebelumnya gagal daftar kartu pra kerja, bisa mengikuti petunjuk-petujuk yang telah kita sampaikan diatas. Selamat mencoba, semoga sukses! (Jujang/R8/HR Online)