Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 26 Mei

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 26 Mei
Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 dibuka 26 Mei. Foto:Ist/Net

Pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 secara resmi akan dibuka Selasa 26 Mei 2020 esok. Artinya, pendaftaran akan dibuka setelah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, Minggu (17/5/2020).

Kata dia, masyarakat yang ingin daftar kartu pra kerja bisa terus mengikuti update di media sosial intagram @prakerja.go.id atau bisa di cek di website resmi www.prakerja.go.id.

Lebih lanjut Denni mengatakan terdapat dua alasan kenapa pendaftaran kartu pra kerja tidak cepat-cepat dibuka pasaca selesainya pendaftaran kartu pra kerja gelombang 3. Alasan pertama yakni untuk memberikan kesempatan bagi nama-nama yang diusulkan kementerian dan lembaga untuk mendaftar.

Pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 sendiri lanjut Denni, memprioritaskan masyarakat Indonesia yang terkena PHK atau dirumahkan selama pandemi Covid-19 ini. Saat ini pihaknya sudah meminta Kementerian dan lembaga untuk mengusulkan nama-nama calon pendaftar yang diprioritaskan.

Nama-nama yang diprioritaskan untuk mendapat kartu pra kerja yakni mereka yang mengalami PHK, ataupun pekerja di sektor formal yang terdampak Covid-19 seperti industri dan pariwisata.

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Login di www.prakerja.go.id

Kamu yang ingin melakukan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 bisa dengan cara login atau masuk ke website resmi www.prakerja.go.id. Kamu juga bisa terus memantau informasi lebih lanjut tentang pendaftaran kartu pra kerja gelombang IV di akun instagram @prakerja.go.id.

Jika kamu masih kebingungan tentang cara pendaftaran kartu pra kerja, berikut kami uraikan langkah dan cara daftar kartu pra kerja dan apa saja syaratnya? Syarat bagi pendaftar kartu pra kerja yakni warga negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Adapun cara mendaftar kartu pra kerja, langkahnya sebagai berikut ini. Namun sebelum mendaftar, kamu mesti memiliki akun kartu pra kerja terlebih dahulu. Akun pra kerja bisa dibuat dengan menggunakan nomor ponsel atau pun email.

Berikut cara membuat akun pra kerja:

1. Pertama, kamu masuk website www.prakerja.go.id

2. Lalu, klik login

3. Setelah login, masukan data pribadi dengan benar, masukan pula email dan passwordnya

4. Kemudian klik daftar

5. Jika selesai, tunggu notifikasi yang akan masuk ke email

6. Setelah notifikasi masuk email, langkah selanjutnya ikuti verifikasi sesuai petunjuk. Jika proses verifikasi berhasil, kamu sudah mempunyai akun pra kerja, dengan begitu kamu bisa langsung ikut mendaftarkan diri dalam program pra kerja gelombang 4. Lalu bagaimana cara daftar online kartu pra kerja?

Cara Daftar

Cara sebagai berikut:

1. Pastikan kamu sudah punya akun pra kerja

2. Masuk laman www.prakerja.go.id

3. Kemudian klik login

4. Lalu isi kolom dengan email beserta passwordnya

5. Klik Login lagi

6. Kamu akan masuk ke halaman dashbord

7. Lakukan verifikasi KTP dan klik “Berikutnya”

8. Isi data dengan jelas dan ikuti petunjuk unggah foto KTP dan foto selfi/swafoto

9. Kemudian kamu tinggal verifikasi nomor telepon

10. Apabila tahapan verifikasi beres, kamu tinggal klik ‘Kirim”. Lalu selanjutnya yakni isi ‘Pernyataan Pendaftar’. Apabila sudah selesai melakukan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4, kamu ikuti tes kompetensi.

Ikuti tes kompetensi

Kamu yang sudah selesia melakukan pendaftaran kartu pra kerja harus mengikuti tes kompetensi terlebih dahulu. Tes dilakukan secara online. Ada 18 soal yang diujikan dan kamu mesti menjawab semua pertanyaan dalam waktu 25 menit.

Dalam mengisi soal tes, kamu diperbolehkan menggunakan alat bantu seperti buku atau kertas, pulpen atau pensil untuk corat coret.

Jika sudah selesai mengisi tes kompetensi, kamu tinggal menunggu hasil evaluasi yang akan dikirim admin pra kerja. Namun apabila hasil evaluasi tak kunjung kamu terima, kamu bisa klik refresh. Setelah itu akan muncul hasilnya, apakah kamu lolos program Pra kerja atau tidak.

Itulah langkah-langkah pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 yang bisa kamu ikuti. Bagi kamu masih kebingungan tentang cara daftar pra kerja, update terus info lebih lanjut di media sosial instagram @prakerja.go.id atau laman prakerja.go.id. (Jujang/R8/HR Online)