Penemuan Super Earth Mirip Bumi, Mungkinkah Layak Huni?

Penemuan Super Earth Mirip Bumi, Mungkinkah Layak Huni
Penemuan Super Earth mirip bumi, mungkinkah layak huni. Foto:Ist/Net

Penemuan Super Earth mirip Bumi kembali terjadi. Para astronom berhasil mendeteksi sekumpulan planet yang terletak pada bintang dekat Bumi.

Sekumpulan planet ini termasuk dengan dua planet yang mirip Bumi atau Super Earth. Penemuan Super Earth ini juga sempat ditemukan dalam beberapa waktu lalu.

Mereka dianggap sangat mirip dengan Bumi dan sangat berpotensi untuk dihuni. Bahkan kedua planet yang mirip Bumi ini dapat menjadi kandidat sempurna untuk dapat mencari kehidupan di masa depan.

Meskipun demikian, masih dilakukan beberapa penelitian yang akan dilakukan oleh para ilmuwan. Sebab penemuan kali ini sangat mengejutkan. Terlebih penemuan kali ini bukanlah yang pertama ditemukan.

Penemuan Super Earth Mirip Bumi

Sebuah studi baru yang telah dirilis pada beberapa waktu yang lalu, menemukan uap air pada atmosfer di luar tata surya yang mirip dengan yang ada di dalam Bumi.

Planet tersebut memberikan sebuah peluang yang sebelumnya belum pernah ditemukan untuk mendapatkan wawasan mengenai komposisi serta iklim planet yang layak berpenghuni.

Observasi juga telah dilakukan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble (HST) yang telah melakukan 8 kali transit mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2017. HST mampu menangkap cahaya bintang yang melewati atmosfer K2-18b.

Dalam penemuan Super Earth mirip Bumi, uap air yang dihasilkan di atmosfer pada planet tersebut teksturnya sangat menarik untuk diteliti. Selain uap air, suhu udara yang ada di sana juga terbilang cocok untuk dihuni.

Akan tetapi, planet ini belum tentu aman untuk dihuni manusia. Selain jaraknya yang cukup jauh, para peneliti juga menemukan paparan sinar radiasi yang sangat tinggi. Masih akan dilakukan beberapa penelitian lanjutan mengenai Super Earth ini.

Penjelasan Mengenai Super Earth Mirip Bumi

Penemuan Super Earth ini tentu merupakan sebuah penemuan yang sangat langka. Pertanyaan yang selalu muncul adalah apakah planet ini layak untuk dihuni?

Temuan planet baru ini hanya merupakan satu diantara banyaknya planet exoplanet dengan ukuran serta orbit yang mirip dengan Bumi.

Terkait penemuan Super Earth mirip Bumi ini, exoplanet sendiri merupakan sebuah istilah untuk planet yang letaknya di luar tata surya Bima Sakti.

Penemuan planet yang sama dengan Bumi ini tentu menimbulkan rasa ingin tahu serta melakukan pencarian planet yang terasa aman bagi manusia.

Dalam planet ini, disebutkan satu hari setara dengan 6117 hari dan mengelilingi bintang yang jauh lebih masih jika dibandingkan matahari.

Para ilmuwan juga mengungkapkan planet ini merupakan planet langka yang memiliki masa antara Bumi dan Neptunus. Keberadaan planet ini nyaris di tengah galaksi Bima Sakti, kira-kira 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi.

Penggunaan Teknik Microlensing Gravitational

Dalam penemuan Super Earth mirip Bumi, para peneliti menggunakan teknik microlensing gravitational yang canggih.

Maksudnya adalah gravitasi gabungan dari planet dan juga bintang inangnya mampu menyebabkan sebuah cahaya pada latar belakang yang sangat jauh dan diperbesar dengan metode tertentu.

Teleskop yang digunakan untuk melakukan penelitian tersebut telah didistribusikan di seluruh dunia untuk dapat mengukur efek dari cahaya yang dihasilkan.

Bagaimana Ciri-Cirinya?

Istilah Super Earth merupakan julukan bagi planet yang ada di luar angkasa. Lalu bagaimana ciri-ciri dari planet tersebut?

Secara detail, penemuan Super Earth mirip Bumi  ini ada di sekitar bintang Proxima dan lebih dekat dengan bintang Centauri. Massa yang dimiliki juga lebih besar daripada Bumi.

Maka dari itu, sangat tidak heran jika ukuran planet ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Bumi kita. Penelitian yang dilakukan terhadap planet ini juga tak dijalankan dengan mata telanjang saja. Alat yang digunakan berupa teleskop untuk dapat membantu melihat keberadaannya.

Terdapat Banyak Potensi Kehidupan

Terdapat banyak harapan hidup dalam Super Earth mirip Bumi tersebut. Akan tetapi, tetap tidak ada jaminan bahwa planet yang serupa dengan Bumi ini layak untuk dihuni.

NASA sendiri telah berhasil mengumpulkan beberapa planet yang mirip Bumi dalam beberapa waktu terakhir yang berpotensi untuk kehidupan manusia.

Penemuan Super Earth mirip Bumi ini bukanlah penemuan yang pertama kalinya. Beberapa planet mirip Bumi juga telah ditemukan beberapa waktu lalu di Proxima B. Para ilmuwan akan terus melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keakuratan dari planet tersebut.(R10/HR Online)

Loading...