Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis yang Penting untuk Diperhatikan

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis yang Penting untuk Diperhatikan
Penyebab baterai laptop cepat habis yang penting untuk diperhatikan. Foto:Ist/Net

Penyebab baterai laptop cepat habis banyak dicari oleh pengguna laptop. Seperti yang kita ketahui, laptop merupakan sebuah alat elektronik yang digunakan oleh sebagian besar orang, baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran.

Tentu saja fungsi dari alat ini adalah mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Seringnya digunakan, tidak menutup kemungkinan laptop mengalami kerusakan, termasuk baterai yang cepat habis ini.

Permasalahan semacam ini mungkin bagi sebagian orang tidak memberikan dampak yang besar bagi pekerjaannya. Namun berbeda dengan orang yang kesehariannya selalu berdampingan dengan laptop.

Baterai laptop yang cepat habis ini justru akan merepotkan. Pasalnya, pengguna harus sering-sering mencharger laptopnya agar tidak mati.

Apa Saja Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis?

Dengan keadaan laptop yang memiliki baterai sudah tidak bagus lagi, tentu saja anda tidak akan bisa menggunakan laptop tersebut di berbagai tempat.

Maksudnya, bila anda memiliki laptop dengan kerusakan semacam ini, maka tidak bisa jauh-jauh dari colokan listrik. Laptop pun juga tidak bisa digunakan sewaktu-waktu.

Pada dasarnya, permasalahan seperti baterai laptop yang cepat habis ini tidak datang sendiri begitu saja. Pastilah ada faktor dan penyebabnya.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab baterai laptop cepat habis, sehingga penyebab ini dapat dihindari sedini mungkin. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan baterai laptop cepat habis.

Menggunakan Laptop pada Saat Baterai Dicharger

Satu di antara penyebab baterai yang cepat habis adalah menggunakannya ketika masih dicharger. Seperti halnya dengan barang elektronik lainnya, baik itu kamera, smartphone, dan barang-barang elektronik lainnya yang menggunakan sistem charger untuk pengisian daya baterainya.

Sesuai dengan prosedur yang sudah diterapkan, sebenarnya ketika barang elektronik sedang digunakan atau dalam kondisi dihidupkan, kita tidak boleh melakukan pengisian daya baterai.

Begitu pula dengan laptop ini. Bila hal tersebut dilakukan secara terus menerus, perlahan-perlahan dapat merusak komponen-komponen yang ada di dalam baterai.

Pengoperasian yang Terlalu Lama

Penyebab baterai laptop cepat habis lainnya adalah pengoperasian yang terlalu lama. Laptop yang digunakan dalam waktu yang lama akan menimbulkan panas.

Apalagi jika penggunaan yang kurang bijak, seperti menghidupkan laptop selama berjam-jam hingga baterai habis, akan membuat kerusakan pada komponen baterai.

Pada saat penggunaan laptop yang terlalu lama, menyebabkan sistem di dalamnya menjadi panas atau yang juga dikenal dengan istilah overheat.

Sehingga, memberikan dampak buruk pada komponen lainnya, begitu pula dengan baterai. Jika sudah demikian, maka tak heran bila baterai laptop akan cepat habis.

Menggunakan Laptop untuk Menyelesaikan Pekerjaan Berat

Beralih ke penyebab baterai laptop cepat habis lainnya, yaitu laptop yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan berat.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Tentu saja hal ini akan berdampak pada kemampuan yang dihasilkan oleh laptop tersebut.

Apabila laptop memiliki spesifikasi yang sangat baik, pastinya dalam menyelesaikan pekerjaan dengan jauh lebih cepat dan lancar, meskipun digunakan untuk pekerjaan berat sekalipun.

Begitu pula sebaliknya, laptop dengan spesifikasi yang rendah bila dipaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berat justru akan menyebabkan kerusakan.

Kerusakan ini terjadi pada komponen-komponennya. Laptop bekerja dengan sangat keras, hasilnya laptop akan mudah panas dan memberikan dampak buruk terhadap baterainya. Penyebab baterai laptop cepat habis ini seringkali diabaikan.

Agar baterai tidak semakin bermasalah, anda memang harus memperhatikan cara penggunaannya. Pastikan anda tak memaksakan kinerja laptop dalam menjalankan perintah yang anda inginkan.

Dalam menggunakan laptop, anda harus menyesuaikan pekerjaan dengan performa atau spesifikasi yang dibawa laptop. Sebagaimana yang diulas tadi, ada laptop berspesifikasi tinggi dan ada pula yang berspesifikasi rendah.

Disamping itu, anda juga harus memperhatikan lama penggunaan. Jika sudah terlalu lama, dimana ditandai dengan kondisi laptop yang mulai memanas, maka anda harus menghentikan pengoperasiannya terlebih dahulu.

Itulah beberapa penyebab baterai laptop cepat habis yang penting untuk kita pahami. Bila saat ini kita masih bersikap demikian, jika tidak ingin baterai laptop anda bermasalah, maka segera untuk dihindari. (R10/HR Online)

Loading...