Penyebab Keyboard Laptop Macet dan Beberapa Solusinya

Penyebab keyboard laptop macet adalah masalah yang pasti membuat kesal. Foto: Net/Ist.
Penyebab keyboard laptop macet adalah masalah yang pasti membuat kesal. Foto: Net/Ist.

Penyebab keyboard laptop macet adalah masalah yang pasti membuat kesal. Apalagi keyboard mendadak rusak dan tidak bisa dipakai.

Kejadian seperti itu semakin membuat jengkel, apalagi anda sendiri merasa tidak sedang melakukan apa-apa terhadap keyboard laptop anda.

Inilah Penyebab Keyboard Laptop Macet

Keyboard yang rusak atau mendadak macet dapat menyerang laptop dengan merk apapun, dari yang murah hingga laptop dengan harga yang mahal sekalipun.

Walaupun demikian, dengan kejadian seperti ini, pasti anda akan merasa terganggu. Apalagi ketika itu anda diharuskan menyelesaikan pekerjaan. Hal ini juga tentu akan menyerang suasana hati anda karena hal yang tidak diinginkan sudah menimpa.

Namun, ada solusi untuk menyelesaikan penyebab keyboard laptop macet tersebut. Keyboard yang macet bukan menjadi masalah yang susah diselesaikan untuk laptop anda.

Keyboard adalah bagian luar dari laptop anda. Jika keyboard anda macet, maka anda pasti tidak bisa melanjutkan mengetik dan terhambat saat ingin menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, menjaga keyboard agar tetap bersih adalah hal yang wajib anda lakukan.

Sehingga, dengan anda menjaga kebersihan keyboard, maka anda sudah ikut menjaga perangkat atau komponen lain supaya berfungsi dengan semestinya.

Beberapa Solusi untuk Mengatasinya

Apabila keyboard anda memang sudah macet, anda dapat menyelesaikan dengan beberapa cara. Hal ini juga dapat anda pakai guna berjaga-jaga walaupun keyboard pada laptop anda tidak macet sekalipun.

Berikut adalah penyebab yang bisa saja mempengaruhi keyboard anda menjadi macet dan rusak.

Menekan Tombol Keyboard dengan Acak

Seringkali kita dengan acak menekan keyboard, baik disengaja ataupun sadar, hal dapat terjadi adalah keyboard menjadi eror. Misalnya, huruf ataupun angka yang diketik tidak sesuai dengan apa yang muncul di layar laptop.

Ini merupakan hal yang sudah biasa atau umum terjadi pada masalah keyboard yang tiba-tiba macet. Penyebab keyboard laptop macet ini juga tidak ada kaitannya dengan merk laptop apapun.

Menekan Kombinasi Shortcut dengan Sembarangan

Dengan memilih tombol shortcut, memang dapat mempermudah anda saat melakukan pekerjaan. Akan tetapi, anda wajib berhati-hati saat mengkombinasikan tombol CTRL, ATL, FX, dan juga Shift.

Masalahnya, terdapat beberapa shortcut yang dapat menjadi penyebab keyboard rusak. Terdapat pula keyboard yang memiliki desain yang menggantikan posisi keyboard yang sebelumnya. Aturan-aturan tersebut dapat ditemukan pada laptop dengan merk tertentu.

Berdebu dan Kotor

Penyebab keyboard macet adalah karena keyboard anda sudah kotor dan juga berdebu. Umumnya, debu akan menghinggapi keyboard laptop yang tidak ditutup saat sudah selesai dipakai.

Hal ini dapat mengakibatkan keyboard anda macet. Karena penyebab keyboard laptop macet ini, maka keyboard tidak bisa menampilkan apapun ketika anda menekannya.

Konektor Longgar

Kemungkinan sebagai penyebab keyboard anda macet adalah konektor pada keyboard yang sudah longgar. Dapat dikarenakan jika anda bisa saja dengan tidak sengaja menggeser konektor ketika berada di dalam tas.

Karena konektor tersebut berada di bagian luar dari laptop, maka anda harus membongkarnya agar dapat dibersihkan.

Terjadi Kerusakan pada Driver

Kerusakan yang ada pada driver keyboard dapat terjadi karena sudah tidak singkron dengan keyboard. Hal ini terjadi karena saat anda merubah pengaturan tertentu, bisa saja ada imbasnya dengan keyboard anda.

Apabila ingin mengatasi dari penyebab keyboard laptop macet tersebut, anda cukup mengupdate driver pada keyboard lewat Device Manager.

Terjadi Kesalahan Saat Melakukan Pengaturan

Penyebab yang selanjutnya adalah hampir sama dengan yang terjadi pada driver. Namun, ini bisa saja mempengaruhi komponen sistem yang ada di laptop.

Jika ini terjadi, maka laptop anda menjadi berubah kinerjanya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat melakukan Restore Windows.

Tujuan melakukan ini adalah mengembalikan pengaturan yang digunakan di waktu tertentu. Sehingga, anda dapat mengembalikannya ke pengaturan Windows, terutama pada keyboard.

Kerusakan yang Tidak Diketahui Penyebabnya

Jika penyebab keyboard laptop macet tak diketahui, maka anda dapat mencoba mematikan laptop anda dahulu.

Setelah melakukan shutdown, lepaskan baterai serta kabel adapter pada laptop. Lalu diamkan selama satu menit.

Kemudian setelah itu, anda dapat menekan tombol power sekitar 60 detik. Lalu anda dapat memasukkan kembali baterai dan hidupkan kembali.

Apabila penyebab keyboard macet atau rusak seperti uraian di atas, pasti anda dapat mengatasinya dengan cepat.

Namun, jika penyebab keyboard laptop macet merambah pada komponen yang lain, maka sebaiknya anda membawanya ke jasa servis. Atau jika tidak, anda dapat membeli laptop baru dikarenakan biaya servis tergolong relatif mahal. (R10/HR-Online)