Peristiwa Besar Islam di Bulan Ramadhan, Patut Untuk Diketahui

Peristiwa Besar Islam di Bulan Ramadhan, Patut Untuk Diketahui
Peristiwa besar islam di bulan ramadhan, patut untuk diketahui. Foto:Ist/Net

Peristiwa besar Islam di bulan Ramadhan banyak diperingati dan dinantikan kehadirannya. Bukan saja untuk memperingati bulan yang penuh berkah, namun bulan ini merupakan bulan dengan penuh ampunan.

Banyak sekali catatan sejarah yang luar biasa serta sangat penting terjadi di bulan suci Ramadhan. Bahkan ada peristiwa yang membuat gempar pada 17 Ramadhan.

Dimana dapat memutus rantai kekhalifahan keempat yang diawali dari Abu Bakar Ashidiq dengan wafatnya Ali Bin Abi Tahlib sebagai khalifah.

Peristiwa Besar Islam di Bulan Ramadhan, Apa Saja?

Bukan hanya untuk berpuasa dan meningkatkan amal kesalehan saja, namun di bulan yang berkah ini banyak sekali hal penting yang terjadi. Selain kepergian Ali Bin Abi Tahlib, masih ada sederet peristiwa yang harus anda tahu.

Nuzulul Qur’an

Peristiwa pertama yang sangat mengagumkan adalah turunnya Al-Qur’an untuk pertama kalinya dalam surat al-Baqarah ayat 185. Peristiwa ini juga dikenal dengan Syahrul Qur’an.

Namun beberapa ulama miliki pendapat yang berbeda dengan 5 ayat turun pertama kali di Gua Hira pada 17 Ramadhan. Hal ini juga menandakan kenabian dari Nabi Muhammad SAW yang menjadi utusan Allah SWT.

Lailatul Qadar

Peristiwa ini untuk memperingati malam dimana Al-Qur’an diturunkan seluruhnya dari Baitul Izzah, ini adalah tempat semacam ilahiyat.

Baru setelah itu, dibawa malaikat Jibril dengan berangsur-angsur ke Bumi kepada Rasulullah SAW. Dimana peristiwa besar Islam di bulan Ramadhan ini penuh dengan keberkahan yang tidak boleh diragukan lagi. Hal ini Allah SWT katakan dalam surat ad-Dukhan ayat 3.

TCL

Perang Badar

Perang Badar merupakan konfrontasi pertama yang dilakukan umat Islam untuk melawan kaum Quraisy, yang sebelumnya umat Islam selalu tertindas dengan perlakuan yang amat buruk.

Pada pertempuran pertama ini, umat Islam menang atas kaum Quraisy. Walau terlihat sangat mustahil, namun dengan tetap berserah akhirnya Islam berhasil melawan.

Awalnya, pasukan yang dimiliki umat muslim hanya sekitar 300an orang, sedangkan kaum Quraisy dengan pasukannya setidaknya ada 1000an lebih. Dengan kedisiplinan yang tinggi, perang yang berlangsung selama dua jam bisa dimenangkan umat muslim.

Berhala Dihancurkan

Simbol dari kebesaran kaum Quraisy adalah patung berhala yang mereka sembah. Dimana dengan menjadikan patung ini sesembahan mereka dan sangat dikeramatkan.

Ketika Rasul berhasil menduduki Makkah sebagai Jazirah Arab, dengan cepat Beliau meminta sahabat untuk menghancurkan dengan meruntuhkan semua berhala yang ada tanpa tersisa satupun. Peristiwa besar Islam di bulan Ramadhan ini penting untuk diketahui.

Dipimpin oleh Khalid Bin Walid, Amr Bin Ash dan satu orang sahabat lagi untuk menghancurkan seluruh berhala yang ada saat itu. Dengan hancurnya semua patung ini, menandakan kejayaan islam.

Perang Tabuk

Ketika Rasulullah mendengar di daerah Tabuk, ada pasukan Bizantium yang sedang mengumpulkan pasukan dengan kekuatan yang amat besar untuk menaklukkan hijaz.

Saat itu, Rasulullah sangat khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kemudian dengan sigap Rasulullah mengumpulkan pasukan sekitar 70 ribu orang untuk berangkat ke Tabuk agar memerangi pasukan Bizantium.

Jumlah ini menjadi pasukan muslim terbanyak yang pernah tercatat oleh sejarah. Hal ini karena Bizantium merupakan kerajaan yang besar dan memiliki kekuatan yang besar dengan pasukan yang banyak.

Ketika pasukan Rasulullah sampai di Tabuk, Beliau tidak melihat satu orang pun dari Bizantium disana. Terdengar jika pasukan Bizantium ketakutan dengan jumlah pasukan muslim. Nah, peristiwa besar Islam di bulan Ramadhan yang sangat terkenal ini adalah Perang Tabuk.

Islam Sampai Yaman

Letak Yaman berada di semenanjung tanah Arab. Rasulullah mengutus Ali Bin Abi Thalib dengan Beliau membawa surat untuk disampaikan pada penduduk Yaman, terutama suku Hamdan.

Setelah menerima surat tersebut, maka semua penduduk memeluk agama Islam dengan damai. Hal ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-10 Hijriah dan merupakan peristiwa yang sangat bersejarah.

Bebasnya Mekkah

Peristiwa besar Islam selanjutnya adalah Fathu Mekkah atau pembebasan Kota Mekkah. peristiwa ini sangat penting untuk umat muslim. Terbebasnya Mekkah menandakan Islam mampu menguasai Mekkah yang merupakan cita-cita umat muslim sejak dulu.

Ini bisa terwujud setelah mengalami banyak peristiwa. Walaupun namanya penaklukan, namun tidak ada setetes darah pun yang dikeluarkan. Peristiwa besar ini terjadi pada tahun 8 Hijriah saat bulan Ramadhan.

Tentu hal ini sangat membuat umat muslim bahagia karena bisa mewujudkan cita-cita besar pada peristiwa besar Islam di bulan Ramadhan. (R10/HR Online)

Loading...