Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BanjarPandemi Covid-19, Permintaan Tanaman Obat di Banjar Terus Meningkat

Pandemi Covid-19, Permintaan Tanaman Obat di Banjar Terus Meningkat

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Permintaan masyarakat terhadap tanaman obat keluarga (Toga), meningkat tajam saat pandemi Covid-19 ini. 

Hal tersebut diakui salah satu penjual bibit tanaman obat asal Dusun Jelat RT02/RW01, Kelurahan Pataruman, Kota Banjar, Eti Rusmiati (60).

Eti yang menekuni pembibitan dan pencangkokan berbagai tanaman sejak lama itu, mengaku tanaman obat pada masa pendemi corona sangat dicari oleh pembeli.

“Allhamdulillah wabah Corona membuat tanaman obat begitu laku, yang banyak dicari adalah jahe merah, binahong merah, pohon bidara dan kunyit. Ini merupakan jenis tanaman yang sangat ampuh dalam meningkatkan imun dan stamina badan pada masa pandemik seperti sekarang,“ ujarnya, kepada HR Online Senin (4/5/2020).

Selain jahe, binahong dan kunyit, daun karuk (obat batuk tradisional), ternyata memiliki permintaan yang cukup tajam dari para pembeli.

“Memang selain tanaman yang tadi disebutkan, daun karuk juga cukup laris dan dicari saat ini,” tambah Eti.

Bibit Tanaman Jahe Merah Rp 15.000/Polibag

Eti mengaku hanya menjual bibit tanamannya saja. Namun dalam kurun waktu kurang lebih sebulan, buahnya sudah bisa dipetik.

“Saya hanya menjual bibitnya saja, contohnya untuk bibit jahe merah, perpolibagnya terdiri dari 4 batang jahe merah di jual seharga Rp 15.000, dengan masa tanam sekitar sebulan sudah bisa dinikmati jahe merahnya,” katanya.

Kata dia, para pembeli jahe merah mengaku sengaja membeli bibit tanaman jahe untuk ditanam di halaman rumahnya. Mereka mengatakan, jahe merah sangat bagus untuk stamina badan dan menghangatkan badan dan di masa pandemic ini.

“Jahe merah ini sangat dicari terutama oleh para pembuat jamu dan obat tradisional, bahkan dari  Bataliyon 323 juga ada yang sengaja membeli bibitnya dari sini,“ terangnya.

Lebih lanjut Eti mengatakan, jika dirata-ratakan, dalam sebulan, keuntungan dari menjual bibit tanaman obat ini sangat menjanjikan.

“|Ya kalau dirata-rata dalam sebulan cukuplah untuk menutupi kebutuhan keluarga,” ucapnya.

Bahkan, kemarin ada yang membeli dan memesan bibit jahe merah lebih dari 15 pollybag, dan sekarang dirinya mengaku cukup kewalahan dengan banyaknya permintaan tersebut.

“Bagi yang membutuhkan jenis tanaman obat, tanaman hias ataupun buah-buahan silahkan saja datang ke tempat pembibitannya di TPS 3 Cibodas, Dusun Jelat Kelurahan Pataruman,“ pungkasnya. (HND/R8/HR Online)