Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita CiamisAgar Tak Timbul Keresahan Berlebih, Relawan Covid-19 Pamalayan Ciamis Gelar Sosialisasi Corona

Agar Tak Timbul Keresahan Berlebih, Relawan Covid-19 Pamalayan Ciamis Gelar Sosialisasi Corona

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sekitar 20 orang warga Dusun Pamalayan Kulon, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan sosialisasi Covid-19 yang dilaksanakan relawan Covid-19 RW 05 Dusun Pamalayan Kulon bersama Karang Taruna Cipta Karya, Kamis (14/5/2020).

Ketua Relawan Covid-19 RW 05 Dusun Pamalayan Kulon, Heryanto mengatakan, kegiatan sosialisasi Covid-19 ini dilaksanakan berdasarkan keinginan masyarakat setempat.

“Masyarakat masih banyak yang tidak tahu istilah-istilah Covid-19, penanganan dan pencegahannya bagaimana, sehingga mereka meminta diadakan sosialisasi,” ujarnya.

Selama ini kata dia, warga Pamalayan Kulon banyak yang mengaku resah dengan berbagai informasi mengenai Covid-19.  Sehingga untuk menghilangkan keresahan tersebut, warga perlu diberikan pemahaman yang benar.

“Dengan sosialisasi ini, kita harap masyarakat agar jangan resah atau panik berlebih terhadap Covid-19, namun tetap harus selalu waspada,” jelasnya.

Dia menyebut, warga yang mengikuti sosialisasi Covid-19 ini berasal dari dua RT yakni RT 22 dan 23. Untuk pemateri kegiatan sendiri masih berasal dari warga setempat. Pemateri kebetulan seorang tenaga medis yang bekerja di RSUD Ciamis.

“Sosialisasi ini terselenggara dari warga untuk warga, alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

Diselenggarakan dalam masa PSBB, kegiatan sosialisasi Covid-19 di Dusun Pamalayan Kulon tersebut dilaksanakan dengan mengikuti protokoler pencegahan Covid-19.

“Setiap warga yang akan menjadi peserta sosialisasi, di tes suhu tubuhnya, diberikan masker serta saat mengikuti kegiatan jarak duduk dibatasi,” ungkap Heryanto.

Pemdes Pamalayan Apresiasi Sosialisasi Covid-19

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pamalayan Nunung Nursyamsi menuturkan, respon masyarakat terhadap kegiatan sosialisasi Covid-19 sangat baik. Pihaknya pun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi relawan Covid-19 RW 05 Pamalayan Kolot bersama Karang Taruna setempat.

“Kita berharap untuk selanjutnya, peserta yang ikut sosialisasi ini bisa menyampaikan pengetahuan yang didapat kepada warga yang lainnya,” katanya.

Lanjutnya, pihak pemerintah Desa Pamalayan sudah melaksanakan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dari mulai penyemprotan disinfektan, mendirikan dapur umum dan sosialisasi ke tiap Dusun.

Sementara itu, pemateri kegiatan dari RSUD Ciamis Andri mengatakan, keresahan terhadap Covid-19 di masyarakat muncul akibat ketidaktahuan.

“Kenapa masyarakat resah, karena informasi yang didapat hanya sepintas, sehingga malah memunculkan keresahan,” katanya.

Makanya pemahaman masyarakat terhadap Covid-19 ini sangat penting. Masyarakat kata dia sebenarnya tidak perlu panik atau khawatir berlebih terhadap Covid-19, tapi harus waspada dengan menerapkan protokoler pencegahan Covid-19, seperti rajin cuci tangan pakai sabun, pakai masker jika terpaksa keluar rumah, jaga jarak, dan kurangi bersentuhan dengan yang lain.

“Tidak usah panik kalau sakit demam, batuk, atau flu karena dari dulu  juga sudah ada. Yang harus diwaspadai jika gejala itu terjadi saat kita ada perjalanan dari luar kota, apalagi zona merah. Namun jika kita jarang kemana-mana, dan tidak ada kontak dengan warga yang pulang dari luar kota, tidak usah panik,” jelasnya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -