Rumah Tempat Nabi Muhammad Dilahirkan Memiliki Banyak Keistimewaan

Rumah Tempat Nabi Muhammad Dilahirkan
Rumah Tempat Nabi Muhammad Dilahirkan. Foto: Istimewa

Rumah tempat nabi Muhammad dilahirkan kini telah dialihfungsikan menjadi sebuah perpustakaan. Dulu tempat ini merupakan tempat Nabi Muhammad dilahirkan dan sampai sekarang masih tegak berdiri.

Rumah di mana Nabi dilahirkan pada tanggal 12 Rabiul Awwal pada tahun Gajah atau 571 Masehi. Rumah tersebut berada di kawasan Masjidil Haram, Makkah.

Begitu banyak keistimewaan yang dapat dilihat dari tempat nabi dilahirkan. Bahkan sampai membuat pemerintah setempat menjadi gelisah jika tempat itu berubah menjadi tempat syirik.

Rumah Tempat Nabi Muhammad Dilahirkan Mengalami Pemugaran

Dahulu sebelum di alih fungsi, bangunan ini digunakan untuk mengadakan acara peringatan hari lahir Nabi oleh para pejabat pemerintahan Makkah. Acara untuk memperingati hari lahir ini dimulai dari kunjungan sampai dengan ziarah.

Di Sekitar tempat itu juga dibangun sebuah masjid untuk masyarakat Makkah. Namun saat pemerintahan Malik Al-Muzhaffar tahun 666 Masehi, baru dibangun gedung-gedung besar dan megah.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Hadist Tentang Pelihara Kucing, Hewan Kesayangan Rasulullah SAW

Semakin berkembangnya zaman membuat masyarakat luas sulit untuk menikmati tempat kelahiran nabi Muhammad dalam bentuk bangunan asli.

Banguan rumah tempat nabi Muhammad dilahirkan dengan berukuraan 10×18 meter. terlihat ada tulisan yang terbentang yang berisi mengenai perpustakaan yang telah berdiri dari tahun 1370 H.

Alasan di Balik Pemugaran

Tujuan utama dari pemugaran tempat kelahiran nabi untuk melindungi akidah dan keyakinan seluruh umat dari sikap syirik terhadap ALLAH SWT.

Pemerintah berharap bahwa umat islam yang ada di sekitar area untuk tidak mengeramatkan situs serta peninggalan sejarah yang telah dibangun pada masa Rasulullah.

Namun untuk umat yang sedang melaksanakan ibadah Haji dan Umroh sampai sekarang masih bisa melihat tempat dimana NAbi dilahirkan.

Rumah yang terlihat sangat kontras dengan Masjidil Haram yang masih berupa sebuah bangunan tua yang kokoh. Inilah rumah tempat Nabi Muhammad dilahirkan.

Ahli Fungsi Rumah Nabi

Seperti yang telah disampaikan di awal tadi, jika rumah kelahiran Nabi telah dialih fungsi oleh Pemerintah setempat.

Peninggalan rumah kelahiran nabi Muhammadkini telah dijadikan sebagai perpustakaan umum yang diberi nama Maktabah Makkah Mukarramah.

Walaupun digunakan untuk perpustakaan namun tidak semua orang bisa keluar masuk dengan mudah. Hanya orang-orang tertentu yang diberi izin oleh petugas dan penjaga saja.

Larangan yang harus anda patuhi saat berkunjung ke rumah tempat nabi Muhammad dilahirkan. Dimana masyarakat yang datang dilarang untuk melakukan sholat dan berdoa di tempat itu.

Hal ini untuk menghindari sholat yang menghadap rumah tersebut dan tetap melakukan sholat dengan menghadap kiblat.

Bahkan di perpustakaan ini telah diberi tulisan untuk menghimbau masyarakat yang datang untuk tidak melakukan ibadah apapun disana.

Sampai-sampai pemerintah menulis dengan 6 bahasa yaitu, Indonesia, Turki, Urdu, India, Arab dengan tujuan tidak dalil yang menjelaskan untuk beribadah di sana.

Baca juga: Jurus Sehat Rasulullah dr Zaidul Akbar yang Lagi Viral, Begini Penjelasannya

Rumah di mana Nabi dilahirkan ini terletak di Kampung Suuq Lail, Arab Saudi yang berada di kawasan Masjidil Haram.

Membuat tempat ini dekat dengan Makkah sehingga rumah tempat nabi Muhammad dilahirkan ini berhadapan langsung dengan Kabah.

Hanya sekitaran 150 meteran saja jaraknya dari rumah nabi dengan Ka’bah. Jika anda bisa melihatnya tentu akan merasakan ketenangan karena tidak menyangka jika jarak rumah yang begitu dekat dengan Ka’bah.

Berhadapan dengan Zam-Zam Tower

Bukan hanya dekat dengan Masjidil Haram saja rumah kelahiran Nabi ini. Namun letaknya juga sangat dekat dengan sumber mata air Zam-Zam.

Air ini merupakan air yang tidak pernah habis dimanfaatkan selama ini. Semakin digunakan maka akan semakin banyak airnya.

Berhadapan langsung dengan Zam-Zam Tower rumah kelahiran Nabi. Di sebelah pinggir rumah nabi ada ZamZam Sabeel, dimana masyarakat diperbolehkan untuk mengambil air zam-zam nya.

Keberadaan sumber air Zam-Zam ini dipercaya jika sudah ada sejak 4000 tahun lalu. Sejak dulu telah digunakan masyarakat untuk sumber kehidupan sejak berabad abad lalu.

Berhadapan Safa Marwa

Tak hanya berhenti di sini saja, kekaguman peninggalan rumah kelahiran Nabi. satu lagi hal yang akan membuat anda semakin takjub, rumah kelahiran Nabi juga menghadap ke Safa Marwa.

Bagi anda umat muslim tentu tau dan kenal tentang tempat yang berada di Makkah ini. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak keistimewaan dari rumah tempat nabi Muhammad dilahirkan dulu. (R10/HR-Online)