Rumah Tingkat Minimalis Ukuran Kecil Nyaman dan Kekinian

Rumah Tingkat Minimalis Ukuran Kecil
Ilustrasi rumah tingkat minimalis ukuran kecil. Foto : net/ist

Mempunyai rumah tingkat minimalis ukuran kecil bukan berarti anda tidak bisa memperoleh dekorasi yang cantik.

Anda harus berpikir secara kreatif dan inovatif agar bisa memperoleh dekorasi rumah impian walaupun lahan yang terbatas. Sekarang ini mendiami sebuah rumah minimalis menjadi sedang menjadi pilihan banyak orang.

Sebab selain murah, memiliki rumah dengan luas lahan sempit bisa membuat penghuninya lebih imajinatif di dalam menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan melalui berbagai macam desain.

Menata Rumah Tingkat Minimalis Ukuran Kecil yang Nyaman

Semakin tingginya minat masyarakat yang menginginkan rumah minimalis, membuat banyak pihak menghadirkan perumahan dengan model ini. Mulai dari yang paling murah sampai dengan yang paling mahal sekalipun.

Pasar konsumen mereka yaitu pasangan muda atau keluarga baru. Rumah bentuk minimalis dengan model tingkat identik dengan rumah yang luas tanah dan bangunannya juga minimalis.

Sebagaimana yang kita tahu, tipe rumah sangatlah beragam dengan kelebihan dan karakteristik tersendiri, tak terkecuali dengan rumah tingkat minimalis ini.

Karakter serta ciri khas tersendiri di dalam rumah tingkat minimalis ukuran kecil ini membuat anda bisa leluasa dalam menentukan desain bangunan dan juga penataan ruangan.

Berikut ini adalah ide dalam membangun rumah tingkat dengan gaya minimalis dan berukuran kecil yang bisa jadi referensi anda.

Rumah dengan Atap Datar

Saat ingin membangun rumah tingkat minimalis yang nyaman, maka anda bisa menciptakan konsep rumah yang berbeda dari kebanyakan rumah tingkat lainnya.

Konsep rumah yang satu ini tidak memakai atap berbentuk segitiga seperti kebanyakan, tetapi anda bisa menggunakan atap datar dengan sudut yang tajam.

Sekilas, hunian anda bisa terlihat lebih modern dan juga minimalis. Anda bisa memilih jendela kaca panjang agar bisa memaksimalkan sinar matahari masuk ke dalam rumah tingkat minimalis ukuran kecil.

Sehingga hunian tidak terasa suram. Paduan warna yang bisa dipilih yakni semua elemen yang sesuai dan senada seperti warna putih, abu-abu, dan juga coklat.

Rumah Tingkat Minimalis dengan Konsep Permainan Level

Salah satu inspirasi dalam mendesain rumah tingkat minimalis yang bisa anda gunakan adalah dengan model permainan level.

Memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah saat anda membuat rumah tingkat saat anda memiliki lahan yang terbatas. Khususnya membuat massa bangunan tetap dinamis walaupun tampilan rumah tersebut unik dan tidak biasa.

Anda dapat mencoba melakukan permainan level pada rumah tingkat minimalis ukuran kecil anda. Seperti menciptakan lantai mezzanine atau memberikan kontur pada hunian sehingga akan lebih menarik.

Permainan level bisa memungkinkan anda mempunyai ruangan yang memiliki langit-langit tinggi. Dengan demikian, rumah akan memiliki kesan mewah walaupun sederhana. Sirkulasi udara ruangan juga lebih baik dan lebih nyaman ditempati.

Roof Garden di Rumah Tingkat Minimalis

Rumah tingkat yang anda bangun memiliki ukuran yang kecil, tetapi anda tidak akan mati gaya. Hunian modern minimalis saat ini sudah banyak menerapkan konsep atap datar agar bisa menampilkan kesan sederhana.

Tetapi terkadang datar bisa membuat ruangan yang ada di bawahnya menjadi terasa lebih panas. Khususnya bila atap memakai material beton.

Untuk menyiasati hal, ini maka anda dapat menciptakan roof garden pada bagian atap datar rumah tingkat minimalis ukuran kecil anda.

Dengan adanya roof garden ini, bukan hanya bisa membuat atap lebih teduh, tetapi juga bisa menjadikan ruang aktivitas baru untuk keluarga kecil anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba ide yang satu ini.

Permainan Warna Cerah

Bila anda ingin menciptakan nuansa yang ceria pada rumah, anda dapat mencoba menerapkan permainan warna pada bagian dinding luar rumah anda. Tak bisa dipungkiri bahwa permainan warna selalu berhasil dalam menciptakan kesan beda dan nyaman tentunya.

Dengan memilih warna yang tepat, tampilan luar rumah tingkat minimalis yang anda miliki dapat terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Supaya lebih aman, anda bisa memakai warna yang mempunyai tone berdekatan atau serupa dalam mendesain rumah tingkat minimalis ukuran kecil. Hindari warna kontras, kecuali anda yakin dengan penataan komposisi warna tersebut. (R10/HR-Online)

Loading...