Sejarah Awal Mula Puasa Daud dari Sebuah Pertobatan

Sejarah Awal Mula Puasa Daud
Ilustrasi Sejarah Awal Mula Puasa Daud. Foto: Istimewa

Sejarah awal mula puasa Daud penting untuk diketahui. Puasa Daud disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk meneladani kesalehan dari Nabi Daud dalam menjalankan ibadahnya.

Mengenai puasa Nabi Daud ini, Rasulullah telah menyampaikan pada sahabat-sahabatnya. Sebuah riwayat menjelaskan bahwa Rasulullah mendengar kabar jika Nabi Daud selalu menjaga ibadahnya saat malam dan puasa di siang hari.

Sejarah Awal Mula Puasa Daud yang Disunahkan

Puasa Nabi Daud diumpamakan dengan menjalani puasa sepanjang tahun. Namun pada praktiknya, Nabi Daud menjalani puasa dengan sehari puasa dan sehari selanjutnya berbuka dengan kualitas yang tinggi.

Hal ini dilakukan Nabi Daud untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Walaupun termasuk Nabiyullah yang memiliki sifat maksum dimana mempunyai arti manusia yang terjaga dari dosa dan kesalahan, bapak dari Nabi Sulaiman ini tetap memberikan contoh keteladanan yang sangat baik dalam bertobat.

Namun apakah Beliau melakukan kesalahan padahal merupakan maksum sampai Allah memberinya peringatan? Simaklah ulasan sejarah awal mula puasa Daud ini.

Tempat Nabi Daud Dijaga Ketat

Puasa yang dilakukan Nabi Daud ialah untuk pertobatan. Ini merupakan cerita yang sudah tersebar dan ada referensi israiliyyat.

Baca juga: Wanita Pertama yang Mati Syahid, Sumayyah binti Khayyat Radhiyallahu

Namun sebagian para ahli sejarah menyatakan jika kisah ini tidak valid dan bertentangan dengan risalah tauhid.

Jika dikutip dari kisah yang ada dalam Al-Qur’an, sejarah ini nyata yang melibatkan seorang raja yang sangat besar dan nabi mulia.

Rumah Nabi Daud selalu dijaga ketat oleh para tentaranya. Sehingga tidak satupun orang yang diperbolehkan untuk menemui Daud, kecuali jika sudah mendapat izin dari tentara dan telah dikonfirmasi oleh Daud sendiri.

Dalam sejarah awal mula puasa Daud dijelaskan bahwa di hari Daud beribadah, tidak seorang pun yang diizinkan masuk untuk bertemu atau mengadu suatu perkara padanya.

Sampai suatu hari, ada dua laki-laki yang ingin menemui Daud. Namun seperti aturan yang telah ditetapkan, maka kedua orang itu tidak bisa masuk ke dalam ruangan.

Dua orang ini bukan orang biasa sehingga bisa masuk tanpa diketahui para penjaganya. Orang-orang ini adalah utusan yang Allah SWT kirim untuk memberi peringatan dan pengajaran pada Daud.

Untuk mengetahui percakapan antara kedua tamu dengan Daud, maka telah Allah SWT abadikan kedalam surah Shaad ayat 22 sampai 24.

Begitu terkejutnya Daud melihat kedua tamu yang bisa masuk menemuinya padahal dirinya tidak memberikan izin untuk masuk.

Kisah Pertobatan Nabi Daud AS

Daud pun terkejut dengan hadirnya dua tamu di dalam kamarnya. Kejadian ini menjadi sejarah awal mula puasa Daud mulai dijalankan.

Dua tamu ini mengetahui jika Daud terkejut dan mulai menenangkan dengan memberi tahu maksud serta tujuan kedatangan tamu tersebut. Tamu tadi menjelaskan jika mereka bersaudara, namun sedang dalam pertentangan.

Mereka meminta Daud untuk memberi hukuman dari pertentangan dan perselisihan mereka. Namun mereka meminta dihukum dengan adil, dengan meminta untuk ditunjukkan jalan yang baik.

Setelah mendengar ini, Daud pun meminta mereka untuk menceritakan apa permasalahan mereka satu per satu. Satu dari mereka mulai bercerita jika saudaranya memiliki 99 ekor domba dan satunya hanya memiliki seekor saja.

Namun saudara tadi meminta saudara yang punya seekor domba untuk memberikan domba miliknya sehingga menggenapi menjadi 100 ekor. Karena dia kalah dalam menyampaikan argumentasi, maka ia harus menyerahkan domba miliknya agar genap 100 ekor.

Baca juga: Sahabat Rasulullah yang Terakhir Wafat, Abu Qilabah al-Jarmi

Dalam hal ini, Nabi Daud mendapat teguran dari Allah SWT yang sangat keras hingga membuatnya tersungkur untuk mengakui kesalahan dan kekhilafannya. Nabi Daud pun bertobat dengan menjalani puasa yang sampai saat ini dikenal dengan puasa Daud. Inilah sejarah awal mula puasa Daud.

Manfaat Puasa Daud

Jika anda ingin menjalankan ibadah puasa Daud, maka anda perlu tahu manfaat dari puasa ini. Dengan menjalani puasa, dapat mencegah anda sering sakit.

Apabila puasa ini dilakukan dengan rutin, maka bisa untuk detoksifikasi dalam membuang semua racun yang bersarang di dalam tubuh.

Selain untuk membuang racun, bisa juga untuk benteng penahan hawa nafsu. Bukan hanya nafsu syahwat saja, namun bisa untuk menekan nafsu amarah.

Bisa juga memberi manfaat meningkatkan imunitas di dalam tubuh dengan berpuasa selang-seling. Anda bisa mengontrol amarah dimanapun dan dengan kondisi apapun. Puasa ini sangat cocok untuk kaum muda yang belum menikah.

Sejarah awal mula puasa Daud memberi banyak manfaat jika anda mengikuti sunah Rasulullah dalam menjalankan puasanya. (R10/HR-Online)