Spesifikasi Motor Listrik Gesits Karya Anak Bangsa yang Laku 2,5 Milyar

Spesifikasi Motor Listrik Gesits
Motor Listrik Gesits. Foto: Net/Ist

Spesifikasi motor listrik Gesits saat ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, motor listrik karya anak bangsa tersebut sudah laku 2,5 milyar dalam acara lelang pada Minggu 17 Mei 2020 kemarin.

Motor listrik Gesits yang berwarna merah tersebut sudah laku dengan harga yang cukup fantastis. Acara lelang tersebut disiarkan langsung oleh TVRI bersamaan dengan konser yang bertajuk Berbagi Kasih Bersama Bimbo.

Salah satu alasan dibalik terjualnya motor listrik dengan harga selangit adalah karena pada bodi motor tersebut terdapat tanda tangan Presiden Joko Widodo.

Disamping itu, uang penjualan hasil lelang motor listrik Gesits ini juga akan disumbangkan pada masyarakat yang terdapat pandemi Covid-19.

Info Lengkap Spesifikasi Motor Listrik Gesits

Sebenarnya, Gesits adalah sepeda motor listrik yang dibuat oleh anak bangsa. Motor ini dibanderol dengan harga di angka sekitar 25 jutaan. Motor listrik ini telah dikembangkan sejak 2015 dan sudah resmi diluncurkan pada 2019 lalu.

Jika dilihat, motor listrik Gesits ini memiliki fitur yang cukup menarik. Sebab motor listrik ini dapat berjalan mundur. Reverse merupakan fitur yang bisa memundurkan motor secara otomatis. Cukup dengan menekan tombolnya saja.

Anda bisa menekan tombol R yang ada pada stang kemudi. Fitur Reverse tersebut hanya bisa aktif ketika motor berada dalam kondisi berhenti total. Lokasi tepatnya tombol Reverse ada di sebelah kanan stang di samping tombol starter.

Meskipun spesifikasi motor listrik Gesits ini hanya memiliki bobot 94,5 kg secara menyeluruh, akan tetapi fitur Reverse diyakini bisa memudahkan pengguna dalam kondisi tertentu.

Fitur yang disematkan pada motor listrik ini seperti gigi mundur pada mobil. Mode Reverse juga dapat digunakan ketika sedang parkir. Dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar untuk menggerakkan motor.

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Anda tinggal menekan tombol Reverse sampai muncul lambang R pada panel instrumen.

Hemat Listrik

Karena Gesits adalah salah satu jenis motor listrik, tentunya tenaga yang digunakan adalah tenaga listrik.

Salah satu keunggulan dari spesifikasi motor listrik Gesits ini adalah tidak boros listrik Biaya charger atau penambahan daya dari motor listrik ini hanya memerlukan biaya seharga air mineral botolan saja.

Jika dihitung-hitung, sekali anda mencharge baterai Gesits, anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Itu hanya memerlukan 2 Kwh kurang. Sementara bila dihitung dari tarif PLN 2019 per Kwh, ketika charge baterai Gesits tidak sampai 2.500 perak.

Menggunakan Baterai Lithium Ion NMC

Motor listrik Gesits ini hadir dengan membawa baterai Lithium Ion NMC atau nickel-manganese-cobalt. Baterai jenis ini mempunyai spesifikasi 72V 20A. Ketika kondisi baterai penuh, maka Gesits dapat berjalan hingga 70 km.

Salah satu hal menarik yang dihadirkan dari spesifikasi motor listrik Gesits ini adalah telah diadopsinya teknologi yang berupa panel indicator.

Dimana dengan mengusung konsep smartphone berbasis Android. Dengan demikian, motor ini bisa memberikan tampilan yang modern dan inovatif bagi penggunanya.

Penampilan Gesits

Jika dilihat dari segi penampilan, motor listrik Gesits ini tampak mirip seperti Honda Vario. Mempunyai fitur seperti lampu utama HID projector dengan teknologi LED serta Day Running Light di bagian kiri dan juga kanan.

Kecepatan motor listrik ini setara dengan kendaraan roda dua yang memiliki kapasitas 125 cc yang dapat melaju hingga 100 km/ jam.

Salah satu spesifikasi motor listrik Gesits yang dibawanya adalah sudah mengadopsi permanent magnet synchronous motor 2kW rated, 5kW peak. Motor ini memiliki tenaga puncak 5 kW atau 7,5 Tk pada 3.600 rpm, dan torsi maksimal 30 Nm pada 0-2.125 rpm.

Sistem pendinginan motor listrik Gesits ini juga telah menggunakan pendingin udara. Belt penggeraknya telah menggunakan gates poly chain GT carbon belt.

Gesits juga telah dilengkapi instrument panel digital. Walaupun sudah digital, tetapi instrument panelnya memang belum menerapkan layar sentuh. Tetapi nantinya instrument panel ini dapat dihubungkan dengan smartphone dan bisa memperlihatkan peta navigasi

Spesifikasi motor listrik Gesits yang cukup menarik membuat motor ini laku dengan harga yang cukup fantastis saat lelang. Motor listrik yang bertanda tangan Presiden Jokowi ini jatuh ke tangan warga asal Jambi yang bernama M. Nuh. Nilainya pun tak main-main, sebesar 2,5 Milyar rupiah. (R10/HR-Online)

Loading...