Strategi Memulai Bisnis Online yang Menjanjikan Omset Melimpah

Strategi Memulai Bisnis Online yang Menjanjikan Omset Melimpah
Strategi memulai bisnis online yang menjanjikan omset melimpah. Foto:Ist/Net

Banyak orang yang bingung dalam memulai bisnis online yang efektif. Besarnya potensi dan peluang bisnis online ternyata tak sejalan dengan penghasilan yang diperoleh. Bahkan tak sedikit online shop yang akhirnya terpuruk.

Besarnya jumlah orang Indonesia yang menggunakan internet merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Terlebih dengan makin mudahnya orang dalam mengakses internet melalui HP.

Saat ini bisnis online sudah menjadi pilihan usaha yang sangat menarik dan menjanjikan banyak uang. Bahkan tak sedikit perusahaan besar yang beralih dengan menyasar pengguna internet sebagai segmen yang potensial.

Hanya dengan modal yang kecil saja siapa pun bisa memulai bisnis online dan menjalankannya tanpa kesulitan. Selain dengan membuka online shop, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce untuk membuka lapak jualan.

Namun menjalankan usaha di internet tak semudah seperti bisnis offline. Apalagi media internet yang bisa digunakan untuk berjualan sangat beragam. Untuk itu anda perlu mengetahui dan belajar bisnis online yang benar.

Tahapan Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Menjalankan dan memulai bisnis online yang benar bukan saja akan membuat bisnis Anda terkenal namun juga memberikan omset yang melimpah. Nah, berikut ini beberapa langkah dasar yang wajib diketahui.

1. Pilih Produk Jualan yang Potensial

Untuk berjualan terlebih dahulu kita harus memilih produk yang akan dijual. Produk retail, makanan, ataupun jasa bisa dijual secara online. Namun produk yang dipilih tidak boleh sembarang namun yang potensial untuk jangka panjang.

Tahap awal ini sangat penting dalam memulai bisnis online yang berhasil. Produk yang dipilih juga harus diketahui karakter dan detailnya, baik dari jenis fashion, gadget, peralatan rumah, dan lainnya.

2. Kenali Tingkat Persaingannya

Mengenali tingkat persaingan yang ada juga bagian yang sangat penting. Kunjungi beberapa lapak pesaing yang menjual produk sejenis dengan yang Anda jual. Termasuk kualitas produknya, harga, segmentasi pasarnya, maupun cara promosinya.

Salah satu strategi memulai bisnis online yang disiapkan adalah menetapkan harga jual di bawah harga pesaing. Ini penting karena pembeli online sangat memperhitungkan harga yang lebih murah, meski selisihnya sedikit.

3. Tetapkan Estimasi Penjualan

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah menetapkan berapa penjualan ingin Anda raih. Target ini akan memotivasi Anda melakukan langkah penting untuk mendongkrak penjualan.

Dengan menetapkan harga jual yang lebih murah, Anda perlu menetapkan target penjualan yang lebih banyak agar memberikan keuntungan. Target ini harus realistis dan menjadi dasar anda dalam mempromosikannya.

4. Branding Bisnis

Branding merupakan langkah penting lainnya dalam memulai bisnis online. Hal ini untuk mempromosikan dan memperkenal produk yang Anda jual agar diketahui dan dikenal calon pembeli.

Promosi yang dilakukan tak hanya untuk memperkenalkan produk namun juga membenamkan citra yang baik dalam benak konsumen. Anda bisa menyesuaikan media promosi dengan target pasar yang telah ditetapkan.

Jika Anda ingin menjual produk baju gamis misalnya, Anda perlu memanfaatkan media sosial terpopuler seperti Facebook dan Instagram. Buat akun dan posting produk secara berkala. Follow grup atau akun yang diburu pasar Anda.

Meskipun Anda memiliki website bisnis atau toko online untuk tempat berjualan produk Anda, Anda juga perlu membuka lapak di berbagai e-commerce terpopuler, seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak.

Itulah berbagai langkah penting cara memulai bisnis online dari nol. Agar hasilnya efektif, lakukan evaluasi setiap minggu atau bulan. Evaluasi ini untuk referensi dalam memperbaiki langkah promosi selanjutnya.(R9/HR Online)

Loading...