Suara Dentuman di Bandung Misterius Bikin Viral, Begini Analisa BMKG

Suara Dentuman di Bandung
Ilustrasi Suara Dentuman di Bandung. Foto: Ist

Suara dentuman di Bandung yang misterius sempat menghebohkan media sosial. Kejadian ini bermula dari laporan warganet yang mendengar suara dentuman misterius yang terjadi. Dimana dilaporkan bahwa dentuman tersebut terjadi kurang lebih pukul 09.00 WIB pada Kamis 21 Mei 2020.

Bahkan beberapa warganet juga ada yang masih mendengarkan dentuman tersebut sampai pukul 10.30 WIB. Tentunya kejadian ini membuat warga cemas, penasaran bahkan takut.

Bahkan ada yang beranggapan apakah ini merupakan akibat dari matahari memasuki masa lockdown yang kemarin kabarnya sempat santer terdengar.

Padahal jika dilihat cuaca Bandung dan sekitarnya sejak pagi sampai sekitar pukul 10.00 WIB kondisinya cerah dan berawan. Tidak terjadi turun hujan di sana.

Analisis BMKG Soal Suara Dentuman di Bandung

Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan sampai saat ini belum dapat memastikan sumber suara dentuman yang sempat terdengar di sejumlah daerah di sekitar Bandung.

Semua itu masih menjadi misteri. Walaupun begitu, pihaknya memastikan bahwa dari pantauan BMKG tidak terdapat tanda-tanda aktivitas gempa bumi yang signifikan di Bandung dan sekitarnya. Sejak pukul 00.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Dimana dentuman itu paling banyak dilaporkan terjadi pada rentang waktu tersebut.

Hasil monitoring yang memanfaatkan alat berupa lightning detector menunjukkan bahwasanya tidak ada petir di Bandung dan sekitarnya antara 08.30 hingga 10.00 WIB.

Dengan demikian, berdasarkan dari data tersebut, suara dentuman di Bandung tidak bersumber dari peristiwa petir, gempa bumi, atau cuaca yang berada di Bandung dan sekitarnya.

Orang yang Pertama Kali Melaporkan Mendengar Suara Dentuman

Pemilik akun Twitter @MurizRizky merupakan orang yang pertama kali melaporkan suara dan dentuman tersebut. Laporan tersebut ditunjukkan kepada akun Twitter @PRFMNews pada Kamis, 21 Mei 2020 pukul 08.30 WIB.

Melihat laporan itu, banyak pula netizen yang berada di wilayah Bandung ikut mengaku mendengar suara dentuman. Bahkan mereka mengaku mendengarnya berkali-kali.

Namun yang pasti, sampai berita ini diturunkan, belum diketahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab dan juga sumber suara dentuman di Bandung dan sekitarnya yang misterius itu.

Ketika Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya dikonfirmasi, pihaknya masih belum bisa memberikan keterangan mengenai kejadian tersebut.

Dirinya menyatakan bahwa info ini masih subyektif. Akan lebih baik bila ada bukti rekaman suara atau rekaman video HP yang menyatakan peristiwa tersebut.

Pihaknya membandingkan dengan suara dentuman di Jabodetabek beberapa waktu lalu. Ada bukti rekaman suara dentuman berupa video. Ada pula saksi yang tidak anonim jadi dapat ditindaklanjuti.

Menanggapi masalah suara dentuman di Bandung yang misterius dan bikin viral itu, pihaknya akan mencari akibat apa dentuman tersebut terjadi.

Suara Dentuman Sempat Viral di Media Sosial

Warga Bandung dihebohkan dengan hadirnya suara dentuman yang diduga asalnya dari langit. Seperti dilansir dari Kumparan.com, perihal kesaksian diungkap oleh Rudy, warga Buahbatu.

Dirinya mengaku mendengar 12 kali suara dentuman dan suara tersebut mirip seperti suara pintu yang ditutup perlahan. Selain itu, ada warga lain yang berasal dari Pasir Koja bernama Hendri Muktiono. Dirinya mengaku mendengar sebanyak 5 kali suara dentuman dan suara tersebut didengarnya dengan jelas.

Kabar perihal suara dentuman di Bandung ini memang menjadi viral di media sosial. Dalam laman Twitter @DaryonoBMKG, dirinya memberikan penjelasan.

Berdasarkan dari data pengamatan Magnet Bumi, Fluxgate Magnetometer di Pos Obs BMKG Palabuhanratu, 21 Mei 2020, tidak tidak terdapat anomali yang signifikan ketika suara dentuman terjadi sehingga ini masih menjadi misteri.

Hingga saat ini kata kunci “dentuman” sudah menjadi trending pertama di Twitter. Sebenarnya suara dentuman serupa memang pernah menjadi perbincangan saat Gunung Anak Krakatau meletus.

Selain itu, suara menggema tersebut juga pernah didengar di Jawa Tengah pada 11 Mei. Sampai saat ini masih terjadi silang pendapat mengenai sumber suara yang didengar tersebut.

Begitu juga dengan suara dentuman di Bandung ini. Karena masih menjadi misteri, warga masyarakat dihimbau untuk tidak panik dalam menanggapi kejadian ini. Sampai akhirnya bisa diketahui sebenarnya dari mana sumber suara dentuman yang didengar banyak orang tersebut. (R10/HR-Online)

Loading...