Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelSumber dan Manfaat Vitamin D untuk Antibodi Virus Corona

Sumber dan Manfaat Vitamin D untuk Antibodi Virus Corona

Manfaat vitamin D matahari tak hanya baik untuk kesehatan kulit namun juga ampuh sebagai antibodi virus Corona. Vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan yang sebaiknya dikonsumsi menghadapi pandemi Covid-19.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap fakta begitu pentingnya khasiat vitamin D dalam pencegahan penyakit Corona. Bahkan vitamin D terbukti mampu mencegah dari kematian akibat Covid-19.

Hasil penelitian terbaru yang dirilis jurnal Aging Clinical and Experimental Research itu mengungkapkan fakta bahwa tingginya jumlah kasus infeksi Covid-19 di Italia dan Spanyol karena rendahnya vitamin D dalam tubuh warganya.

Manfaat vitamin D tak hanya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Di dalam tubuh, vitamin D berfungsi merangsang respons sel darah putih dan menghambat banyaknya sitokin inflamasi yang dihasilkan.

Peran vitamin D ini sangat berguna sebagai antibodi virus Corona. Virus COVID-19 yang menyerang tubuh justru akan merangsang produksi sitokin proinflamasi tubuh dilakukan secara berlebihan. Hal inilah yang dihalangi vitamin D.

Yang menarik, penelitian yang dilakukan Anglia Ruskin University (ARU) Inggris dan Queen Elizabeth Hospital itu juga mengungkapkan ketersediaan vitamin D yang cukup dalam tubuh mampu mencegah risiko kematian akibat Covid-19.

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Lainnya

Untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh, asupan vitamin D yang disaranakna adalah sebanyak 600-2.000 IU perhari. Selain untuk menangkal virus Corona, berikut ini manfaat vitamin D untuk kesehatan lainnya.

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Vitamin D ternyata berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dalam darah. Kedua mineral ini sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Asupan vitamin D yang cukup juga mampu mencegah tubuh terhadap serangan virus influenza. Berjemur matahari yang cukup juga mampu mencegah terjadinya infeksi pernapasan sekaligus untuk antibodi virus Corona.

3. Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat vitamin D juga penting buat Anda yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Konsumsi kalsium dan vitamin D mampu menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

4. Mencegah Risiko Kanker

Penelitian juga menemukan khasiat vitamin D dalam menekan risiko kanker payudara, kandung kemih, kanker usus besar, dan hati. Bagi penderita kanker, asupan vitamin D termasuk dengan berjemur mampu meminimalkan risiko kematian.

5. Meringankan Stres dan Depresi

Manfaat vitamin D yang jarang diketahui adalah fungsinya terkait suasana hati. Asupan vitamin D yang cukup ternyata mampu meringankan stres ataupun depresi. Nah, jika Anda stres atau depresi karena pekerjaan, berjemur matahari saja.

6. Bisa Merangsang Kehamilan

Sejumlah penelitian juga menemukan wanita yang kadar vitamin D tinggi mempunyai peluang hamil lebih tinggi daripada wanita yang kekurangan vitamin D. Vitamin ini juga berguna untuk menekan risiko keguguran maupun kelahiran prematur.

Makanan dan Sumber Vitamin D Terbaik

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh dan mendapatkan manfaat vitamin D ada banyak sumber vitamin ini yang bisa dimanfaatkan. Baik dari makanan maupun sumber vitamin d terbaik lainnya.

1. Ikan dan Makanan Laut

Sumber vitamin D lainnya adalah makanan laut, termasuk ikan berlemak. Selain kaya vitamin D untuk antibodi virus Corona, makanan ini juga kaya asam lemak omega-3. Seperti ikan salmon, tuna, sarden, ikan teri, udang, dan tiram.

2. Kuning Telur

Manfaat vitamin D juga bisa diperoleh dari telur, khususnya bagian kuningnya. Selin itu telur ayam kampung jauh lebih banyak kandungan vitamin D ketimbang jenis telur lainnya.

3. Jamur

Jamur juga termasuk makanan sumber vitamin D. Kandungan ini berasal dari paparan sinar matahari. Dibandingkan jamur budidaya, jamur liar jauh lebih kaya vitamin D khususnya yang terpapar matahari.

4. Berjemur Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami terbaik dan gratis untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Paparan matahari yang diserap tubuh berfungsi memproduksi vitamin D.

Waktu berjemur yang disarankan adalah pukul 10.00 pagi. Saat itu terpancar gelombang cahaya matahari pendek yang menawarkan manfaat vitamin D terbaik. Berjemur sekitar 8-15 menit berkhasiat sebagai antibodi virus Corona. (R9/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img