Tanda Laptop Terkena Spyware, Dari Baterai Boros Hingga Lemot

Tanda Laptop Terkena Spyware
Ilustrasi Tanda laptop terkena spyware. Foto : net/ist

Tanda laptop terkena spyware seringkali tak dikenali penggunanya. Padahal hal tersebut sangatlah penting untuk diketahui sehingga bisa langsung teratasi.

Sebagaimana yang kita tahu, menggunakan laptop merupakan rutinitas yang sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar orang seperti halnya menggunakan handphone.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan dengan komputer ini, misalnya saja menyelesaikan pekerjaan, mengerjakan tugas, hingga sarana hiburan.

Sudah dapat kita bayangkan bila komputer yang kita gunakan mendapatkan masalah, maka akan mengganggu berbagai aktivitas. Adanya masalah di dalam komputer ini, dapat mengindikasikan bahwa komputer terkena spyware.

Bagi anda yang sudah berkecimpung di bidang teknologi semacam ini, pastinya sudah tahu betul apa itu spyware dan bagaimana dampaknya pada komputer yang sedang digunakan.

Berbagai Tanda Laptop Terkena Spyware

Pada dasarnya, spyware sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang terpasang di dalam sistem komputer. Bahkan spyware ini memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya dibandingkan dengan perangkat lunak lainnya.

Dengan spyware tersebut, setiap pengguna komputer dapat melakukan monitor terhadap jenis situs yang ia kunjungi. Akan tetapi, tak jarang pula spyware ini akan memberikan dampak kurang baik bagi komputer anda.

Dimana spyware ini seringkali bisa mengalihkan penggunanya ke situs-situs tertentu. Sehingga dapat menampilkan pop up browser yang berisikan iklan hingga terinfeksi virus.

Sebenarnya, tanda laptop terkena spyware dapat kita ketahui dengan mudah. Untuk itu, berikut ini tanda-tanda yang bisa kita lihat.

Baterai Laptop Cepat Habis atau Boros

Salah satu tanda terkena spyware yang penting untuk anda kenali yaitu kondisi baterai yang mudah habis. Semakin mencurigakan jika baterai laptop masih tergolong baru.

TCL

Terkait borosnya baterai laptop ini, ada alasan yang mendasarinya. Perlu untuk anda ketahui, ketika terdapat program di dalam laptop kita dan tidak diketahui sedang beroperasi secara tiba-tiba, program tersebut pastinya akan menggunakan tenaga prosesor utama.

Pada kasus ini, program bertipe spyware atau virus sering aktif tanpa diketahui. Ketika spyware berhasil mengenai laptop anda, maka tak heran jika daya baterai laptop akan semakin cepat habis dalam waktu yang singkat.

Bahkan bukan hanya mempengaruhi daya baterainya saja, akan tetapi juga kondisi laptop. Dimana tanda laptop terkena spyware ini akan membuat laptop menjadi mudah panas.

Program Bermasalah dan Sering Crash        

Selain baterai laptop cepat habis, tanda terkena spyware lainnya adalah terjadinya program yang sering bermasalah dan juga crash. Tak jarang peretas menggunakan berbagai cara untuk mencuri data yang anda miliki.

Mereka bisa saja menggunakan cara dengan memasukkan kode tertentu ke dalam program guna mengumpulkan sejumlah informasi yang dibutuhkan.

Dengan adanya gangguan semacam ini, membuat program beroperasi lebih lambat. Kemudian seringnya mengalami error dan crash.

Untuk mengantisipasi tanda laptop terkena spyware ini agar tidak merugikan anda, maka jangan pernah menyimpan informasi finansial seperti halnya kartu kredit ke dalam sebuah aplikasi.

Anda juga dapat membuat kata sandi yang sedikit lebih rumit. Pastikan kata sandi yang digunakan juga berbeda-beda untuk masing-masing layanan yang dimiliki.

Sebagaimana yang kita tahu, kata sandi menjadi salah satu hal yang berkaitan erat dengan keamanan. Dengan anda memperhatikan kata sandi yang dipakai, sama saja anda telah meningkatkan lini keamanan laptop anda.

Performa Laptop Menjadi Lebih Lambat atau Lemot

Salah satu tanda laptop terkena spyware lainnya yang perlu diwaspadai adalah performa menjadi lebih lambat atau lemot. Apalagi jika hal tersebut menimpa laptop anda yang baru saja dibeli.

Dengan tanda semacam ini, ada kemungkinan laptop anda terinfeksi malware, seperti halnya worm atau trojan horse. Mereka bisa masuk ke perangkat dengan melalui program yang sudah diunduh.

Tak jarang, pelaku kejahatan siber semacam ini sering menyamarkan malware sebagai software resmi. Kemudian mereka akan menghabiskan seluruh kemampuan prosesor dan membuat laptop menjadi lebih lambat atau lemot.

Itulah tadi beberapa tanda laptop terkena spyware yang bisa kita waspadai. Agar tidak berdampak lebih merugikan lagi bagi anda, ada baiknya untuk menyadari tanda-tanda tersebut. Sehingga, dapat segera dilakukan pencegahan. (R10/HR-Online)

Loading...