Teras Rumah Limasan Jawa, Tips Paduan Gaya Tradisional dan Modern

teras rumah limasan Jawa
Contoh teras rumah limasan Jawa. Foto : bangkitpribumi

Teras rumah Limasan Jawa, saat mendengar kata itu pasti yang terlintas dalam pikiran anda adalah rumah khas Jawa.

Anda langsung akan tertuju pada kesan tradisional lengkap dengan furniture tradisional juga. Teras merupakan salah satu eksterior rumah yang sangat penting.

Semua orang tentu akan melihat rumah anda dari bagian luar terlebih dahulu sebelum mereka merasa penasaran dengan konsep rumah yang ada di bagian dalam.

Di era modern seperti saat ini, anda dapat menggunakan desain teras rumah limasan, namun tampilannya lebih terkesan modern. Bagaimana caranya? Apakah itu bisa dilakukan? Tentu saja bisa.

Tips Desain Teras Rumah Limasan Jawa

Saat ini rumah limasan memang menjadi pilihan banyak keluarga saat ingin membangun rumah. Salah satu alasannya adalah karena rumah ini bisa memberikan kesan hangat.

Rumah limasan dengan arsitektur modern dapat dipadukan dengan beberapa material alami seperti batu alam supaya terlihat semakin natural. Teras rumah yang menggunakan dinding batu alam bisa terlihat bagus dan terkesan mewah.

Tampilan teras yang khas dan unik pastinya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya. Hal ini tentunya bisa meningkatkan nilai estetis dari rumah anda.

Bila anda ingin membuat rumah seperti ini, tetapi tetap mempertahankan kesan yang modern, maka anda bisa menerapkan desain tersebut yang berpadu antara gaya tradisional dan modern yang kekinian yang wajib untuk dicoba.

Penggunaan Batu Alam

Seperti yang sudah disinggung di awal, di nuansa Jawa klasik akan sangat terasa dengan sentuhan teras rumah berbentuk limasan Jawa ini.

Desain rumah ini juga semakin unik karena adanya material kayu yang sering ada pada rumah dengan gaya Jawa diganti menggunakan material batu alam.

Hal ini tentunya bisa menghadirkan dua kesan sekaligus, yakni kesan modern dan juga alami. Anda dapat mengaplikasikan material batu alam di tembok bagian depan rumah hingga pagar depan. Sehingga tampilan teras rumah anda akan semakin terlihat modern.

Mempertahankan Bentuk Atap

Salah satu desain teras rumah limasan Jawa yang memadukan gaya tradisional dan modern bisa diciptakan sesuai keinginan. Akan tetapi, satu hal yang harus diperhatikan, anda perlu mempertahankan kesan tradisional khas Jawa.

Salah satunya dengan tetap mempertahankan bagian atapnya. Anda harus tetap menggunakan bentuk limasan. Dengan begitu, anda bisa menciptakan seluruh tatanan teras rumah limasan sesuai keinginan, namun ciri khas Jawa tetap ada.

Ada juga bisa memilih ornamen yang memiliki unsur etnik Jawa yang netral. Sehingga kesan sakral namun modern tetap terlihat pada teras anda.

Teras Rumah yang Luas

Anda bisa menciptakan desain rumah bernuansa Jawa dengan teras depan yang luas. Dalam rumah limasan, anda bisa mendesain teras dengan pilar-pilar yang bisa membuat rumah terasa klasik.

Ditambah dengan halaman depan yang luas sehingga suasana Jawa pada teras rumah limasan Jawa semakin terasa. Sementara itu, untuk memasukkan unsur modernnya, anda bisa menempatkan pada jenis atap gentengnya.

Selain itu, anda juga bisa memilih warna putih yang mencerminkan nuansa minimalis modern untuk dinding dan juga pilarnya.

Pemilihan Lantai Teras

Dalam menciptakan desain teras rumah bentuk limasan Jawa yang berpadu antara gaya tradisional dan gaya modern, anda bisa mewujudkannya melalui pemilihan lantai teras. Bila anda ingin teras anda terlihat modern, anda harus mengubahnya.

Dalam artian, bentuk rumah serta susunannya membentuk rumah limasan, tetapi bagian terasnya diubah dengan nuansa yang lebih modern. Caranya sangat mudah.

Anda bisa menambahkan area santai dengan berbagai furniture yang modern. Atau bisa juga dengan memilih penggunaan lantai berupa keramik atau marmer supaya tercipta kesan modern di area teras rumah limasan Jawa anda.

Tiang Teras Rumah

Salah satu ciri khas teras limasan Jawa adalah adanya tiang yang menyangga atap teras. Bila anda ingin mewujudkan teras rumah limasan yang bernuansa tradisional dan modern, maka  anda bisa melengkapi bagian teras depan rumah dengan tiang utama yang berjumlah 4 tiang.

Tiang tersebut bisa diberikan ornamen berupa ukiran yang menunjukkan ciri khas Jawa. Pemilihan warna cat untuk tiang juga harus diperhatikan. Anda bisa memilih cat berwarna putih untuk tiang dan warna gold untuk ukiran tiangnya.

Dengan begitu, anda bisa mewujudkan desain teras rumah limasan Jawa yang berkesan tradisional, namun tetap ada unsur modernnya. (R10/HR-Online)