Tes Swab Massif Mulai Dilakukan di Pasar-pasar Jabar

tes swab massif
Pelaksanaan tes swab di salah satu pasar yang ada di Jawa Barat. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Sepuluh kabupaten/kota di Jawa Barat mulai melakukan tes swab dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) secara massif. Kesepuluh kabupaten/kota tersebut sebelumnya sudah mendapatkan 15.500 tes kit PCR dari Pemprov Jabar.

Salah satunya adalah Kota Bandung yang memeriksa 500 sampel pada tes swab massif yang digelar 9 Mei sampai 10 Mei 2020.

Selanjutnya, tes swab massif juga dilakukan di Kota Bekasi pada 10 Mei 2020. Lokasinya di empat pasar, yaitu Pasar Bintara Jaya, Pasar Kranji, Pasar Wisma Asri, dan Pasar Harapan Jaya.

Kabupaten Bekasi juga melaksanakan tes swab massif di hari yang sama. Sebanyak 12 pasar menjadi lokasi pemeriksaan swab. Para pedagang dan pembeli sebanyak 50 orang di masing-masing pasar dipilih secara acak untuk dites swab.

Pasar di Kabupaten Bekasi yang jadi sasaran tes swab adalah Pasar Baru Bekasi, Pasar Teluk Bayur, Pasar Kranji Baru dan Pasar Jatiasih.

Selain di pasar-pasar tes massif PCR juga dilakukan di beberapa Puskesmas di Cimahi pada Senin (11/5/2020), di antaranya Puskesmas Cimahi Tengah dan Puskesmas Padasuka.

Tes swab ini penting dilakukan guna memetakan kasus Covid-19 agar lebih akurat dibanding menggunakan rapid test.

Dalam pres realese Humas Jabar, Senin (11/5/2020) disebutkan, Bandung Raya dan wilayah Bodebek jadi sasaran utama tes masif PCR di Jabar. Masing-masing kabupaten/kota memiliki target sasaran berbeda dalam pelaksanaan tes masif PCR.

Kota Bandung misalnya, sasaran tes masif dilakukan kepada 3,249 orang, target per hari harus mendapatkan 203 sampel swab.

Kabupaten Bandung sebanyak 1.003, target per hari 120 sampel swab. Lalu Kota Cimahi target per hari memeriksa 78 sampel swab.

Kabupaten Bandung Barat sasarannya 1.113 dengan target 159 sampe per hari. Lalu Kabupaten Sumedang sasarannya 843 dengan target 113 sampel per hari.

Kota Bogor ditargetkan memeriksa swab 1.244, per hari harus mencapai 113 sampel. Kabupaten Bogor sebanyak 1.185 target, per hari harus mencapai 116 sampel.

Kota Depok sasarannya pada 1.351 orang, dengan target 193 sampel. Kabupaten Bekasi 1.053 sampel dengan target 150 per hari. Kota Bekasi sasarannya 1.670 dengan target 381 sampe per hari.

Bagi warga Jabar di 10 kabupaten/kota tersebut jika ingin mendaftar tes swab massif bisa mengakses situs Pikobar.

Sampel swab yang didapatkan dari tes massif PCR nantinya akan diperiksa di beberapa laboratorium kesehatan. Bukan hanya Labkesda Jabar, namun juga di laboratorium Unpad Jatinangor, RSUI, Labkesda Labkesda Kota Bekasi, Labkesda Kabupaten Bekasi, IPB, dan BBTKL Jakarta. (Ndu/R7/HR-Online)