Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruToken Listrik Gratis Non Subsidi 900 VA dan 1.300 VA, Begini Cara...

Token Listrik Gratis Non Subsidi 900 VA dan 1.300 VA, Begini Cara Dapatnya

Token listrik gratis non subsidi 900 VA dan 1.300 VA dibuka hari ini, Jum’at (1/5/2020). Jika sebelumnya token listrik gratis hanya untuk pelanggan bersubsidi, kini bagi pelanggan non subdisi juga bisa mendapatkannya.

Program ini diluncurkan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) bekerja sama dengan PT PLN (Persero). Program ini menyusul kebijakan PLN yang memberikan listrik gratis selama 3 bulan bagi pelanggan 450 VA dan juga diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubdisi.

Pemberian listrik gratis ini adalah upaya meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Corona Covid-19 yang berdampak pada perekonomian.

Cara Daftar Token Listrik Gratis Non Subsidi 900 VA dan 1.300 VA

Bagi Anda yang ingin mendapatkan token listrik gratis, sepeti dilansir HR Online dari situs light up, Jum’at (1/5/2020), pertama Anda harus login terlebih dahulu ke situs www.lighup.id.

Kedua, daftarkan nomor rekening Anda atau ID Pelanggan juga meteran yang ada di rumah.

Ketiga, daftarkan nomor handphone yang Anda miliki dan aktif saat ini.

Selanjutnya Tim dari Lightup akan melakukan verifikasi identitas dari calon penerima insentif.

Adapun kriteria calon penerima insentif listrik gratis non subsidi adalah pelanggan yang sudah mengisi formulir dengan lengkap.

Tim Lightup bakal memprosesnya sesuai waktu pendaftaran dari pelanggan PLN. Ini berarti yang mendaftar duluan akan diproses terlebih dahulu.

Prioritas yang mendapatkan token listrik gratis non subsidi berdasarkan daya listrik mulai 900 VA non subsidi, 900 VA subsidi, dan 1300 VA. Selain itu juga menyesuaikan dengan donasi yang sudah masuk ke tim dari Lightup.

Selain itu, Tim Lightup juga akan mempertimbangkan calon penerima insentif listrik gratis berdasarkan segmentasi area yang terkena dampak dari Covid-19. Dalam hal ini daerah yang masuk zona merah bakal diprioritaskan.

Termasuk juga pendapatan bulanan dari pelanggan yang akan menerima listrik gratis juga jadi bahan pertimbangan Tim Lightup.

Selanjutnya, bagi calon penerima token listrik gratis non subsidi bakal diminta untuk mengunggah data pribadi di situs lightup.

Data pribadi yang dimaksud adalah foto KTP, nomor HP, foto KK (Kartu Keluarga), foto tagihan rekening PLN, dan juga foto rumah. Sebaiknya Anda persiapkan dulu foto-fotonya sebelum mengakses situs Lightup.

Fakta Seputar Program Listrik Gratis dari YCAB dan PLN

Meskipun keringanan listrik ini ditujukan untuk pelanggan non subsidi, namun, YCAB menargetkan keluarga prasejahtera yang mendapatkannya, terutama keluarga prasejahtera yang juga pelanggan listrik 900 VA dan 1300 VA.

Bantuan token listrik gratis non subsidi ini berasal dari donasi masyarakat. Tujuannya untuk menyasar pelanggan PLN 900 VA dan 1300 VA yang sebelumnya tidak terbantu oleh subsidi dari pemerintah. Adapun besaran bantuan listrik gratis ini sebesar Rp 100.000.

Veronica Colondam, Founder sekaligus CEO YCAB Foundation, mengatakan, listrik sudah menjadi biaya rutin bulanan setiap rumah tangga. Jika biaya masyarakat dibantu untuk membayar listrik, maka anggaran untuk bayar listrik tiap bulan bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang mendesak.

“Masyarakat ayo lawan kegelapan Corona dengan bawa terang, caranya bantu bayar rekening listrik untuk masyarakat prasejahtera,” kata Veronica dalam konferensi online, Rabu, (22/4/2020) lalu.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi memberikan token listrik gratis non subsidi bisa menyumbang mulai Rp 20.000. Donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada PLN agar bantuan tepat sasaran.

“Donasi dari pendonor ke yayasan, dari yayasan diserahkan kepada PLN untuk membayar rekening token, sehingga langsung ke rumah-rumah yang dituju dan tepat sasaran,” kata Veronica.

Keluarga terpilih akan mendapatkan bantuan listrik sebesar Rp 100.000 berupa token untuk prabayar. Sementara untuk pelanggan pascabayar berupa voucher.

Keluarga Prasejahtera yang Berhak Dapat Token Listrik Gratis Non Subsidi

Keluarga penerima listrik gratis non subsidi, pada tahap awal sebanyak 100.000 keluarga prasejahtera, terdiri dari 40.000 ibu-ibu pelaku usaha mikro di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa tengah, dan Lampung.

Ibu-ibu yang dimaksud adalah mereka yang dibina YCAB Ventures yang menanggung biaya hidup keluarganya saat Corona.

Selanjutnya sebanyak 60.000 masyarakat umum yang membutuhkan keringanan biaya listrik. Masyarakat umum bisa mendaftar hari ini, Jum’at, 1 Mei 2020 di situs Light Up.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan token listrik gratis non subsidi untuk pelanggan 900 VA dan 1300 VA bisa langsung mendaftar di situs light up. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -