Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruToyota Corolla Cross Terbaru dan Dukungan Spesifikasinya

Toyota Corolla Cross Terbaru dan Dukungan Spesifikasinya

Toyota Corolla Cross baru-baru ini tertangkap sedang diuji coba di jalanan dan tampaknya tak lama lagi akan diluncurkan. Walau belum lama ini Toyota sudah mengeluarkan Toyota Yaris Cross.

Jika dilihat dari proses produksinya, sepertinya tak terkendala pandemi yang sekarang ini terjadi hampir di seluruh belahan dunia.

Memang sebelumnya, Corolla Cross ini hanya akan disediakan di pasaran Australia. Namun karena spy shot dari Corolla Cross berada di jalanan Thailand, jadi kemungkinan besar mobil jenis SUV ini akan dipasarkan di wilayah Asia Tenggara.

Jika dilihat dari autoindustrinya, hanya sedikit yang dapat terlihat dari Corolla Cross. Pasalnya, mobil ini sedang melakukan kamuflase.

Perbedaan Toyota Corolla Cross dengan SUV Sebelumnya

Menilik tentang penampilan Yaris Cross yang mempunyai perbedaan dari segi reguler, tak menutup kemungkinan jika Corolla Cross pun begitu.

Dari yang dapat diketahui, mobil jenis crossover ini mempunyai lampu pada bagian belakang yang ditempatkan dengan posisi yang lebih tinggi. Ini menjadi hal paling khas dari mobil jenis crossover zaman sekarang.

Dari setiap sisinya pun juga dibuat demikian sehingga lebih tinggi dari versi regulernya. Menurut informasi, Corolla Cross akan menempati bagian kosong antara RAV4 dan Yaris Cross.

Apabila hal itu benar terjadi, maka ukuran mobil jenis ini akan lebih mungil dari RAV4 dan berukuran lebih besar dari pada mobil Yaris Cross.

Pihak dari Toyota sendiri diinformasikan akan mengeluarkan Toyota Corolla Cross yang baru pada penghujung 2020 atau paling lambat pada awal tahun 2021.

Spesifikasi Corolla Cross Terbaru

Toyota sepertinya akan melakukan manuver yang lebih agresif di bagian SUV dan crossover. Pasalnya, baru saja mengeluarkan Yaris Cross serta juga Toyota Harrier.

Foto hasil jepretan yang diambil di salah satu jalanan di Thailand itu menunjukkan jika Toyota sedang melakukan uji coba pada mobil jenis crossover terbarunya.

Tampilan dari keseluruhan, mobil yang disebut-sebut merupakan Corolla Cross ini memiliki balutan stiker hitam di seluruh badannya.

Ciri khas dari lampunya (stoplamp) terletak di bagian atas. Jika dibandingkan terhadap sedan Corolla, mobil jenis Toyota yang satu ini memiliki desain yang berbeda dengan bentuk yang hampir mirip Yaris Hatchback.

Sama halnya dengan Yaris Cross, Toyota Corolla Cross ini diinformasikan akan dibuat berdasarkan platform TNGA atau Toyota New Global Arrchitecture. Apabila Yaris Cross memakai platform dengan TNGA-B, Corolla Cross akan memakai platform TNGA-C.

Mesin yang Digunakan

Jika menilik dari segi powertrain, Corolla Cross kabarnya akan mengusung mesin 2ZR-FE dan mempunyai kapasitas 1,8 liter.

Lalu dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT serta pilihan mesin yang memiliki kapasitas 1,8 liter hybrid turunan yang berasal dari Toyota Prius.

Meski dirancang semua aspek baru, namun mobil jenis SUV ini tetap memakai desain dari Corolla Altis, baik dari bodi, mesin, maupun pada kaki-kakinya.

Mesin yang dipakai sepertinya akan berbeda dengan milik Yaris Cross. Hal ini dikarenakan jika Toyota Corolla Cross ini kemungkinan akan memakai suspensi yang double wishbone.

Dimana terpisah independen pada bagian belakang dan bukan torsion beam. Hal ini berarti, Toyota jenis ini akan mempunyai pengendalian yang baik.

Apalagi dilihat dari segi mesin yang berbagi dengan Corolla Altis yang memiliki tenaga 140 ps serta torsi 171 nm, tampaknya varian dari mesin tersebut akan menjadi pilihan tambahan untuk Corolla Cross yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CTV.

Walau jika berdasarkan informasi yang diberitakan, Toyota Corolla Cross dijadwalkan meluncur di pasaran pada pertengahan tahun 2020. Namun dengan adanya pandemi Covid 19 ini, sudah dipastikan jika peluncuran akan menjadi tertunda.

Prediksi Harga

Berbicara mengenai harga yang akan dibayar untuk membawa Corolla Cross ini pulang ke rumah, maka tak lepas dari prediksi tentang harga mobil sejenis sebelumnya.

Akan memungkinkan jika mobil SUV keluaran baru ini lebih mahal dari Toyota Altis yang dibandrol dengan harga Rp 500 jutaan.  

Meskipun harga yang mungkin ditawarkan akan sedikit lebih mahal, tentu tak akan kecewa dengan apa yang akan diusung oleh Toyota Corolla Cross ini. (R10/HR-Online)