Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaArtikelToyota Urban Cruiser, Benarkah Akan Segera Hadir?

Toyota Urban Cruiser, Benarkah Akan Segera Hadir?

Toyota Urban Cruiser merupakan salah satu nama mobil yang terdaftar serta akan dikeluarkan oleh Toyota pada Agustus mendatang. Mobil ini akan menjadi kembaran dari Suzuki Vitara Brezza.

Mobil pabrikan keluaran Jepang ini berbeda dengan saudaranya yaitu Toyota Glaza yang sudah diluncurkan terlebih dahulu. Perbedaan yang menonjol yaitu terletak pada gril yang berukuran lebih besar serta memiliki bumper terbaru.

Perbedaan dari Suzuki juga terdapat pada lampu depan, bumper belakang, lampu pada ekor, serta pelek yang disematkan. Selain itu, perbedaan lainnya adalah terletak di bagian interior mobil itu sendiri.

Spesifikasi Toyota Urban Cruiser

Toyota disinyalir mempunyai lebih banyak fitur nantinya. Namun, dari pihaknya sendiri enggan untuk memberikan detail yang dapat menambah rasa nyaman, untuk pengendara serta penumpang nantinya.

Mobil ini juga mempunyai perbedaan yang mencolok dari segi warna, yaitu warna yang diusung akan jauh lebih terang. Hal ini selalu menjadi pertimbangan yang matang dan juga diperhatikan oleh Toyota.

Pada bagian dapur pacu, Toyota memiliki jantung mesin yang berkapasitas 1,5 liter, sama seperti kapasitas pada Suzuki Brezza. Walaupun demikian, Urban Cruiser ini memperoleh teknologi dengan hybrid yang ringan dalam versi manual.

Dari hal tersebut, disinyalir akan dapat menghasilkan bahan bakar yang memiliki efisiensi lebih baik.

Jika berbicara mengenai harga yang akan ditawarkan nantinya, Toyota Urban Cruiser mencapai kisaran harga Rp 179 juta sampai dengan Rp 219 juta rupiah.

Calon pembeli juga akan memperoleh paket garansi selama jangka waktu 3 tahun lebih panjang.

Saat nantinya akan diluncurkan di India, mobil besutan Toyota ini pasti akan mendapat rival yang cukup banyak.

Diantara saingannya seperti Hyundai Venue, Suzuki Vitara Brezza, Mahindra XUV300, Tata Nexon dan juga Ford EcoSport.

Karakteristik Urban Cruiser

Mini MPV atau disebut juga hatchback ini diproduksi oleh perusahaan otomotif Toyota sejak diperkenalkan dari tahun 2008 sampai tahun 2014.

Toyota Urban Cruiser ini menempati posisi di bawah Toyota RAV4 dalam persaingan tentang SUV crossover kecil seperti Nissan Qashqai serta Kia Soul.

Disamping itu, mobil ini bertujuan untuk menarik perhatian dari calon pembeli hatchback bagi keluarga. Desain yang diusung adalah buatan dari Toyota ED2.

Diperkenalkan pada Maret 2008 di Geneva Motor Show serta langsung diperjualbelikan tak lama setelah itu. Urban Cruiser yang memiliki mesin berkapasitas 1,5 cc ini mempunyai tenaga sebesar 100 Hp serta torsi 132 Nm.

Ada juga pilihan pada mesin diesel berkapasitas 1,364 cc serta dilengkapi dengan turbo yang dapat menghasilkan tenaga 90 Hp dan torsi 205 Nm.

Toyota Urban Cruiser ini memiliki penggerak bagian depan sebagai standar. Namun pada mesin diesel diberi pilihan dengan penggerak All Wheel Drive (AWD).

Urban Cruiser Sebagai Kembaran Suzuki Vitara Brezza

Kerja sama yang dijalin antara Toyota dan Suzuki pun menghasilkan sebuah mobil yang baru serta rebranding dari Suzuki Baleno Hatchback.

Mobil yang rencananya akan diluncurkan pada Agustus 2020 mendatang ini memiliki perbedaan yang tak sedikit dibandingkan dengan Vitara Brezza walaupun keduanya merupakan produk yang sama.

Suzuki Vitara Brezza sudah pernah unjuk diri pada show internasional tahun lalu. Namun, untuk dipasarkan di Indonesia, tampaknya belum akan terwujud.

Toyota Urban Cruiser ini mempunyai daya tampung penumpang sebanyak 5 orang. Interior yang lebih kalem terlihat dari mobil pabrikan Jepang ini.

Di pasar India, Urban Cruiser akan ditampilkan dengan jenis terbaik atau paling tidak setara dengan Vitara Brezza.

Urban Cruiser ini telah menerima rating atas tingkat keselamatan yang rendah dari Euro NCAP dengan posisi rating 3/5 bintang.

Di Jepang, mobil ini sudah dalam penjualan dimulai sejak Juli 2007 dengan nama yang berbeda yaitu Toyota Ist dan juga dijual di sana sampai April 2016.

Meskipun pada perencanaan yang akan diluncurkan Agustus 2020 mendatang, namun kehadiran dari sosok mobil Toyota Urban Cruiser ini tergantung oleh perkembangan virus Covid-19 yang sudah menjadi pandemi di seluruh belahan dunia manapun.

Membicarakan mengenai penggunaan kata dari nama Urban Cruiser itu sendiri termasuk menarik. Hal ini dikarenakan terdapat imbuhan kata Cruiser di belakangnya. Maka akan sangat identik dengan Toyota Land Cruiser.

Namun, berbeda dengan beberapa jenis lainnya seperti Toyota TJ Cruiser dan juga Toyota FJ Cruiser. Kedua mobil tersebut masih tergolong asli keturunan dari Toyota. Tidak sama halnya dengan Urban Cruiser ini yang merupakan turunan dari Suzuki. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img