Update Corona Kota Banjar 19 Mei: OTG, ODP, Positif Tetap, PDP Bertambah 2 Orang

Kasus Covid-19 di Kota Banjar
Peta risiko Covid-19 di Kota Banjar, Selasa 19 Mei 2020. Foto: Gugus Tugas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Update data Covid-19 Kota Banjar, Selasa (19/5/2020), menunjukkan tidak ada penambahan kasus Covid-19 untuk OTG, ODP, dan kasus positif. Sementara kasus PDP ada penambahan 2 orang. Hal itu sebagaimana dirilis tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Banjar masih sama seperti hari kemarin, yakni 7 orang. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 7 orang, atau berkurang 1 orang dibandingkan kemarin.

Sedangkan PDP yang dirawat di ruang isolasi RSUD Banjar sebanyak 8 orang, ada penambahan 2 orang.

Selanjutnya Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Banjar nihil. Dari 113 OTG sebelumnya, semuanya telah selesai menjalani masa pemantauan 14 hari tanpa ada gejala sakit.

Sementara untuk kasus konfirmasi positif Covid-19 tetap 7 orang. Namun 6 orang di antaranya telah berhasil sembuh. Sementara 1 orang yang meninggal di salah satu perumahan di Kota Banjar.  

Baca Juga: Rapid Test Massal di Kota Banjar, 2 Orang Dinyatakan Reaktif

Selain itu, jumlah reaktif Covid-19 setelah menjalani rapid test ada 14 orang. Dua orang diantaranya adalah pedagang pasar Banjar dan karyawan Yogya Banjar.

Rapid test adalah test untuk menguji keberadaan antibodi dalam tubuh seseorang. Hal ini berbeda dengan swab test yang menguji keberadaan virusnya. Karena itu jika seseorang dinyatakan reaktif Covid-19 tidak berarti orang tersebut positif Corona. Untuk mengonfirmasinya harus dilakukan swab test.

Rapid test memiliki tingkat akurasi 60 sampai 75 persen, sementara tingkat akurasi swab test 95 persen. Rapid test dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus Corona. Sehingga, seseorang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 apabila swab test menunjukkan hasil positif. (SBH/R7/HR-Online)