Update Corona Kota Banjar 22 Mei 2020: Penambahan ODP Jadi 14, PDP Meninggal Jadi 15 Orang

Update Corona Kota Banjar 22 Mei
Peta Risiko Kota Banjar 22 Mei 2020. Foto: Gugus Tugas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Update Corona Kota Banjar 22 Mei 2020, menunjukkan adanya peningkatan kasus Covid-19 untuk jumlah ODP dan PDP meninggal dunia.

Data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Banjar sebanyak 14 orang. Ini berarti ada penambahan ODP 1 orang dibanding hari kemarin.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Banjar, untuk pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit sebanyak 20 orang. Sementara PDP yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sebanyak 6 orang.

Selanjutnya PDP yang meninggal sebanyak 15 orang. Ada penambahan 1 orang PDP yang meninggal dibanding hari kemarin.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Banjar sebanyak 2 orang yang masih menjalani masa pemantauan.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Banjar, per hari ini masih 7 orang. Enam orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Selain itu, update Corona Kota Banjar 22 Mei 2020, menunjukkan, jumlah reaktif Covid-19 berdasarkan rapid test di Kota Banjar saat ini mencapai 15 orang atau masih sama seperti data hari kemarin.

Penjelasan Rapid Test dan Swab Test

Perlu diketahui rapid test merupakan tes untuk mendeteksi keberadaan antibody yang biasa terbentuk untuk melawan virus. Berbeda dengan swab test yang bertujuan mendeteksi keberadaan virus Corona.

Sehingga ketika seseorang dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan rapid test, maka perlu swab test untuk mengonfirmasi adanya virus Corona dalam tubuh seseorang.

Tingkat akurasi rapid test 60 sampai 70 persen, sementara tingkat akurasi swab test sampai 95 persen. Sehingga seseorang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 jika swab test-nya menunjukkan hasil positif.

Meskipun begitu, rapid test berguna untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus Corona. Rapid test juga membantu proses pemetaan penyebaran virus Corona di suatu wilayah.

Sementara di Kota Banjar sendiri, rapid test dilakukan secara massal di Pasar Kota Banjar dan Toserba Yogya Kota Banjar. Hasilnya 1 orang karyawan Yogya dan 1 orang pedagang pasar reaktif Covid-19.

Selain itu, update Corona Kota Banjar 22 Mei 2020 juga menunjukkan jumlah pemudik yang pulang kampung ke Kota Banjar, mencapai 5.209 orang.

Jumlah pemudik paling banyak terdapat di Kecamatan Langensari sebanyak 2.637 orang. Selanjutnya kecamatan Pataruman 1.040 orang, Kecamatan Banjar 1.033 orang, dan Kecamatan Purwaharja sebanyak 499 orang. (SBH/R7/HR-Online)

Loading...