Update Corona Kota Banjar 9 Mei: Zero Positif Covid-19

Update Corona Kota Banjar 9 Mei
Peta Risiko Covid-19 Kota Banjar, 9 Mei 2020. Foto: Gugus Tugas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Update Corona Kota Banjar 9 Mei 2020 menunjukkan kasus Covid-19 di Kota Banjar, Jawa Barat semakin menurun. Bahkan sudah tidak ada lagi kasus positif Covid-19.

Dalam beberapa hari ini, Kota Banjar zero kasus positif Covid-19. Pasien positif Covid-19 dari Kabupaten Pangandaran yang dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Banjar juga telah sembuh. Pasien juga sudah pulang ke rumahnya.

Tadinya kasus positif Covid-19 tercatat ada 7 kasus. Seorang diantaranya meninggal dunia, tes swab yang dilakukan pasca kematian pasien menunjukkan hasil positif. Sementara sisa pasien positif lainnya sebanyak 6 orang dinyatakan sembuh dan sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

Meskipun begitu update Corona Kota Banjar 9 Mei 2020, menunjukkan 9 orang reaktif positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test.

Namun, rapid test tidak bisa dijadikan kesimpulan seseorang terkonfirmasi positif Covid-19. Karena rapid test hanya mendeteksi antibodi dalam tubuh seseorang. Berbeda dengan tes swab dengan teknik PCR, tes ini mendeteksi keberadaan virusnya. Sehingga seseorang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 apabila tes swabnya menunjukkan hasil positif.

Selanjutnya data Covid-19 Kota Banjar, menunjukkan penurunan kasus. Dari total ODP (Orang Dalam Pemantauan) 410 orang, sebanyak 391 orang selesai masa pemantauan selama 14 hari. Sisanya hanya 19 ODP yang masih menjalani pemantauan.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Banjar yang masih menjalani isolasi di RSUD Kota Banjar sebanyak 6 orang. Sebanyak 16 orang PDP lainnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Sementara total kasus PDP di Kota Banjar ada 87 orang. Sebanyak 52 orang diantaranya selesai masa pengawasan, sedangkan 13 orang PDP meninggal dunia.

Selain kasus positif Covid-19 yang sudah nol alias zero, begitu juga kasus OTG (Orang Tanpa Gejala) di Kota Banjar pun sudah tidak ada. Dari total 113 OTG, semuanya sudah selesai masa pemantauan.

OTG sendiri berarti orang yang diduga melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, namun tidak menunjukkan gejala sakit. (SBH/R7/HR-Online)