Ingin Menjalankan Usaha Cuci Motor? Baca Ini Dulu!

Ingin Menjalankan Usaha Cuci Motor? Baca Ini Dulu!
Usaha cuci motor merupakan bisnis yang cukup prospektif.Foto:Ist/Net

Usaha cuci motor merupakan bisnis yang cukup banyak bermunculan khususnya di kota besar. Meskipun begitu layanan cuci motor sangat dibutuhkan karena banyaknya orang yang memiliki sepeda motor.

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Berbagai alasan orang lebih memilih menggunakan motor sebagai penunjang aktivitas penting setiap hari.

Semakin banyaknya orang yang memiliki motor tentunya memberikan peluang bisnis yang perlu dimanfaatkan. Salah satunya dengan membuka jasa layanan pencucian sepeda motor.

Peluang usaha cuci motor masih sangat prospektif mengingat banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci motor sendiri. Bahkan tak sedikit yang malas mencuci motor dan memilih untuk mencucikan saja.

Peluang bisnis ini jika dikembangkan juga bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Daya tarik layanan ini karena tarifnya yang sangat terjangkau sehingga orang lebih memilih layanan ini untuk mencuci motornya.

Persiapan Usaha Cuci Motor

Buat Anda yang ingin membuka usaha pencucian motor, ada berbagai hal yang harus disiapkan sebelum memulai usaha ini. Berikut ini hal yang wajib dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis ini.

1. Memilih Lokasi Tempat Usaha

Membuka jasa cuci motor sebaiknya memilih tempat atau lokasi yang strategis dan menunjang untuk kelangsungan usaha ini. Pilihlah lokasi yang ramai serta mudah dijangkau oleh target pasar Anda.

Pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu cara supaya usaha ini dapat terus bertahan dan berkembang. Apalagi mengingat semakin banyaknya jasa cucian motor yang terlebih dahulu sudah ada.

2. Strategi Promosi

TCL

Memulai usaha cuci motor memerlukan strategi promosi yang tepat dan menarik sehingga usaha mudah dikenal. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari menyebarkan brosur, diskon, hingga pemberian bonus untuk membangun kesetiaan pelanggan.

3. Pelayanan

Salah satu kunci keberhasilan usaha jasa cuci motor adalah memberikan pelayanan yang baik. Hasil cucian motor harus bersih dan mengkilap sehingga akan membuat konsumen puas dan selalu ingin menggunakan jasa anda.

Tempat usaha harus nyaman dengan sofa empuk untuk konsumen sambil menunggu motornya dicuci, fasilitas pendukung seperti minuman dingin, koran atau majalah hingga televisi. Pelayanan yang optimal akan membuat tempat cucian motor Anda disukai.

Kebutuhan Peralatan Usaha Cuci Motor

Untuk menjalankan dan membuka usaha pencucian motor ada berbagai peralatan yang harus dibeli dan disiapkan. Dari kursi sofa, meja kasir, TV, tape untuk ruangan. Anda juga harus membuat spanduk, stempel, nota, dan kartu anggota.

Untuk peralatan cuci motor diantaranya kompresor, steam, stik, selang, inflator, tabung cuci salju, air duster, sikat bergagang, kuas, semprot oli, kanebo, shampo salju, semir ban, obat poles body, dan sabun colek.

Selain itu Anda juga harus memperhitungkan kebutuhan modal untuk biaya sewa tempat, biaya renovasi tempat usaha, biaya pemasaran, biaya air dan listrik, gaji karyawan, hingga biaya bensin untuk operasional dan kebutuhan cucian motor.

Menjalankan usaha cuci motor juga perlu mengontrol ketersediaan bahan untuk mencuci motor seperti sabun, air, kain pengelap, shampo, cairan semir ban dan lain sebagainya.

Setelah bisnis cucian motor berjalan dan banyak pelanggan, jangan lupa untuk menyisihkan pendapatan. Khususnya untuk meningkatkan kenyamanan ruang tunggu dan membeli peralatan lain supaya mencuci motor lebih cepat dan bersih.

Itulah sedikit ulasan tentang peluang usaha cuci motor yang prospektif dan menjanjikan keuntungan besar. Bisnis jasa tentunya harus memperhatikan pelayanan agar pelanggan selalu setia untuk kembali. (R9/HR Online)

Loading...