Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BisnisUsaha Ternak Cacing, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Omset 300 Juta Per Bulan

Usaha Ternak Cacing, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Omset 300 Juta Per Bulan

Siapa yang menyangka jika usaha ternak cacing mampu menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Bahkan omset bisnis rumahan ini bisa mencapai ratusan juta per bulannya.  Sebuah angka yang tak bisa dianggap kecil.

Namun benarkah hanya dengan tenak binatang yang bagi banyak orang menggelikan ini mampu memberikan penghasilan yang begitu besar? Mungkin sebagian besar orang akan meragukan hal tersebut.

Memiliki usaha rumahan yang sukses tentunya merupakan impian banyak orang. Apalagi menjalankan bisnis di rumah bagi sebagian orang jauh lebih menyenangkan ketimbang menjadi orang kantoran.

Selain karena alasan agar lebih sering berkumpul keluarga, kebebasan dalam mengatur waktu, ataupun karena alasan keuangan. Menjalankan bisnis rumahan yang menjanjikan tentunya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Prospek Usaha Ternak Cacing

Usaha ternak cacing bagi banyak orang bisa dibilang menjijikkan. Namun siapa yang bisa menduga dari binatang tanah ini mampu menciptakan rupiah yang tidak sedikit.

Ada beberapa jenis cacing yang bisa dipilih untuk dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan. Namun Anda sebaiknya memilih jenis cacing lumbricus rubellus. Hal ini karena cacing jenis ini lebih cepat untuk berkembang biak.

Bahkan dibanding dengan jenis cacing lainnya, cacing lumbricus mempunyai  kandungan protein, hormon, dan enzim pertumbuhan yang terbilang tinggi. Pasar yang membutuhkan cacing ini juga terbilang luas dan banyak.

Potensi usaha ternak cacing dengan jenis lumbricus juga lebih besar. Permintaan pasar ini datang dari kalangan peternak, untuk pertanian, industri kosmetik, perusahaan farmasi, perikanan, hingga untuk komunitas pemancingan ikan.

Yang tak kalah menarik, daya tarik bisnis cacing ini makin meningkat seiring diterapkannya konsep Bio Cyclo Farming. Ini merupakan suatu konsep siklus bisnis dengan berbasis alam yang berkelanjutan.

Dalam penerapan konsep bisnis ini, nilai limbah masih bisa ditingkatkan dengan cara direduksi serta bisa digunakan ulang untuk hal yang bermanfaat lainnya. Nah, faktor penting yang dibutuhkan dalam Bio Cyclo Farming adalah cacing.

Permintaan cacing yang selalu meningkat dan perkiraan makin tingginya kebutuhan terhadap binatang menjijikkan ini di masa mendatang, perlu ditangkap dengan baik. Ternak cacing merupakan peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Strategi Meraih Omset Ratusan Juta

Meraih omset ratusan juta dengan usaha ternak cacing tentunya perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang. Sukses menjalankan bisnis cacing juga perlu dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Untuk menambah motivasi Anda dalam menjalankan bisnis cacing ini, Anda bisa belajar dari peternak lainnya yang sudah berhasil. Seperti pengalaman seorang pebisnis cacing yang mampu menghasilkan cacing sebanyak 300 kg perhari.

Saat ini saja harga cacing di pasaran berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 60.000 untuk setiap kg. Harga ini terutama untuk berbagai jenis cacing, utamanya cacing lumbricus rubellus.

Dengan kapasitas produksinya sebesar 300 kg perhari atau 9 ton perbulan, maka dia bisa mengantongi Rp 12 juta perhari atau Rp 360 juta perbulan. Usaha ternak cacing ternyata merupakan bisnis rumahan yang menjanjikan sekali bukan?

Bahkan saat ini pengusaha ini sedang berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Dia menargetkan kapasitas produksi cacingnya bisa ditingkatkan menjadi 2 ton per hari atau 60 ton per bulan.

Cara yang akan dilakukannya adalah dengan memberikan pelatihan budidaya cacing bagi warga yang menjadi mitra usahanya. Jadi, warga tak perlu repot untuk penjualannya karena akan ditampungnya.

Namun menjalankan bisnis ternak cacing bukannya tanpa kendala. Dia mengaku bahwa kendala terbesar justru terletak pada kedisiplinan warga yang berminat dan bukan pada masalah budidayanya.

Itulah sedikit informasi tentang bisnis rumahan yang menjanjikan dengan menjadi peternak cacing. Apalagi menjalankan usaha ternak cacing tidak membutuhkan modal besar dan bisa dijalankan di rumah. (R9/HR Online)