Wabup Ciamis; Penerima BLT Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Wabup Ciamis; Penerima BLT Dana Desa Harus Tepat Sasaran
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra secara simbolis menyerahkan BLT Dana Desa di Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kamis (21/5/2020). Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra meminta agar penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa harus tepat sasaran, yakni masyarakat membutuhkan yang terdampak Covid-19.

“Jangan sampai menentukan penerima manfaatnya atas dasar kekerabatan, kita harus objektif dalam menentukan standar atau kriteria bagi masyarakat yang akan menerima BLT,” ujar Yana D Putra disela-sela kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT -DD) yang digelar Pemerintah Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kamis (21/5/2020).

Kata Yana, saat ini yang kelemahan kita baik di tingkat Nasional hingga Kabupaten yakni belum memiliki data dinamis terkait jumlah orang miskin yang memerlukan bantuan. Yang ada hanya data statis dan itu pun merupakan hasil pendataan 2015.

“Kedepannya Ciamis, untuk di level Kabupaten harus ada database yang dinamis terkait masyarakat miskin, minimalnya 1 tahun sekali harus diupdate,” katanya.

Dengan ketersediaan database yang selalu di upgrade kata Yana, nantinya akan mempermudah pemerintah dalam menentukan penerima bantuan agar tepat sasaran.

Sementara terkait dengan pembagian bansos kali ini, pihaknya sudah berupaya meminimalisir margin erorr lewat data yang disampaikan RT/RW yang diambil sekitar 2-3 minguan kemarin.

“Kita ucapkan terimakasih kepada Ketua RT/RW dan aparat desa yang telah bekerja keras dalam mengecek kembali warganya yang membutuhkan bantuan,” ungkap Yana.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Lebih lanjut Yana mengimbau masyarakat Kabupaten Ciamis, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Jika tidak ada keperluan mendesak kita imbau agar jangan dulu keluar rumah, saya harap masyarakat Ciamis disiplin dan mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kepada Desa Ciomas Yoyo Wahyono mengakui jika penyaluran BLT-Dana Desa sudah jauh hari yang direncanakan untuk dibagikan.

TCL

“Karena ada imbauan dari Bupati Ciamis terkait dana BLT-DD, bahwa BLT DD merupakan benteng terakhir untuk penyaluran bantuan kepada masyarakat, agar penerima manfaatnya tidak sampai ganda, makanya kita menunggu realisasi bantuan dari pusat dan bansos dari provinsi, baru kita salurkan” ungkapnya.

Desa Ciomas sendiri membagikan BLT DD kepada 240 kepala keluarga (KK) miskin yang terdampak Covid-19.

“Masing-masing penerima mendapatkan Rp 600ribu yang akan diberikan mulai bulan Mei, Juni dan Juli ,” katanya.

Salah satu keluarga penerima manfaat BLT DD Desa Ciomas, Odah megaku bahagia mendapatkan BLT DD di tengah kesulitan ekonomi yang saat ini sedang terjadi.

“Saya sangat berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan. Uang ini akan sangat berarti bagi kami untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti sembako,” ucapnya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...